Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang

Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang

Cara melacak hp Samsung yang hilang sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya misalnya dengan fitur bawaan default bernama Find My Mobile. Dimana fitur yang satu ini telah terhubng pada tiap Hp Samsung, persyaratannya asalkan Kamu sudah login ke akun Samsung itu sendiri. Apabila di hp Samsung yang hilang terdapat akun Gmail Kamu yang masih login, Kamu pun dapat memanfaatkannya untuk pelacakan.

Bagaimana jika hp yang hilang dalam kondisi mati total? Kamu tetap dapat melakukan pelacakan hp samsung. Namun pelacakan tersebut tidak bisa dilakukan dengan cara realtime, melainkan Kamu hanya bisa melacak riwayat pergerakan hp berdasarkan pada location history. Kamu pun bisa mengecek lokasi terakhir hp tersebut sebelum mati. Langsung saja, ini dia beberapa cara melacak hp Samsung yang hilang!

Read More

Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang

Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang
Tutorial Melacak Hp Samsung yang Hilang

Melacak Hp Samsung yang Hilang

Saat hp Samsung hilang atau terjatuh, sudah pasti Kamu akan merasa panik luar biasa. Selain harganya yang mahal, hp Samsung tersebut juga sudah berisi data-data penting yang tentunya berbahaya jika sampai jatuh ke tangan yang salah. Untuk itu, jangan terlarut jauh dalam kepanikan tetapi coba beberapa cara melacak hp Samsung yang hilang berikut ini :

1. Tutorial Melacak Hp Samsung yang Hilang via Akun Samsung

Jika Kamu ingin menemukan hp samsungmu, maka Kamu bisa mencoba memakai akun Samsung untuk melacaknya. Apabila hp Samsung yang hilang telah terkoneksi ke akun Samsung atau sudah login, cara yang satu ini bisa bekerja dan Kamu bisa menggunakannya.

Metode pelacakan dengan akun Samsung bisa dikatakan cukup akurat. Apalagi jika hp yang hilang masih dalam kondisi menyala dan Kamu pun bisa melihat keberadaan hp secara realtime.

Adapun tahapan cara melacak hp Samsung yang hilang dengan akun Samsung, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka web browser, kemudian masuk ke link berikut : https://findmymobile.samsung.com/.
  • Masuk menggunakan akun yang telah terkoneksi dengan hp Samsung yang hilang.
  • Selanjutnya pergerakan dan keberadaan hpmu akan langsung terlihat di Google Maps.

Tidak hanya bertujuan untuk menemukan keberadaan lokasi ponsel Samsung yang hilang saja, tetapi Find My Phone juga dapat Kamu manfaatkan untuk melakukan berbagai tindakan pengamanan. Misalnya saja menghapus data di memori internal dan mengunci hp.

Tentu bagi para pengguna Samsung, opsi layanan Find My Phone sangat penting untuk diaktifkan. Hal ini dikarenakan fitur ini sangat berguna untuk mengamankan berbagai macam data yang bersifat sensitif di memori internal ketika hp Kamu hilang. Jika beruntung, bahkan fitur ini pun dapat membantumu melacak hp hingga ditemukan.

2. Tutorial Melacak Hp Samsung yang Hilang Dengan Google Find Your Phone

Cara melacak hp samsung yang hilang selanjutnya dengan laptop atau PC ialah dengan memanfaatkan bantuan dari Google Find Your Phone. Adapun yang diperlukan ialah laptop atau PC yang terkoneksi ke browser dan internet. Kamu bisa memakai browser apapun, entah itu Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Di sini Kamu akan melakukan pelacakan hp Samsung menggunakan Gmail, sehingga Kamu memerlukan akun Google Mail yang telah login di ponsel samsung yang telah hilang. Langsung saja, berikut tutorialnya :

  • Pertama-tama, silahkan buka web browser lalu masuk ke link : https://myaccount.google.com/intro/find-your-phone.
  • Masuk menggunakan akun email Google yang terkoneksi ke hp yang hilang.
  • Silahkan pilih jenis hp dan ketuk tombol locate.
  • Selanjutnya lokasi ponsel Samsung yang hilang akan langsung terlihat pada peta.

Dalam satu akun Google Mail saja dapat dipakai untuk melacak hingga beberapa perangkat hp yang terkoneksi pada akun tersebut. Sehingga jika akun Gmail Kamu sudah login pada beberapa perangkat hp, tentu saja bisa langsung terlihat semua. Kamu tinggal pilih saja perangkat mana yang akan dilacak.

Di samping melihat lokasi keberadaan hp, fitur Google Find Your Phone pun dapat Kamu manfaatkan untuk menyuarakan hp pada volume full, menghapus semua data di memori internal, hingga mengunci hp secara remote.

3. Tutorial Melacak Hp Samsung yang Hilang Dengan Google Maps

Cara melacak hp Samsung yang hilang lainnya ialah dengan memanfaatkan Google Maps. Dalam Google Maps sendiri terdapat fitur yang begitu penting untuk melacak lokasi keberadaan hp yang hilang terakhir kali sebelum mati. Bisa jadi hp dimatikan karena baterainya yang sudah drop atau bahkan karena dimatikan oleh si pencuri/orang yang telah menemukannya.

Untuk dapat melakukan pelacakan hp samsung menggunakan Google Maps, Kamu memerlukan Gmail yang telah terhubung di hp tersebut. Kamu juga sudah harus mengaktifkan location history. Dengan kata lain, fitur tersebut harus aktif di ponsel yang hilang. Namun jika ternyata beum aktif, Kamu tidak dapat mengecek riwayat pergerakan lokasi hp di Google Maps.

Adapun cara mengaktifkan layanan location history pada hp samsung ialah dengan masuk ke menu “Pengaturan” atau “Setting”. Kemudian masuk ke “Google” pilih “Location” dan pilih lagi “Google Location History” dan tekan “On”.

Apabila fitur tersebut sudah aktif di ponsel yang hilang, Kamu pun tinggal mengecek riwayat keberadaan lokasi hp yang hilang termasuk keberadaan hp terkini. Bahkan lokasi terakhirnya apabila hp masih dinyalakan. Untuk lebih jelasnya, simak panduan cara melacak hp Samsung yang hilang dengan Google Maps berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Google Maps, Kamu bisa membukanya lewat browser atau aplikasi android di https://www.google.com/maps.
  • Masuk pada akun Google Mail yang terkoneksi ke handphone.
  • Tekan menu dan pilih opsi “Your Timeline”.

Pada peta biasanya akan langsung terlihat lokasi pergerakan hp Samsung yang hilang secara realtime. Selain itu, kamu juga akan melihat keberadan hp yang hilang terakhir kali sebelum dimatikan beserta keterangan waktunya. Nah, dari sinilah Kamu akan mendapatkan petunjuk agar bisa melakukan pencarian hpmu.

4. Tutorial Melacak Hp Samsung yang Hilang Dengan Android Device Manager

Cara selanjutnya ialah bisa memakai Android Device Manager. Dimana cara yang satu ini memang cukup mudah dilakukan. Layanan Android Device Manager sendiri telah disediakan pihak Google, tujuannya supaya kita bisa mengetahui dan melacak lokasi keberadaan perangkat android yang hilang. Berikut ulasannya :

  • Persiapkan perangkat hp lain yang sudah terkoneksi internet, Kamu bisa memakai PC, tablet, dan smartphone.
  • Jalankan browser di perangkat tersebut, dan buka Google Device Manager di link ini.
  • Setelah itu, tinggal login saja memakai akun Google sama seperti akun Google yang ada di perangkat samsungmu yang hilang.
  • Aplikasi Android Device Manager biasanya mulai mencari lokasi hp yang hilang, dan tunggu sampai proses selesai.
  • Jika proses pencarian hp selesai, biasanya akan terlihat peta pada posisi hp Samsung yang hilang tersebut berada.
  • Kamu bisa mencari hp samsungmu sesuai posisi yang ditampilkan pada peta.

Tak hanya berguna untuk melakukan pelacakan lokasi perangkat Samsungmu, cara melacak hp Samsung yang hilang di atas juga dapat Kamu tambahkan untuk fitur keamanan yang cukup penting. Misalnya saja dengan mengunci hp supaya tidak bisa dipakai orang lain, mengaktifkan speaker hp hingga menghapus semua data di smartphone.

Related posts