Cara Menghapus Akun Google

Cara menghapus akun google sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan, hanya saja kamu harus benar-benar mempertimbangkan apakah kamu sudah yakin ingin menghapus akun Google ataukah tidak.

Cara hapus akun Gmail di handphone dilakukan agar dapat mencegah orang lain mengambil data pribadi. Terutama pada saat handphone akan dijual atau mungkin hilang. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, jika data yang ada pada akun akan diambil orang.

Read More

Cara Menghapus Akun Google di Hp

Cara menghapus akun google di handphone saat ini tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Secara umum, hampir semua Handphone berbasis Android sudah dilengkapi pengaturan di dalamnya.

Handphone memerlukan akun Google meskipun sudah mempunyai default setting. Jadi, untuk semua pengguna handphone butuh pengaturan akun Google, termasuk dalam mengeluarkan akun saat ingin dijual.

Di bawah ini sudah ada beberapa cara hapus akun Google di handphone. Hal ini berguna agar bisa menjaga data dari virus atau yang lainnya.

1. Bukalah Kunci Layar di HP

Pertama, langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka kunci layar HP terlebih dahulu. Saat ini semua tipe HP telah mempunyai kunci layar berbeda-beda. Contohnya saja: Kunci layar berpola, Kunci layar diusap, Kata sandi, Fingerprint, PIN dan Scan wajah.

Jadi kamu bisa pilih salah satu cara di atas untuk membuka kunci layar handphone. Akan tetapi, jika kamu masih tidak paham terkait kunci layar, maka caranya sama seperti kamu menghidupkan handphone pertama kalinya.

2. Pilih Menu Pengaturan (Setting)

Cara hapus Google di handphone selanjutnya, yakni pilih menu pengaturan atau Setting. Kamu bisa langsung ikuti langkah yang ada di bawah ini untuk bisa menemukan pengaturan.

  • Pertama, kamu wajib mencari menu Pengaturan. Lalu lanjut membuka menu menggunakan panel notifikasi. Kemudian, bisa langsung gulir layar ke bawah, pilihlah menu Pengaturan.

  • Setelah itu, bisa lanjut untuk masuk melalui fitur menu utama, lalu pilihlah menu Pengaturan. Lanjut untuk melakukan sinkronisasi pada Akun Google.

  • Apabila sudah selesai maka bisa masuk ke menu Pengaturan (Setting), kamu bisa langsung ikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Pertama, silahkan geser layar ke bawah pada menu Setting. Kemudian, kamu bisa temukan menu akun Google lanjut melakukan sinkronisasi.

  • Setelah itu, kamu bisa memilih Sync, jika hp yang kamu gunakan adalah tipe handphone Xiaomi. Jika sudah maka bisa memilih Sinkron.

  • Setelah itu, kamu bisa melakukan tap Sync maupun Sinkron. Hal ini tentunya untuk bisa melanjutkan menghapus akun Google di handphone.

  • Kemudian, kamu bisa menentukan Akun Google yang telah dihapus. Apabila telah berhasil memilih Sinkron atau Sync, maka kamu dapat mengikuti cara berikut ini:

  • Kamu bisa memilih menu akun Google. Nantinya, akan tampil pula beberapa akun Google yang ada di handphone. Selanjutnya, kamu dapat memilih akun Google yang akan dihapus.

3. Pastikanlah Data Penting telah Dicadangkan

Sebelum kamu melakukan konfirmasi, pada akun Google yang dihapus. Nantinya, harus memastikan semua email maupun data penting didalamnya sudah dilakukan backup atau pencadangan data terlebih dahulu. 

Dengan begitu, kamu tidak bisa langsung mencari data tersebut. Apalagi saat akun Google di handphone tersebut sudah dihapus. Jadi, kamu harus bisa memastikan data penting yang sudah dicadangkan sebelum harus dihapus.

4. Mulailah Hapus Akun Google di Handphone

Jika kamu sudah yakin, dan semua data telah dicadangkan sebelumnya. Maka kamu dapat melanjutkan cara untuk mengeluarkan akun Google di handphone. Di bawah ini kalian bisa melakukan beberapa instruksi untuk hapus akun Google di hp, antara lain :

  • Pertama, kamu bisa memilih menu Google. Tunggu sampai semua akun Google di handphone tampil pada layar.

  • Setelah itu, kamu bisa memilih akun Gmail (Google) yang akan langsung dihapus. Selanjutnya, kamu bisa membuka akun dengan cara klik nama akun yang telah ditampilkan.

  • Tunggu sampai akun tersebut telah terbuka dan tampilkan semua perakitan Google yang sudah langsung terhubung dengan akun Google. Kemudian, kamu bisa memilih opsi More.

  • Lanjut mengetuk Hapus akun atau Remove Account. Tunggu sampai sudah ada notifikasi konfirmasi agar bisa langsung menghapus akun Google.

  • Jika telah yakin, maka kamu bisa langsung melakukan tap Remove Account atau Hapus akun. Apabila sudah selesai, akun Google di handphone juga akan berhasil dihapus.

Apa saja yang Terjadi jika akun Google dihapus?

Jika kamu sudah paham dengan cara hapus akun Google di handphoneku, tentu harus tahu apa yang terjadi usai akun hilang. Tentu saja, seluruh aplikasi yang sudah terhubung di Handphone jika akan ikut hilang akses ke akun Google.

Sebetulnya, Aplikasi ini tidak akan langsung menampilkan data yang sudah disinkronkan dengan akun tersebut. Di bawah ini sudah ada beberapa aplikasi yang bisa saja terkena dampak dari penghapusan akun Google.

1. Email

Jika kamu sudah menghapus akun Google, maka akan langsung dikeluarkan dari akses aplikasi Gmail pada akun yang tertentu. Hal ini tentunya, kamu tidak bisa lagi untuk mengakses email menggunakan Gmail.

Meskipun begitu, email ini juga tidak akan bisa dihapus. Namun, akan tetap ada di akun Gmail, sehingga bisa langsung diakses melalui web maupun handphone lainnya.

2. Kontak

Pada saat kamu coba cara menghapus akun Gmail di Android, maka kontak yang ada di Google akan terhapus secara otomatis dari ponsel tersebut. Jika kamu telah menggunakan akun Google untuk menyimpan kontak, maka daftar nomor handphone akan langsung hilang.

Namun, para pengguna bisa langsung simpan kontak di memori jadi kamu tidak perlu cemas. Secara umum, kontak ini akan selalu ada karena kontak tersinkronisasi dari akun Google yang hilang dari handphone.

Meskipun begitu, kamu masih bisa akses kontak yang sudah hilang. Contohnya saja melalui website contacts.google.com di situs. Maka kamu bisa masuk ke akun di HP lainnya.

3. Gambar dan Video di Google Photos

Jika Google dihapus dari Android, apa yang akan terjadi dengan gambar maupun video di Google Photos? Maka jawabannya bisa saja tergantung dari bagaimana kamu menggunakan Google Photos.

Untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini sebagai galeri maka akan melihat foto yang telah tersedia. Sehingga tidak akan terjadi apa-apa.

Jadi foto tidak akan langsung terhapus dari handphone. Apalagi jika kamu ingin langsung mengaktifkan fitur backup Google Photos, maka dapat menghapus akun untuk bisa menghentikan layanan backup.

Sehingga, foto baru tidak bisa langsung tersimpan pada layanan Google Photos. Nantinya tidak ada lagi foto yang dihapus karena masih bisa langsung mengakses foto yang akan dicadangkan di photos.google.com. Kamu juga nantinya bisa langsung masuk kembali ke aplikasi Google Photos.

Itu saja beberapa cara menghapus akun google di HP Android dan dampaknya terhadap layanan Google lainnya. Cara ini sebenarnya cukup mudah ketika kamu ingin menjaga data agar lebih aman.

Related posts