Cara Menghapus Akun Whatsapp Business

Cara Menghapus Akun Whatsapp Business
Cara Menghapus Akun Whatsapp Business

Pernahkah terpikir untuk menghapus akun Whatsapp Business milikmu? Apakah kamu sedang mencari cara menghapus akun Whatsapp Business? Tak perlu risau lagi karena artikel kali ini akan memberikanmu langkah-langkah untuk menghapus akun Whatsapp Business milikmu.

Apa Itu Whatsapp Business?

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan nama besar Whatsapp. Layanan yang sukses menggusur Blackberry Messenger dan Line sebagai layanan perpesanan dan komunikasi utama bagi masyarakat dunia. Demi memberikan layanan penuh kepada para pelanggannya, pihak Whatsapp melakukan berbagai macam inovasi terhadap layanan mereka. Salah satu inovasinya adalah dengan meluncurkan layanan Whatsapp Business.

Read More

Layanan ini, seperti namanya, lebih terfokus pada layanan Whatsapp bagi para pebisnis, terutama para pebisnis menengah ke bawah yang sedang berusaha memulai usahanya. Melalui layanan Whatsapp Business, para pelaku usaha dapat melebarkan sayap dan mengembangkan usahanya. Layanan ini mempermudah mereka untuk terhubung secara pribadi dengan pelanggan, menyoroti produk dan layanan, serta menjawab pertanyaan pelanggan untuk memperkuat pengalaman berbelanja mereka.

Di lain sisi, layanan Whatsapp Business sering dimanfaatkan pengguna Whatsapp untuk hal lain. Beberapa orang menggunakan Whatsapp Business agar mereka memiliki 2 akun berbeda dalam 1 perangkat. Dengan menggunakan Whatsapp Business, pengguna dapat mendaftarkan nomor lain sebagai akun yang berbeda dengan akun Whatsapp Messenger mereka. Hal ini tentu bermanfaat bagi mereka yang memisahkan antara nomor telepon kerja dengan nomor telepon pribadi.

Namun, beberapa fitur di Whatsapp Business memberikan dampak negatif bagi sebagian orang. Terbukanya data yang diinput pada Whatsapp Busines, membuat beberapa orang merasa tidak nyaman. Hasilnya, beberapa orang memutuskan untuk kembali menggunakan layanan Whatsapp Messenger seperti biasa. Masalahnya, nomor yang terdaftar pada Whatsapp Business bersifat permanen dan tidak dapat diganti. Agar kamu dapat berpindah layanan ke Whatsapp Messenger, satu satunya jalan adalah dengan cara menghapus akun Whatsapp Business milikmu.

Penyebab Seseorang Menghapus Akun Whatsapp Business

Masalah privasi data hanyalah 1 di antara sekian banyak masalah yang menyebabkan para pengguna Whatsapp Business memutuskan untuk menghapus akun miliknya. Masalah masalah lain yang dapat menjadi penyebab seseorang menghapus akun Whatsapp Business miliknya antara lain :

  • Nama usaha berubah. Nama yang terdaftar pada akun Whatsapp Business bersifat permanen. Apabila pemilik usaha mengganti nama usahanya, maka ia harus mendaftarkan nomor lain sebagai akun Whatsapp Business baru.
  • Nomor hilang/dicuri. Seperti halnya dalam kasus menghapus akun Whatsapp, nomor yang hilang/dicuri pun dapat menjadi penyebab seseorang menghapus akun Whatsapp Business miliknya. Hal ini dikarenakan nomor yang hilang/dicuri berpotensi jatuh ke tangan yang salah, dan dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik. Apalagi, di dalam layanan Whatsapp Business, tentu tertera nama usaha dan lokasi sang pemilik. Apabila terindikasi terlibat tindakan kejahatan, bukan tak mungkin pemilik akun akan dijadikan tersangka.
  • Akun Whatsapp Business dibajak. Pembajakan akun sudah menjadi bentuk kejahatan baru di era modern ini. Pembajakan akun dapat didasari oleh berbagai motif. Pencurian data, penyalahgunaan identitas, hingga kasus penipuan dan pencurian pun dapat menjadi dasar yang kuat bagi seseorang untuk melakukan pembajakan. Apabila akun Whatsapp Business milikmu dibajak oleh seseorang, pastikan untuk segera menghapus akun Whatsapp Businessmu sebelum hal buruk terjadi.
  • Migrasi ke layanan komunikasi lain. Sebagaimana Whatsapp, tidak menutup kemungkinan pihak lain untuk terus berinovasi. Melihat Whatsapp yang sukses dengan layanan Whatsapp Businessnya, bukan tak mungkin akan ada pesaing yang mengeluarkan layanan serupa dengan fitur yang ditingkatkan. Hal ini tentu akan membuat beberapa pengguna memilih untuk melakukan migrasi karena bagi para pengguna kenyamanan dan kemudahan adalah yang utama.

Cara Menghapus Akun Whatsapp Business

Cara Menghapus Akun Whatsapp Business
Cara Menghapus Akun Whatsapp Business

Dengan beberapa masalah dan kelemahan pada layanan Whatsapp Business, tentu membuat beberapa orang ingin menghapus akun Whatsapp Business miliknya. Namun, tak semua orang mengetahui dengan pasti cara menghapus akun Whatsapp Business. Sebenarnya, menghapus akun Whatsapp Business sama halnya dengan cara menghapus akun Whatsapp pada umumnya. Hal ini dikarenakan layanan ini pun berawal dari layanann Whatsapp Messenger. Adapun langkah-langkah untuk menghapus akun Whatsapp Business adalah  sebagai berikut :

  • Buka akun Whatsapp Business, klik Setting>Account.
  • Pada bagian bawah, pilih Delete My Account.
  • Masukkan nomor yang terdaftar pada akun Whatsapp Business milikmu dengan menggunakan format internasional (+62…).
  • Tekan tombol Delete My Account.

Mudah sekali, bukan? Hanya dengan 4 langkah, kamu sudah bisa memastikan akun Whatsapp Businessmu terhapus. Namun, tahukah kamu bahwa menghapus akun Whatsapp Business tak semudah itu?

Kesalahan Ketika Menghapus Akun Whatsapp Business

Beberapa orang, justru melakukan kesalahan ketika ingin menghapus akun Whatsapp Business miliknya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Kurang fokus, terburu-buru dan panik karena masalah yang sedang dialami menjaid faktor utama kesalahan seseorang ketika menghapus akun Whatsapp Business. Kesalahan tersebut antara lain adalah :

  • Melakukan uninstall aplikasi. Sebagaimana ketika kamu ingin menghapus akun Whatsapp Messengermu, menghapus akun Whatsapp Business tak bisa dilakukan hanya dengan melakukan uninstall aplikasi. Uninstall aplikasi Whatsapp Business hanya akan membersihkan data di dalam perangkatmu, dan tak berpengaruh apa-apa pada akun Whatsapp Business milikmu.
  • Membuat akun Whatsapp Business dengan nomor baru. Hal ini, tentu bukan menjadi jalan keluar bagi kamu yang ingin menghapus akun Whatsapp Business milikmu. Membuat akun Whatsapp Business dengan nomor lain tentu akan memudahkanmu untuk mengganti nama usaha. Namun, data dan identitasmu dalam akun Whatsapp Business yang sebelumnya masih tersimpan di dalam database. Hal ini dapat memicu akun Whatsapp Business lamamu dibajak karena kamu sudah abai dengan akun lamamu.
  • Salah memasukkan nomor saat proses penghapusan akun. Hal ini tentu bukanlah masalah serius, karena apabila kamu salah memasukkan nomor saat penghapusan, Whatsapp akan segera memberikan pemberitahuan. Kesalahan ini tidak akan berdampak apa-apa baik kepada akunmu maupun kepada akun yang terdaftar dengan nomor yang tidak sengaja kamu masukan.
  • Lupa melakukan Backup data. Melakukan backup data sebelum menghapus akun tentu penting dilakukan, karena setelah akun dihapus maka data yang terhubung dengan akun akan otomatis ikut terhapus. Sebelum melakukan penghapusan akun Whatsapp Business, pastikan untuk melakukan Backup data data yang sekiranya masih penting untuk jangka waktu ke depan.

Yang Akan Terjadi Jika Akun Whatsapp Business Dihapus

Bagi beberapa orang, menghapus akun Whatsapp Business membutuhkan banyak pertimbangan karena dengan menghapus akun tentu akan memberikan beberapa konsekuensi. Beberapa hal yang akan terjadi setelah menghapus akun Whatsapp Business antara lain :

  • Pemberitahuan. Kamu akan mendapat pemberiahuan bahwa akun Whatsapp Businessmu telah dihapus. Hal ini tentu menjadi berita gembira karena usahamu menghapus akun telah berhasil.
  • Riwayat dan Backup Chat akan terhapus. Seperti halnya saat menghapus akun Whatsapp, menghapus akun Whatsapp Business akan mengakibatkan terhapusnya Backup dan Riwayat Chat milikmu.
  • Media yang tak tersimpan di perangkat akan terhapus. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penghapusan akun Whatsapp Business akan berakibat pada media yang masih terhubung dengan akun milikmu. Jangan lupa untuk menyisihkan data dan media tersebut sebelum memutuskan untuk menghapus akun, apabila data dan media tersebut masih diperlukan

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus akun Whatsapp Business. Meskipun mudah, namun pastikan untuk selalu berhati hati dan mempertimbangkan segala aspek sebelum meutuskan untuk menghapus akun Whatsapp Business milikmu. Sekian, semoga bermanfaat.

Baru Diulas:

Related posts