Cara Mengecek Nomor Indosat

Bagaimana cara mengecek nomor Indosat? Ketika kita membeli kartu perdana apapun itu operatornya, seringkali kita langsung membuang kemasannya begitu saja. Tanpa menyimpan nomor Hp yang tertera di dalam kemasan produk kartu perdana itu sendiri. Jadi wajar jika Kamu kesulitan menemukan nomor Hpmu sendiri saat dibutuhkan, baik itu saat isi pulsa maupun saat ingin memberikan nomor Hpmu kepada klien atau teman.

Mungkin lebih baik jika saat membeli kartu perdana Kamu menyimpan nomor Hpnya terlebih dahulu. Nomor Hp tersebut biasanya tertera di dus atau kemasan kartu perdana. Sama halnya dengan provider Indosat. Jadi, Kamu bisa menyimpan nomor Indosat terlebih dahulu sebelum membuang kemasannya.

Sebenarnya, Indosat menawarkan beberapa panduan cara mengecek nomor Indosat sendiri dengan mudah. Namun sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui panduannya. Mengingat terkadang mereka mengabaikan informasi ini, padahal penting sekali untuk diketahui. Terutama bagi para pengguna baru Indosat.

Selain alasan itu, tak sedikit pula pengguna provider Indosat yang memiliki nomor lebih dari satu. Alhasil, mereka kesulitan menghafalkan satu per satu nomor HP yang mereka miliki. Oleh karena itu, kebanyakan pengguna menerapkan cara mengecek nomor Indosat dengan metode yang telah disediakan oleh Indosat itu sendiri.

Produk dan Layanan Indosat

Bisa dikatakan bahwa Indosat adalah pesaing Telkomsel sebagai operator yang sudah cukup lama ada di Indonesia, sebelum munculnya produk-produk operator lainnya sekarang ini. Indosat tepatnya Indosat Ooredoo menyediakan beberapa pilihan produk operator, diantaranya seperti Matrix Ooredoo khusus pengguna pascabayar, Mentari Ooredoo bagi pengguna prabayar serta IM3 Oordeoo bagi pengguna prabayar.

Untuk produk Matrisx dan Mentari Ooredoo sendiri biasanya khusus bagi pengusaha, orang tua maupun pekerja. Sedangkan yang paling banyak digunakan oleh kawula muda saat ini ialah IM3 Ooredoo, karena menawarkan lebih banyak pilihan paket dengan harga lebih terjangkau.

Layanan yang tak kalah menarik lainnya dari Indosat Ooredoo ialah layanan Data Rollover. Apa sih Data Rollover itu? Ya, layanan Indosat tersebut memungkinkan pelanggan Indosat untuk menjumlah total kuota internet mereka ke bulan selanjutnya agar tidak cepat hangus ketika masa aktifnya sudah habis. Uniknya lagi, layanan rollover belum tersedia di operator seluler lainnya sebagai pesaing Indosat.

Keunggulan menggunakan provider Indosat lainnya ialah Kamu bisa menggunakan cara mengecek pulsa Indosat dengan mudah dan nggak pake ribat yang sudah disediakan oleh Indosat. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut!

Cara Mengecek Nomor Indosat Termudah

Cara Mengecek Nomor Indosat
Mengecek Nomor Indosat

Pernahkah Kamu kesulitan untuk mengecek nomor Indosatmu sendiri? Jika ya, kini Kamu tak perlu khawatir hal itu terjadi lagi. Karena cara mengecek nomor Indosat bisa menjadi cara andalan dan tercepat yang bisa Kamu coba, berikut ini :

Cara Mengecek Nomor Indosat Melalui Kode USSD

Sebenarnya setiap provider telekomunikasi seluler memiliki layanan dial phone atau USSD yang bisa digunakan untuk pengecekan nomor, sisa pulsa dan masa aktif. Sama halnya dengan Indosat yang menyediakan cara mengecek nomor Indosat melalui kode USSD berikut ini :

  • Silahkan buka Hp kesayanganmu, lalu masuk ke menu panggilan di ponsel.
  • Setelah itu, langsung ketikkan kode *888*1# seperti melakukan panggilan telepon, lalu tekan panggil atau call di Hp yang menggunakan provider Indosat.
  • Jika sudah, Kamu cukup menunggu beberapa saat saja sampai muncul tampilan popup pada layar yang memberitahukan tentang nomor Indosat yang Kamu gunakan.
  • Selain kode *888*1# Kamu juga bisa menggunakan kode UMB lainnya yaitu di *123*30#. Lalu pilih yes, call atau oke.
  • Sama seperti metode UMB sebelumnya, Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat saja sampai muncul tampilan menu pop up pada layar ponsel yang menginformasikan nomor Indosatmu.

Bagaimana mudah kan? Keunggulan cara ini ialah Kamu bisa melakukan panggilan ke dial up atau kode USSD ini kapan saja dan dimana saja tanpa mengeluarkan pulsa sepeser pun alias gratis. Jadi, bisa dijadikan alternatif saat darurat!

Cara Mengecek Nomor Indosat Melalui Bantuan Operator

Jika Kamu sulit menghafal kode dial up di atas, solusi cara mengecek nomor Indosat lainnya yang bisa digunakan ialah dengan menghubungi operator Indosat.

Kamu bisa menghubunginya lewat Hp yang memakai kartu SIM Indosat, memakai nomor operator lain ataupun telepon rumah. Bahkan layanan call center Indosat ini dapat melayani para pelanggannya selama 24 jam per harinya.

Adapun nomor layanan customer service atau operator Indosat yang bisa dihubungi untuk mengecek nomor Indosat, ialah sebagai berikut :

  • Khusus bagi pengguna kartu Matrix Ooredoo, Kamu bisa menghubungi layanan call center di 111 tanpa bayar.
  • Khusus bagi pengguna kartu IM3 Ooredoo dan Mentari Ooredoo bisa menghubungi call center di 185 atau 100. Namun untuk menelpon layanan ini Kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp. 400 per panggilan.
    Selain nomor call center di atas, Kamu juga bisa menggunakan nomor lainnya, sebagai berikut :
  • Jika kamu menelpon layanan provider Indosat lewat telepon rumah atau PSTN, Kamu dapat menghubungi nomor +6221-3000-3000 dan +6221-5438-8888.
  • Kamu juga bisa menelpon layanan Indosat dengan mesin penjawab di nomor 222. Untuk menggunakan layanan ini, Kamu tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.
  • Selain itu, ada pula layanan faximile di nomr +6221 5449501 06.

Namun saat menghubungi layanan call center atau operator Indosat, Kamu harus bersabar menunggu karena jika menelpon saat jam-jam sibuk, Kamu harus menunggu antrian untuk dilayani.

Cara Mengecek Nomor Indosat Melalui Aplikasi MyIM3

Seperti halnya provider lain, provider Indosat juga menawarkan layanan berbentuk aplikasi bagi para penggunanya, yakni lewat aplikasi MYIM3. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini awalnya bernama MyCare.

Hanya saja, untuk menggunakan layanan lewat aplikasi ini Kamu wajib meregistrasi nomor Hp Indosat yang Kamu gunakan. Selain itu, Kamu juga wajib mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Jika Kamu penasaran dengan cara mengecek nomor Indosat ini, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan cari di Google Play Store, aplikasi My IM3, lalu unduh aplikasi tersebut. Cara ini dilakukan untuk pengguna android. Sementara bagi pengguna iPhone atau iOS bisa mencari dan mengunduhnya di App Store.
  • Jika sudah mengunduh aplikasi tersebut, Kamu bisa langsung menginstallnya di ponsel.
  • Silahkan buka aplikasi My IM3, lalu registrasikan nomor HP Indosatmu. Kamu harus membuat password lalu masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan operator Indosat lewat SMS.
  • Jika pendaftaran sudah selesai dilakukan, Kamu tinggal melakukan login.
  • Seluruh informasi tentang layanan sim card Indosat yang Kamu gunakan langsung ditampilkan di halaman awal aplikasi MyIM3. Selain dapat melihat nomor HP, Kamu juga bisa melihat sisa kuota internet, jumlah pulsa, dan informasi menarik lainnya.

Sementara bagi Kamu yang ingin mengecek, apa saja sih fitur menarik yang ditampilkan di aplikasi MyIM3? Maka Kamu bisa memiliki logo yang berikon tiga garis tepat di pojok kanan bagian atas, lalu pilih fitur atau layanan Indosat yang Kamu inginkan.

Nah, itulah dia ulasan tentang cara mengecek nomor Indosat termudah dan tentu saja paling praktis yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019