Cara Log Out Akun Google di Android

Bagaimana cara log out akun Google di android? Ya, android adalah OS yang berhasil dikembangkan Google, inilah yang membuat perangkat android membutuhkan akun Google untuk mengakses smartphone android. Meskipun sebenarnya tanpa memakai akun Google sekalipun tetap dapat mengakses perangkat android, hanya saja tidak dapat mengakses penuh perangkat smartphone tersebut.

Browser, Gmail/Email, Play Store, WhatsAp dan lainnya biasanya membutuhkan email Google supaya dapat digunakan dengan baik. Sehingga bisa Kamu bayangkan, apabila smartphone canggihmu tidak bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut. Oleh karena itu, perangkat android tanpa menggunakan email bisa dibilang mustahil, sebab hampir seluruh smartphone android telah memakai akun Google.

Read More

Hal ini dikarenakan baik email, Play Store atau yang lainnya membutuhkan pencadangan atau sinkronisasi sebagai tugas akun Google di android. Sehingga dapat dipastikan jika Kamu bisa memakai perangkat android secara penuh apabila memakai akun Google.

Sebenarnya tak sedikit pengguna Google yang ingin keluar dari Gmail atau akun Google dari smartphone karena alasan tertentu. Akan tetapi, persoalan yang muncul terkadang sebagian orang belum mengetahui bagaimana cara logout akun Google di android tanpa harus menghapus akun.

Jadi, Kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk menghapusnya. Karena Google telah menawarkan pilihan logout apabila akun Google tersebut sudah tak dapat dipakai kembali atau hanya akan dipakai pada satu perangkat android.

Cara Log Out Akun Google di Android

Cara Logout Akun Google di Android
Cara Keluar Akun Google di Android

Keluar Akun Google di Android Tanpa Menghapus Akun

Cara log out akun Google di android tanpa menghapus akun sebenarnya cukup mudah dilakukan. Oleh karena itu, jika Kamu belum mengetahui tahapannya, inilah waktu yang sangat tepat mengetahuinya. Ada banyak pilihan cara yang dapat digunakan untuk keluar akun Google di perangkat android. Terlebih lagi apabila Kamu masuk ke akun Google di android milik orang lain, seperti teman atau saudara. Maka dari itu, supaya tidak disalahgunakan,  bisa mencoba cara keluar ke akun Google berikut!

Terkait:  Cara Enable Javascript

1. Logout Akun Google di Android Tanpa Menghapus Gmail

Jika ingin keluar dari akun Google tanpa perlu menghapus akunnya dapat dilakukan lewat aplikasi chrome. Sebenarnya caranya mudah sekali, Kamu perlu mengakses setting akun Gmail saja. Cara log out akun Google di android ini memungkinkan Kamu untuk keluar dan menonaktifkan pencadangan atau sinkronisasi. Berikut panduan lengkapnya :

  • Pertama-tama, silahakn buka Google Chrome di ponsel androidmu, lalu pastikkan kamu masuk ke akun Gmail yang akan keluar.
  • Lalu sesudah berhasil memasuki halaman utama Google Chrome, tekan foto profilmu di samping kanan atas.
  • Setelah itu, tekan pada nama Gmail dan selanjutnya Kamu akan diarahkan menuju halaman baru. Kamu tinggal pilih saja “Logout dan Nonaktifkan Sinkronisasi”.
  • Jika sudah, akan terlihat kotak dialog yang berisi konfirmasi keluar akun. Di bagian ini, apabila Kamu tidak ingin jika data terhapus, silahkan centang pada pilihan “Hapus data Chrome pada perangkat ini”. Setelah itu, pilih “Lanjutkan” dan akun Google pun secara otomatis akan logout.

Jika sudah berhasil keluar, Kamu tak perlu lagi khawatir akun Gmail-nya terhapus. Biasanya akun Google milikmu akan tetap aman. Untuk kembali mengaksesnya, Kamu dapat melakukan login kembali dengan cara menginputkan password adn email.

2. Logout Akun Google Melalui Aplikasi Gmail

Sebenarnya cara log out akun Google di android satu-satunya ialah dengan cara menghapus akun Gmail atau Google itu sendiri. Jangan khawatir, karena cara tersebut hanya sekedar untuk menghapusnya dari perangkat android saja, jadi emailmu tak akan hilang. Akan tetapi, cara ini bisa menghapus semua data pada akun Google di smartphone, seperti pesan, kontak dan lainnya. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, Kamu bisa membuka aplikasi Google Mail di ponsel androidmu.
  • Kemudian, tekan ikon opsi pada pojok kiri bagian atas.
  • Lalu tekan ikon berbentuk segitiga ke bawah.
  • Setelah itu, pilih opsi manage account. Untuk selanjutnya pilih mana akun Gmail yang akan dikeluarkan.
  • Selanjutnya, tekan opsi “Delete Account” jika ingin menghapus akun.
  • Setelah itu akan muncul tampilan pop up untuk konfirmasi, silahkan tekan pilihan Remove Account jika ingin melanjutkan.
Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

Melalui cara di atas, seluruh data yang masuk memakai akun tersebut pun akan hilang.

3. Cara Menghapus Akun di Android

Kamu juga dapat menghapus akun Google di android. Ini merupakan pilihan yang bisa dilakukan dan bersifat opsional. Selain itu, untuk menghapus akun Google Mail dapat dilakukan lewat pengaturan. Berikut langkah-langkah mudahnya :

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke opsi pengaturan android.
  • Lalu pilih opsi akun Google dan lakukan sinkronisasi di perangkat android.
  • Jika sudah, Kamu tinggal memilih Google saja.
  • Pilih akun Google yang akan Kamu hapus.
  • Setelah itu, tekan ikon tiga titik di bawah dan klik hapus.
  • Selanjutnya pilih hapus akun jika ingin mengkonfirmasi.

4. Logout Akun Google Melalui Browser

Di samping memakai aplikasi android, cara logout akun Google di android lainnya juga dapat dilakukan memakai web broser. Tujuannya ialah untuk tetap menjaga keamanan pada akunmu, jika HP dipinjam oleh orang lain. Selain itu, caranya juga sangat mudah, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Langkah pertama, silahkan klik pada nama akun Google Mail milikmu. Di halaman utama pada Gmai, silahkan pilih opsi yang berada di samping kiri atas. Jika sudah, ketuk nama Gmail-mu.
  • Cara selanjutnya tinggal pilih Sign Out. Selanjutnya Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman awal, yaitu posisi ketika Kamu harus menginputkan password saat ingin masuk. Sesudah password dimasukkan, maka Gmail secara otomatis akan keluar.

Itulah 4 cara logout akun Google di android yang dapat Kamu lakukan dengan mudah.

Apakah Akun yang Dihapus Bisa Digunakan Kembali?

Tentu saja bisa, karena cara logout akun Google di android dengan menghapus akunnya di atas ialah hanya dilakukan di android saja. Seperti yang sudah dijelaskan bahwacara di atas tidak menghapus layanan dari email pada akun Gmail itu sendiri. Sehingga ketika Kamu ingin melakukan login, maka Kamu bisa memakai akun tersebut kembali untuk login.

Jika kamu ingin pindah menggunakan akun Gmail, sebenarnya tak perlu harus logout dari akun terlebih dahulu.  Kamu dapat menambahkan akun Google Mail yang baru langsung ke perangkat android. Selanjutnya kedua akun Gmail bisa tetap diakses dengan cara bergantian. Kamu bisa menambahkan akun Google Mail di android dengan tutorial di bawah ini :

  • Silahkan login ke akun Gmail lebih dulu.
  • Jika sudah pilih saja “Profil Anda”.
  • Selanjutnya Kamu akan menemukan opsi “Tambahkan Akun Lain”, silahkan tap menu tersebut.
  • Setelah itu, pilih kemudian tentukan akun email yang akan dipakai.
  • Kamu tinggal menginputkan nama akun saja yang akan dipakai di Google Mail.
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Email yang Kamu tambahkan tidak hanya berasal dari Gmail saja, melainkan juga dapat menggunakan Yahoo, Hotmail, Outlook maupun akun lainnya. Sehingga para pengguna dapat menyesuaikan akun Gmail yang akan dimasukkan sesuai kebutuhan.

Demikianlah ulasan tentang cara logout akun Google di android yang bisa Kamu coba agar Kamu tetap dapat mengakses akun Google lebih mudah. Tentu saja dengan pilihan, apakah Kamu ingin menghapus akun lamamu atau tidak.

 

Related posts