Cara Live di Shopee

Cara Live di Shopee

Cara live di Shopee sangat penting untuk diketahui para penjual di Shopee agar ramai pembeli. Kita tahu bahwa Shopee sebagai salah satu maketplace terkemuka di Indonesia, telah menyediakan layanan live streaming, sehingga bisa dimanfaatkan para penjual untuk memasarkan atau mempromosikan produk mereka.

Tren fitur live streaming kian banyak diminati saat ini, terutama oleh para pembel sebab mereka bisa berinteraksi dengan mudah dan secara langsung bersama penjual. Dengan fitur yang ditawarkan Shopee ini, para pembeli juga bisa melihat kualitas dan gambaran produk dengan jelas.

Read More

Persiapan Sebelum Live di Shopee

Sebelum melakukan cara live di Shopee, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu tips agar live streaming di Shopee lebih berkualitas. Hal ini juga bertujuan agar keuntungan live streaming di Shopee langsung didapatkan. Di bawah ini ada beberapa langkah yang harus Kamu persiapkan sebelum Kamu memulai live, diantaranya :

1. Mempersiapkan Cerita

Adapun cerita yang diamaksudkan disini ialah berupa persiapan mengenai deskripsi produk jualan yang akan Kamu tampilkan, menentukan durasi streaming serta penentuan host saat live streaming berlangsung.

2. Mempersiapkan Hadiah

Kamu bisa mempersiapkan hadiah, berupa voucher eksklusif dari SHopee Live dan tentukan banyaknya pemenang hingga metode pemilihan pemenang hadiah.

3. Properti yang Digunakan

Kamu harus tahu bahwa properti adalah bagian terpenting yang mesti Kamu persiapkan agar video streaming di Shopee beserta materinya menjadi berkualitas. Beberapa properti yang harus dipersiapkan seperti kamera HP berkualitas dan beresolusi tinggi, stok produk jualan yang akan Kamut awarkan ke pembeli dan tripod agar video lebih stabil saat streaming berlangsung.

4. Jaringan Internet Stabil

Koneksi internet stabil adalah hal terpenting yang wajib dipersiapkan agar live streaming video Kamu berkualitas baik. Dengan kualitas yang jernih tentu saja membuat pembeli merasa lebih nyaman saat menonton tayangan siaran langsung game Kamu, jika dibandingkan live streaming dengan kualitas video yang rendah.

Selain poin-poin di atas Kamu juga harus menghindari beberapa konten video yang dilarang saat live streaming. Selain itu, ikuti ketentuan dan syarat yang berlaku saat live streaming. Tujuannya ialah untuk mencegah terjadinya pemblokiran sepihak dari Shopee akibat tidak memenuhi syarat yang berlaku.

Cara Live di Shopee

Cara Live di Shopee
Cara Live Streaming di Shopee

Bagaimana Cara Live Streaming di Shopee?

Sebenarnya langkah-langkah cara live di Shopee sangat mudah dan simpel. Jika Kamu tertarik melakukan live streaming di aplikasi Shopee, tentu saja Kamu harus sudah mendownload dan menginstal aplikas belanja online Shopee lebih dulu. Selanjutnya Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan masuk ke akun Shopee dan pilih opsi “Saya”.
  • Sebelum Kamu memulai live streaming, pastikan Kamu melihat kualita dari video streaming yang akan Kamu buat natinya. Misalnya mengecek kondisi tripod, kamera dan host yang akan melakukan promosi saat live streaming.
  • Kemudian Kamu tinggal memilih “Live Streaming”.
  • Selanjutnya cukup tambahkan deskripsi dan judul live streaming. Jangan lupa tampilan thumbnail aplikasi Shopeenya dijadikan tampilan cover untuk live streaming. Silahkan buat thumbnail Shopee dengan semenarik mungkin.
  • Hal terpenting ialah Kamu bisa menambahkan produk atau barang yang ingin dijual dalam live streaming di aplikas Shopee.
  • Setelah selesai, seluruh persiapan dari deskripsi hingga produk yang sdah dipersiapkan, Kamu bisa mengklik opsi “Mulai Live Streaming”.

Sebagai catatan, jika layanan live streaming belum muncul mungkin tokomu masih  belum memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku, atau followers yang ada di tokomu masih sedikit.

Tips Jual Produk di Shopee Live Supaya Laku Keras

Jika produkmu ingin laku keras di Shopee, Kamu bisa memanfaatkan fitur Shopee Live, asalkan Kamu mengikuti tips dan trik berjualan produk di Shopee Live berikut :

1. Membagikan Koin Toko

Sebagai penjual, Kamu dapat memberikan koin ke pelanggan tokomu. Adapun koin tersebut dapat dijadikan sebagai hadiah menarik untuk pembeli agar bisa join menggunakan live streaming sebagai salah satu media promosi toko. Kamu dapat memanfaatkan koin penjual untuk dijadikan bonus koin ke pelanggan saat Kamu melakukan streaming di Shopee.

Ada beberapa manfaat menarik yang dapat diperoleh jika memberikan koin saat melakukan live streaming, diantaranya :

  • Dapat menarik penonton untuk menyaksikan live streaming di tokomu.
  • Dapat meningkatkan hingga 2-6 kali lebih banyak penjualan brand yang dipakai sebagai bonus atau hadiah koin.

2. Ketahui Waktu Paling Ideal Untuk Posting Produk

Kamu bisa menentukan waktu yang ideal untuk memposting produk. Coba memposting produk beberapa waktu dalam sehari agar memastikan waktu kapan followers di tokomu lebih banyak. Atau dapat disesuaikan dengan cara menentukan target followers atau audience dengan spesifik secara langsung.

Contohnya setiap hari pada jam kerja mulai dari jam 10.00 sampai jam15.00. Sementara di hari rabu Kamu dapat memposting di jam 12.00 siang hingga jam 14.00. Selain itu, posting juga pada pagi hari maupu malam hari.

Tapi kembali lagi, semuanya menyesuaikan kondisi followers dari toko dan Kamu dapat memiliki catatan khusus sendiri untuk para pelanggan. Tapi sebaiknya disarankan melakukan live di waktu tersebut serta pilih waktu paling tepat yang menurutmu paling ramai dikunjungi audiens.

3. Ikon Toko yang Menarik

Pastikan Kamu memilih host yang mampu menjual, tak harus selalu terlihat menarik secara visual selama host mempunyai kemampuan marketing yang tinggi. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan produk di tokomu.

Peran host saat live streaming di Shopee memang sangat penting. Percuma saja Kamu memilih host yang visualnya menarik tapi tidak memiliki kemampuan untuk menawarkan produk dengan cara menarik untuk memikat keinginan konsumen membeli produk yang Kamu jual.

3. Harus Konsisten

Cara live di Shopee agar produkmu laku keras dan hal terpenting yang wajib Kamu perhatikan ialah harus benar-benar konsisten dalam berbisnis. Hal ini bertujuan agar toko online-mu di Shopee dapat terus dikunjungi banyak followers dan banyak pula yang membeli produk jualanmu.

4. Memberikan Penawaran Khusus

Hal yang tak kalah menarik perhatian konsumen ialah Kamu harus berikan promo atau penawaran khusus dan menarik ke pelanggan atau konsumen. Pastikan pula audiens yang menonton merasa mendapatkan pelayanan yang spesial dan eksklusif. Misalnya saja, khusus bagi audiens yang membeli produk seperti produk baju sekarang juga, maka akan mendapatkan gratis pashmina atau inner hijab. Pastikan Kamu memberikan promo dengan semenarik mungkin.

5. Menggunakan Cover Clickbait

Tentu saja maksud clickbait di sini adalah membuat judul semenarik mungkin yang bisa membuat banyak orang penasaran. Misalnya saja dengan judul “Baju Kualitas Ori, Jaminan Uang Kembali”, contohnya saja Kamu menjual baju gamis dan hijab, tentu saja orang akan langsung tertarik mengkliknya. Apalagi jika mereka melihat gambar produk menarik dan berkualitas, mereka pun tak segan untuk membelinya.

Demikian ulasan tentang cara live di Shopee agar jualanmu cepat laris dan mendulang pundi-pundi rupiah dari hasil berjualan di Shopee Live. Semoga bermanfaat!

Related posts