Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di Android? Tentu saja akan sangan menjengkelkan jika kita harus kehilangan file yang begitu penting. Namun kamu jangan khawatir, karena masih ada beberapa trik untuk memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja.

Tentu saja dalam gadget kita banyak sekali file yang begitu penting, namun tidak jarang juga lebih banyak file sampah atau file yang tidak begitu penting di Android kita. File ini bisa berupa dokumen, foto, email ataupun yang lainnya. Dan jika kita kebanyakan file yang tidak begitu penting tentunya kita akan sesegera mungkin untuk melakukan pembersihan agar memori internal kita semakin lega tanpa adanya file sampah.

Namun bagaimana jika kita secara tidak sengaja menghapus dan membersihkan file kita yang begitu penting di Android? Tentu kita akan bingung dan langsung panik. Namun tenang saja, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Android kamu dan semua file bisa kembali seperti semula.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Jika kamu merasa pernah menghapus file kamu yang penting saat pembersihan memori, pastinya kamu akan sangat panik kan? Tapi tenang aja, karena masih ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di android kamu. Dan file kamu masih bisa kembali lagi seperti semula.

Memulihkan File dengan Aplikasi

Cara mengembalikan file yang terhapus di android adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi ketiga. Dengan bantuan aplikasi ini kamu tentu saja dengan sangat mudah memulihkan dan mengembalikan kembali file kamu yang terhapus. Namun tentu saja kamu akan memerlukan ruang penyimpanan tambahan untuk menginstall aplikasi ketiga ini.

Terkait:  Cara Download Tema LINE Gratis

Aplikasi ketiga ini biasanya penyedia jasa rcovery atau pemulihan file dokumen maupun foto. Dan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

  • DisDigger
  • Undeleter Recover Files & Data
  • Deleted Photo Recovery Workshop
  • Deleted Photo Recovery
  • Restore Image
  • Recover Deleted Photos by Dumspter
  • Dan beberapa aplikasi lainnya

Untuk memulihkan kembali file kamu yang terhapus di android kamu dengan menggunakan aplikasi ini tentu saja akan sangat mudah. Dan kamu bisa mengembalikan file yang terhapus di android kamu dengan mengikuti langkah ini:

  • Yang pertama tentu saja kamu harus download dan install terlebih dahulu salah satu aplikasi diatas di Play Store kalian
  • Jika sudah terinstall, kamu bisa membuka aplikasinya
  • Cari folder file kalian yang terhapus
  • Jika sudah maka kamu akan disuruh untuk menunggu proses scan berlangsung
  • Jika sudah berhasil discan maka kamu bisa memilih tombol “Restore”
  • Dan tunggu beberapa saat maka file kamu yang terhapus tadi akan kembali ke folder semula

Memulihkan File Terhapus di PC/Laptop

Nah selain di gadget, kamu juga bisa mengembalikan file kamu yang terhapus tadi dengan menggunakan PC atau laptop kamu. Tentu saja jika kamu mengggunakan PC akan lebih lebar tampilan layarnya dan semua akan terlihat dengan jelas.

Namun hampir sama dengan mengembalikan file yang terhapus di android, jika di laptop kamu juga akan memerlukan aplikasi tambahan. Dan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan dibawah ini:

  • Recuva
  • Dr.Fone
  • Dan beberapa aplikasi lainnya

Untuk menggunakan aplikasi ini dan memulihkan file kamu yang terhapus melalui PC atau laptop juga sangat mudah dan kamu tinggal mengikuti beberapa langkah ini:

  • Tentu saja yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstall terlebih dahulu aplikasi tambahan tersebut
  • Jika sudah berhasil kamu install, kamu bisa menghubungkan gadget kamu denga PC atau laptop
  • Pilih jenis file yang akan kamu kembalikan, atau kamu juga bisa memilih “All File”
  • Kemudian pilih lokasi penyimpanan yang kamu inginkan
  • Centang Enable Deep Scan apabila kamu ingin memindai lebih jauh
  • Klik start untuk memulai pencarian file dan tunggu
  • Saat file sudah ditemukan kemudian centang file tersebut dan klik kanan serta pilih Recover Checked
  • Tentukan lokasi penyimpanan dan klik ok
  • Terakhir pindahkan file dari komputer ke android
Terkait:  Cara Melacak No HP Iseng

Mengembalikan Data Game yang Hilang

Pernahkah kamu kehilangan data game yang sudah disimpan / saved game? Pasti akan sangat menjengkelkan ketika kehilangan data game yang sudah tersimpan. Terlebih lagi jika permainan sedang asyik-asyiknya. Sangat malas jika harus mengulangnya dari nol. Namun ada juga cara untuk mengembalikan data game yang hilang lho.

Bagaimana caranya? Jika kamu pengguna Android yang sangat aktif bermain game, pasti kamu memiliki aplikasi Google Play Games. Dengan aplikasi Google Play Games ini diklaim dapat melakukan sinkronisasi data yang ada di HP dengan data game yang tersimpan. Namun, terkadang cara ini tidak begitu akurat. Jadi, pastikan kamu melakukan penyimpanan data game di Cloud Storage juga.

Memulihkan File di Googla Drive

Pada dasarnya, mengembalikan file terhapus di Google Drive tak berbeda jauh dari Google Photos. Kamu cukup masuk ke aplikasi Google Drive, lalu pilih opsi Bin. Setelah itu, pilih file yang dikembalikan dan ketuk ikon “restore” untuk membawa file tersebut kembali muncul.

Pada Google Drive, file juga disimpan selama beberapa waktu sebelum benar-benar dihapus dari “tempat sampah”. Hanya saja, Google Drive tidak menyebutkan secara spesifik waktu penyimpanan file yang sudah ada di Bin.

Dengan Dumpster – Rcycle Bin Android

Dumpster adalah aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini berguna untuk membuat semacam recycle bin seperti yang biasanya ada di komputer. Jadi, kapanpun kamu nggak sengaja menghapus foto, video, atau file berharga lainnya, kamu bisa langsung mengembailkannya karena file itu masih tertampung di aplikasi ini.

Bukan hanya foto dan video saja, Dumpster bahkan memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan aplikasi yang pernah terinstal di HP tersebut jika masih ada di rycle bin buatannya.

Terkait:  Cara Cek Garansi Samsung

Demikian tadi beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di android yang bisa kamu coba jika kamu mengalami masalah yang serupa. Bagaiman? Beberapa trik begitu mudah untuk dipahami dan dipraktekkan bukan? Tentu saja kamu bisa memilih trik yang mudah menurut kamu dan langsung mencobanya.

Related posts