Cara Kredit Motor Bekas

Cara kredit motor bekas merupakan pilihan orang banyak yang tertarik ingin mempunyai motor tapi dana yang dimiliki tidak mencukupi untuk pembelian motor bekas. Biasanya pemberian kredit dilakukan oleh bank atau leasing. Kamu dapat mengajukan angsuran mobil bekas yang nilainya lebih rendah dari pembelian motor baru secara kredit.

Adapun alasan memilih motor bekas sendiri harganya lebih terjangkau dibandingkan motor baru. Karena harga motor yang sudah digunakan biasanya akan mengalami penyusutan harga. Inilah yang membuat harga jual motor lebih rendah. Selain itu, Kamu juga harus memilih asuransi motor supaya tidak merugi saat terjadi resiko.

Penyusutan harga motor biasanya mengalami penurunan sekitar 20% – 30% per tahun. Inilah alasan kenapa cara kredit motor bekas banyak dipertimbangkan, karena alasan lebih hemat budget.

Cara Kredit Motor Bekas

Cara Kredit Motor Bekas
Bagaimana Cara Kredit Motor Bekas?

Pengajuan Kredit Motor Bekas

Ada 2 lembaga keuangan dengan layanan kredit motor, diantaranya bank dan leasing. Dimana karakter keduanya berbeda, dimana leasing menawarkan kemudahan tahapan permohonan kredit namun menetapkan bunga lebih tinggi daripada bank. Namun sebaliknya, walaupun permohonannya memerlukan waktu yang lebih lama dan lebih rumit namun bunga yang diberikannya lebih ringan dibandingkan leasing.

Entah itu pihak bank maupun leasing, telah bekerjasama dengan berbagai showroom atau dealer untuk pembiayaan cicilan motor bekas maupun baru. Namun tak menutup kemungkinan bila mengajukan permohonan cicilan dari pengguna secara langsung dan bukan dari pihak penjual motor bekas.

Kamu dapat menentukan lembaga pembiayaan sendiri yang dipilih. Dapat melalui bank atau  leasing. Setiap lembaga pembiayaan memiliki beberapa persyaratan yang berbeda.

Persyaratan Kredit Motor Bekas

Berikut persyaratan cara kredit motor bekas yang harus Kamu ketahui :

  • Harus Warga Negara Indonesia yang berdomisili dan tinggal di Indonesia.
  • Minimum berusia 21 tahun dan maksimum berusia 55 tahun.
  • Mempunyai pekerjaan tetap dan penghasilan yang tetap setiap bulan.

Persyaratan Dokumen Kredit Motor Bekas

Sementara, persyaratan dokumen untuk kredit motor bekas yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  • Fotokopi dokumen identitas diri berupa KTP pemohon paling tidak 21 tahun atau sudah menikah.
  • Bukti pembayaran tagihan rekening telepon atau listrik 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi KK.
  • Slip gaji maupun bukti mutasi rekening selama 3 bulan terakhir.
  • Bayar DP atau uang muka senilai  20-30%/
  • Usia maksimal ketika kredit lunas ialah 55 tahun.

Tahapan Cara Kredit Motor Bekas

Jika Kamu ingin menyicil motor bekas, ada beberapa tahapan cara kredit motor bekas berikut :

1. Cerdas Sebelum Membeli

Berbeda dengan motor baru, biasanya motor bekas sudah dipakai pemilik sebelumnya. Oleh karena itu, pemilihannya juga harus benar-benar cermat. Hal ini dikarenakan akan ada banyak komponen yang mesti diganti bahkan tak jarang, Kamu harus segera menyervisnya. Maka telitilah sebelum Kamu membeli supaya kondisi motor yang Kamu pilih lebih baik.

Cara yang dapat Kamu lakukan ialah dengan cara memeriksa kondisi motor yang sudah dipilih, entah itu dilihat dari bodinya maupun pada bagian mesinnya. Jika dibutuhkan, Kamu bisa mencoba mengendarainya. Selain itu jangan lupa tanyakan kekurangan motor tersebut.

2. Pilih Kreditor Bereputasi Baik

Cara kedit motor bekas lainnya ialah pilih kreditor yang bereputasi baik. Sebenarnya pilihan yang tepat jika kredit kendaraan bermotor dilakukan langsung di dealer maupun lembaga terperaya, namun yang terpenting ialah perhatikan kredibilitasnya. Jangan langsung tergoda oleh iming-iming cicilan rendah namun di sisi lain menawarkan bunga yang sangat tinggi.

Sekarang ada banyak sekali layanan cicilan motor bekas yang angsurannya lebih ringan. Kamu bisa memilih kreditor dengan bijak untuk melunasi kendaraan bermotormu dan pastikan untuk menyesuaikan kondisi finansialmu.

3. Layanan Kredit Fix Rate

Layanan kredit fix rate mempunyai suku bunga ciiclan yang sudah ditetapkan dari awal atau sudah jelas dan tak mengalami perubahan. Apabila menggunakan sistem Fix kredit, Kamu tak perlu lagi mengikuti fluktuasi suku bunga perbankan. Karena suku bunga yang selalu berubah naik turun dapat menjadi hambatan untuk kondisi finansialmu sekarang ini. Biasanya kredit fix rate ini, suku bunganya sudah ditentukan pihak kreditor. Kamu bisa membayar angsuran yang sama per bulannya.

4. Pertimbangkan Kondisi Finansial

Apapun barang yang akan Kamu beli, seharusnya menyesuaikan kondisi finansial. Jika Kamu bisa melakukan cicilan motor bekas dalam waktu cepat, pasti akan lebih ringan. Jumlah DP-nya juga bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Selain itu, pertimbangkan pula potensi finansialmu beberapa tahun yang akan datang. Jangan sampai terlilit hutang yang tak dapat Kamu lunasi.

Sebab salah satu alasan kredit motor bekas ialah untuk lebih meringankan beban keuanganmu untuk membeli motor. Pembelian motor secara kredit biasanya harus disesuaikan kebutuhan dan kondisi finansial. Melalui berbagai macam opsti yang dapat dipilih, Kamu harus mencermatinya secara bijak supaya kredit motor justru tidak merugikan. Namun sebaliknya dapat memberi manfaat bagi pelakunya.

5. Tentukan Tujuanmu Membeli Motor Bekas

Cara kredit motor bekas lainnya ialah pastikan untuk mengetahui tujuanmu membeli motor bekas. Apakah tujuannya sebagai transportasi yang dibutuhkan sehari-hari, guna keperluan usaha, atau hanya sebagai koleksi saja. Pastikan untuk tidak berlebihan dan tetap sesuaikan dengan dana yang Kamu miliki.

6. Cari dan Pilih Motor Bekas di Showroom/Dealer Terpercaya

Kita tahu bahwa ada banyak dealer yang menjual produk kendaraan bermotor yang sering kita jumpai. Ada banyak dealer menawarkan promo menarik, diantaranya kredit motor dengan harga rendah. Jadi intinya saat Kamu memutuskan melakukan pembelian motor bekas di showroom atau dealer motor, pastikan untuk mengenal kekurangan dan kelebihan dealer tersebut.

Itulah pentingnya mengetahui harga jual pasar dari kendaraan bermotor yang Kamu incar. Seringali ada beberapa dealer yang kerap bermain harga dengan menaikkan harga yang terlalu tingi. Di samping itu, jangan tergiur oleh penawaran promo menarik yang ditawarkan dealer kendaraan bekas. Meskipun demikian, pembelian motor bekas secara kredit di dealer dirasa cukup menguntungkan, karena selain menawarkan program cicilan, dealer juga kerap menawarkan jasa pengurusan dokumen dan surat-surat resmi.

7. Surat-Surat Lengkap

Cara kredit motor bekas selanjutnya ialah pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan. Setiap kendaraan bermotor, seperti sepeda motor harus dilengkapi oleh surat-surat dan dokumen resmi dari kepolisian, seperti STNK dan BPKB. Sebaiknya jangan mau menerima dna mengambil motor yang BPKB atau STNK-nya dijaminkan.

Kamu juga arus memastikan apakah KTP masih berlaku dan bisa dipakai untuk balik nama ataukah tidak. Disamping itu, Kamu juga bisa mengecek keaslian STNK dan BPKB motor sebelumnya. Jika STNK atau BPKB hilang, sebaiknya pastikan pemilik motor tersebut mempunyai surat keterangan tanda kehilangan STNK atau BPKB.

Salah satu keunggulan memilih cara kredit motor bekas ialah proses pengurusan pembelian sepeda motor yang bekas sangat sederhana. Kamu cukup mengeluarkan dana senilai harga motor tanpa perlu mengurus surat-surat dan dokumen kelengkapannya. Berbeda dengan pembelian motor baru yang tetap harus memperhatikan berkas-berkas kelengkapan kendaraan tersebut.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019