Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Bagaiman cara mengatasi download tertunda di Play Store? Tentu saja akan sedikit menyebalkan jika kita mendownload aplikasi dan tiba-tiba mengalami download tertunda. Namun kamu jangan khawatir karena kamu masih bisa mengatasi masalah tersebut dengan trik yang sederhana namun jitu.

Google Play Store merupakan aplikasi bawaan android sebagai penyedia layanan tempat untuk melakukan download dan installing berbagai aplikasi di sistem android kamu. Dengan berbagai kemudahannya, bukan berarti layanan ini tidak memiliki masalah. Salah satu yang umum ditemui adalah download tertunda di Play Store yang bikin banyak orang kebingungan. Namun kamu tidak perlu merasa khawatir.

Jika kamu pernah mengalami download tertunda di Play Store kamu, tentunya kamu harus memahami penyebab terjadinya download yang tertunda. Mulai dari koneksi internet kamu yang tidak stabil, ruang penyimpanan kamu yang terlalu penuh, atau bahkan bisa saja karena bug yang muncul pada Play Store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store
Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Pernahkah kamu mengunduh aplikasi dan tiba-tiba tertunda? Tentu download yang tertunda akan membuat kita merasa sedikit sebal. Tapi bagaimana cara mengatasi download tertunda di Play Store? Ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Download dengan Konesi Wi-Fi

Cara mengatasi download tertunda di Play Store adalah dengan mencoba mengunduh aplikasi menggunakan jaringan Wi-fi. Terkadang masalah yang sering terjadi yang menyebabkan download kamu tertunda adalah koneksi internet. Dan tidak jarang juga jaringan seluler kita sering tidak stabil.

Terkait:  Cara Login Google Play Store

Maka dari itu kamu bisa mencoba trik ini dengan mengunduh aplikasi di Play Store menggunakan konseksi Wi-fi. Namun jika kamu merasa jaringan seluler kamu lancar, kamu juga bisa menggunakannya. Tapi perlu diingat, kamu memerlukan paket internet unlimited agar tidak membebankan kamu saat proses download di Play Store.

Update Play Store

Jika kamu mengalami download tertunda di Play Store, mungkin saja hal itu disebabkan oleh versi dari Play Store yang sudah sedikit usang. Dan kamu tentu perlu melakukan update ke versi terbarunya untuk menghindari bug yang muncul pada aplikasi versi yang lama.

Dan mungkin saja karena Play Store kamu dalam versi yang terlalu lama menyebabkan adanya bug muncul dan membuat download kamu menjadi tertunda. Untuk hal itu kamu perlu update Play Store kamu dengan mengikuti langkah berikut:

  • Yang pertama buka aplikasi Play Store kamu
  • Kemudian pilih ikon titik tiga di pojok kiri atas
  • Jika sudah kamu pergi ke menu “Setelan”
  • Silahkan kamu gulir ke bawah sampai menemukan versi Play Store kamu
  • Jika sudah kamu bisa klik beberapa kali pada bagian versi Play Store untuk memunculkan pilihan update

Install Ulang Google Play Store

Jika download aplikasi kamu masih mengalami tertunda, maka kamu bisa mencoba untuk menginstall ulang. Dengan menginstall ulang bisa memberikan kesempatan untuk memulai ulang proses download dan juga proses dalam Play Store. Namun proses ini akan sedikit memakan waktu kamu karena harus uninstall terlebih dahulu dan akan memulai ulang proses download.

Cara Install ulang Google Play Store adalah dengan berikut ini :

  • Pastikan gadget kamu sudah terhubung ke jaringan internet / Wi-Fi yang kuat
  • Di ponsel Android, buka aplikasi Setelan / Pengaturan / Settings
  • Masuk ke menu Aplikasi / Apps / Manage Apps, akan tampil semua aplikasi
  • Cari aplikasi Google Play Store melalui menu pencarian
  • Di bagian kanan atas layar, pilih menu titik tiga lalu pilih Hapus Instalasi Pembaruan / Uninstall Updates
  • Jika muncul notifikasi apakah ingin mengubah aplikasi Play Store kembali ke versi pabrik, Pilih OK
  • Buka kembali aplikasi Google Play Store & coba download lagi
Terkait:  Cara Menghapus Akun Mobile Legend

Hapus Cache Playstore

Cache adalah file sampah yang tersimpan di sebuah aplikasi. Jika kamu tidak membersihkannya maka semakin lama ukurannya akan semakin besar. Dan pastinya akan semakin membuat performa aplikasi menjadi menurun. Begitu juga pada Play Store. Jika kamu membiarkan cache terlalu lama pada aplikasi ini dan tidak membersihkannya maka itu bisa menjadi penyebab error atau Play Store tidak bisa download.

Jadi tidak ada salahnya untuk mengatasi Play Store yang tidak bisa download adalah dengan menghapus cachce. Selain untuk memperlancar aplikasi, menghapus cache juga akan menambah ruang penyimpanan kamu sedikit lebih lega. Untuk menghapus cache kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Yang pertama kamu silahkan pergi ke menu Setting di HP kamu
  • Jika sudah pergi ke menu “Aplikasi”
  • Kemudian pilih aplikasi “Play Store”
  • Kemudian kamu bisa pilih “Hapus Data” untuk menghapus cache pada aplikasi ini

Cek Kapasitas Penyimpanan Kamu

Bisa saja proses download kamu mengalami penundaan karena masalah penyimpanan kamu yang terlalu penuh. Tidak sedikit yang mengalami download tertunda karena kapasitas memori yang tidak memadai. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk mengecek ruang penyimpanan kamu apakah masih ada ruang kosong disana atau sudah terlalu penuh. ‘

Jika ruang penyimpanan kamu terlalu penuh, tentu saja kamu perlu melakukan hal yaitu membersihkan atau memberikan ruang penyimpanan kamu sedikit lebih lega agar proses download di Play Store menjadi lancar. Kamu bisa mengecek ruang penyimpanan kamu dengan cara:

  • Yang pertama silahkan kamu pergi ke “Setting”
  • Jika sudah kamu cari dan pilih “Perawatan Perangkat”
  • Kemudian kamu pilih “Penyimpnan”
  • Maka kamu akan ditampilkan informasi penyimpanan kamu baik internal maupun eksternal yang ada di memori kamu
Terkait:  Cara Install Google Play Store

Update Sistem Android

Errornya sebuah aplikasi juga bisa disebabkan oleh sistem yang sudah terlalu lama dan perlu pembaruan. Tidak terkecuali Play Store, kamu bisa mengatasi Play Store yang tidak bisa download dengan memperbarui sistem android kamu. Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi download tertunda di Play Store adalah dengan melakukan update sistem android kamu.

Lakukan update sistem berkala untuk mengoptimalkan kinerja gadget kamu. Dan mengatasi bug-bug yang mungkin akan terjadi pada sebuah aplikasi. Kamu bisa meng-update dengan cara berikut ini:

  • Yang pertama kamu ke menu “Setting”
  • Jika sudah, cari dan pilih menu “Tentang Ponsel”
  • Kemudian kamu ketuk “Perbarui Sistem”

Bagaimana? Cara mengatasi download tertunda di Play Store sangatlah mudah kan? Kamu bisa mencoba beberapa trik tadi untuk mengatasi masalah yang sedang kamu alami dengan proses download aplikasi di Play Store.

Related posts