Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengembalikan chat whatsapp yang hilang? Mungkin kamu secara sengaja atau tidak menghapus pesanmu. Dan kamu ingin memulihkan chat whatsapp karena berisi pesan yang penting.

Dalam chat whatsapp kamu terkadang berisi pesan yang penting yang perlu kamu simpan. Namun terkadang kamu tidak sengaja ikut menghapus sebagian chat yang penting di gadget kamu. Namun tenang saja, kamu masih ada beberapa cara memulihkan chat whatsapp yang terhapus.

Untuk menghindari adanya pesan yang hilang akibat tidak sengaja menghapusnya. Kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan dari Whatsapp dengan membackup seluruh datanya di google drive. Jadi saat kamu kehilangan sebagian chat whatsapp kamu masih bisa memulihkannya dengan mudah. Dan lakukan backup secara rutin agar kamu menghindari hilangnya chat dan bisa memulihkannya.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang
Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Jika kamu merasa chat whatsapp kamu hilang. Entah itu kamu sengaja menghapusnya ataupun kamu tidak sengaja menghapusnya. Dan kamu bingung cara mengembalikan chat whatsapp kamu yang hilang, kamu masih bisa mengembalikannya dengan metode yang sederhana yang bisa kamu coba.

Mengembalikan Chat dengan Google Drive

Cara mengembalikan chat whatsapp yang hilang jika kamu ingin mengembalikannya, kamu bisa menggunakan Google Drive untuk memulihkannya. Cara ini termasuk sangat sederhana karena pesan chat kamu akan segera dipulihkan secara otomatis. Namun kamu harus memastikan dahulu bahwa kamu telah mencadangkan semua chat whatsapp kamu ke akun google drive. Inilah cara mencadangkan chat whatsapp :

  • Yang pertama silahkan kamu buka aplikasi Whatsapp kamu
  • Jika sudah kamu bisa pergi dan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih menu “Setting” kemudian pilih “Chat”
  • Pada menu “Chat” akan banyak pilihan menu lainnya, dan silahkan kamu pilih “Chat Backup”
  • Klik pada Backup to Google Drive dan pilih frekuensi backup data yang kamu inginkan atau klik langsung pada
  • Backup untuk segera melakukan backup data
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih sebuah akun Google yang kamu gunakan untuk mem-backup riwayat chatting di Whatsapp
  • Lalu, klik pada Backup untuk memilih jaringan yang ingin kamu gunakan untuk melakukan proses backup.
Terkait:  Cara Membuat Status WhatsApp

Nah, jika kamu sudah mencadangkan seluruh pesan dan media kamu. Kamu bisa sedikit lebih tenang karena sewaktu-waktu jika chat whatsapp kamu hilang, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah. Untuk mengembalikan chat whatsapp yang hilang menggunakan google drive ini gampang banget, ikuti langkah berikut ini:

  • Yang pertama kamu bisa Uninstall dahulu atau kamu bisa menghapus seluruh data Whatsapp agar kamu bisa Logout dari akun whatsapp kamu
  • Jika kamu uninstall whatsapp berarti kamu perlu untuk download lagi di Playstore ataupun App Store kamu
  • Jika sudah kamu kembali lagi ke Whatsapp dan lakukan Login menggunakan nomor HP kamu
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk “Restore” atau “Pulihkan” melalui Google Drive. Iyakan perintah tersebut dan klik Next
  • WhatsApp akan mengembalikan semua chat yang ada di file backup, termasuk yang telah terhapus olehmu

Memulihkan Chat Whatsapp dengan File Backup

Cara termudah untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus adalah menggunakan file backup. Aplikasi tersebut menyediakan beberapa pilihan backup, yaitu setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan tidak sama sekali.

Tempat backup pun bervariasi. Namun biasanya untuk HP Android, WhatsApp menyetor file ke Google Drive. Sementara untuk iPhone, kamu bisa backup ke iCloud. Nah, sekarang coba lihat pengaturan backup kamu. Masuklah ke Settings > Chats > Chat backup. Jika chat yang terhapus masuk ke dalam masa backup terakhir, artinya kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

Menggunakan Data Whatsapp

Nah cara mengembalikan chat whatsapp yang hilang yang terakhir adalah dengan metode berikut ini. Mungkin akan sedikit rumit tapi kamu bisa mengikuti langkahnya. Aplikasi whatsapp ternyata secara default selalu membuat salinan chat di penyimpanan internal gadget kita. File itu selalu dibuat setiap hari pukul 02:00 dini hari. Jadi kamu masih bisa memulihkan chat whatsapp yang terhapus walaupun kamu belum membackupnya. Ikuti langkah berikut ini:

  • Yang pertama silahkan kamu masuk ke File Manager di HP, kemudian masuk ke WhatsAppp > Database folder
    Pilih folder “msgstore.db.crypt12”, ubah namanya menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”. Folder tersebut berisi backup terakhir yang dilakukan oleh WhatsApp
  • Di dalam folder tersebut terdapat banyak file backup dengan nama “msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12”. Pilih yang paling baru dan ubah namanya menjadi “msgstore.db.crypt12”
  • Bukalah Google Drive dan hapus file backup WhatsApp yang tersimpan di sana. Dengan begitu, aplikasi dipaksa untuk memulihkan backup pada penyimpanan lokal
  • Uninstall WhatsApp dan install lagi. Saat muncul perintah untuk “Restore” atau “Pulihkan” chat, aplikasi akan mengambil file dari HP kamu
  • Klik Next atau Restore, dan chat yang terhapus akan kembali lagi
Terkait:  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

Demikian tadi beberapa cara mengembalikan chat whatsapp yang hilang yang bisa kamu coba. Jika kamu ingin memulihkan chat whatsapp yang terhapus secara sengaja maupun tidak kamu bisa mencoba metode tersebut. Jangan khawatir dulu jika chatmu hilang, tapi cobalah untuk memulihkannya.

Related posts