Cara Cek Identitas Kartu Indosat

Cara Cek Identitas Kartu Indosat

Bagaimana cara cek identitas kartu Indosat? Kartu SIM sebagai perangkat utama untuk berkomunikasi baik berupa SMS, telpon, atau internet sekarang ini sangat banyak pilihannya. Bahkan untuk satu provider pun bisa mengeluarkan lebih dari 1 kartu dengan keunggulannya masing-masing.

Indosat adalah provider besar yang sudah cukup lama eksis di Indonesia. Saat ini produk yang paling diunggulkan oleh indosat adalah IM3 Ooredoo, yang memungkinkanmu meraih banyak bonus baik itu bonus dalam bentuk SMS, kuota telpon, dan juga bonus internet.

Read More

Persaingan antar provider menjadi makanan sehari-hari untuk merebut pangsa pasar, tujuannya supaya lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang tertarik memakai produknya. Namun, bagi Indosat tentu hal ini tidak terlalu sulit sebab namanya saja sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Memilih kartu Indosat sebagai penghubung untuk berkomunikasi via jaringan seluler merupakan langkah ideal bagi Kamu. Mengingat Indosat menawarkan jaringan yang kuat dan telah menyebar hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Tak heran masyarakat pedesaan sudah familiar dengan kartu Indosat yang menawarkan banyak pilihan paket Indosat.

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan kartu indosat, hal pertama yang wajib dilakukan adalah dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Pendaftaran juga penting bagi para pengguna lama.

Hal tersebut sudah dihimbau oleh Pemerintah, baik pengguna baru maupun lama dari seluruh provider harus melakukan registrasi, dengan merujuk pada Peraturan Menkominfo No. 12/2016. Selain itu juga, revisi dari Permen tersebut yang menyatakan bahwa registrasi wajib dilakukan bagi setiap pengguna kartu SIM di Indonesia.

Itulah yang melatarbelakangi pengguna lama terutama yang sudah memiliki kartu SIM dibawah tahun 2016 untuk melakukan registrasi. Adapun syarat utama mendaftar kartu SIM adalah dengan menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Dengan melakukan registrai, maka pelanggan akan mendapatka akses penuh untuk menikmati berbagai macam layanan dan fitur yang sedang up to date pada provider yang digunakan.

Cara Cek Identitas Kartu Indosat

Cara Cek Identitas Kartu Indosat
Tutorial Cek Identitas Kartu Indosat

Mengecek Identitas Kartu Indosat

Karena kamu diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu SIM berdasarkan Peraturan Menteri yang telah disebutkan di atas, maka bisa dipastikan setiap kartu SIM sudah memiliki identitas masing-masing. Untuk kartu SIM yang Kamu daftarkan, tentu saja atas namamu sendiri.

Jika ada seseorang yang meminta bantuan, melakukan pengecekan kepemilikan kartu SIM yang dimilikinya bisa dilakukan tanpa perlu pergi ke gerai provider terdekat. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini dengan benar. Jika kamu juga penasaran ingin mencobanya pada SIM Card milikmu untuk memastikan tidak ada kesalahan pada angka NIK yang tertera di KK atau KTP, Kamu bisa mencoba cara cek identitas kartu Indosat dibawah ini :

1. Cek Identitas Kartu Indosat Memakai Pesan Singkat (SMS)

Cara cek identitas kartu Indosat ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu mengakses aplikasi perpesanan atau SMS saja untuk melakukannya. Adapun langkah-langkahya bisa kamu ikuti di bawah ini :

  • Masuk ke aplikasi perpesanan.
  • Ketikkan pesan ke nomor 4444.
  • Selanjutnya masukkan pesan singkat pada kolom perpesanan dengan mengetik INFO.
  • Lalu kirimkan pesan tersebut.
  • Ada juga format SMSnya, dengan mengetikkan : INFO#NO_HP lalu kirimkan ke nomor 4444. Sebagai contoh untuk format ini adalah : INFO#085678*****.
  • Tunggu balasan dari nomor 4444 dimana balasannya adalah informasi identitas dari nomor SIM yang kamu gunakan untuk mengirim pesan tersebut.

Cara ini sangat efektif dan terbukti berhasil jika ingin mencoba cek kartu Indosat dengan mudah. Balasan dari nomor 4444 berisi informasi yang menyatakan bahwa nomor tersebut telah terdaftar dengan menggunakan NIK 32***********.

Apabila ternyata nomor kamu belum terdaftar, biasanya isi SMS yang akan kamu terima dari nomor 4444 adalah himbauan untuk segera registrasi berdasarkan data kependudukan. Untuk kasus seperti ini, biasanya terjadi pada kartu lama indosat, karena untuk kartu baru bisa dipastikan semuanya sudah melakukan registrasi terlebih dahulu.

2. Cek Identitas Kartu Indosat Lewat Situs Resmi

Cara cek identitas kartu Indosatberikutnya adalah dengan menggunakan situs resmi dari Indosat. Namun untuk melakukannya, kamu wajib mengaktifkan internet terlebih dahulu karena nantinya akan membuka alamat website Indosat. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Pastikan Kamu mempunyai kuota internet untuk mengecek kartu indosat secara online.
  • Buka browser yang biasa dipakai, baik di hp atau di laptop tergantung kebutuhan.
  • Buka link : myim3.indosatooredoo.com/index di web browser perangkat.
  • Tunggu beberapa saat, hingga permintaan membuka situs ini direspon oleh jaringan.
  • Setelah itu, kamu akan langsung mengakses halaman utama web tersebut, dari sini Kamu langsung bisa mengecek identitas kartu tanpa perlu log in terlebih dahulu.
  • Pengecekan melalui situs web IM3 adalah pengecekan berbasis MSISDN berdasarkan NIK dan KK. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu kedua dokumen tersebut untuk memudahkan pengisian di kolom isian yang tersedia di halaman depan situs IM3.
  • Ada 2 kolom yang perlu kamu isi, kolom pertama kamu wajib memasukkan nomoi NIK atau nomor e-KTP miikmu, sedangkan pada kolom kedua adalah kolom untuk memasukkan nomor KK.
  • Isilah dengan benar setiap angkanya jangan sampai ada yang salah, karena salah satu angka saja akan berpengaruh pada hasilnya nanti.
  • Dibawah kedua kolom isian NIK dan kolom KK, ada kotak persegi panjang yang didalamnya bertuliskan ‘I’m not a robot’. Silahkan centang di kolom yang telah tersedia untuk verifikasi pembuktian bahwa yang melakukan pengecekan MSISDN adalah manusia.
  • Setelah itu, klik tombol PERIKSA yang berwarna merah. Jika kamu ingin membatalkan pengecekan MSISDA, klik tombol BATAL yang berwarna abu tepat disamping tombol PERIKSA.
  • Ketika halaman baru terbuka, kamu akan mendapatkan informasi mengenai nomor yang terdaftar berdasarkan nomor NIK dan nomor KK yang diisikan sebelumnya.

Itulah cara kedua cek kartu indosat yang bisa kamu lakukan dengan mudah, Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

3. Cek Identitas Kartu Indosat Melalui MyIM3

Untuk melakukan pengecekkan kartu Indosat apakah sudah di registrasi atau belum, selain dua cara di atas, kamu juga bisa melakuakn pengecekkan dengan menggunakan aplikasi MyIM3. Sepertinya untuk aplikasi ini wajib dimiliki oleh setiap pengguna IM3, karena banyak sekali fitur-fitur sekaligus penawaran promo yang bisa kamu didapatkan didalamnya.

Kembali pada pengecekkan kartu Indosat, untuk melakukan pengecekkan, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Bagi yang belum memiliki aplikasi MyIM3, silahkan terlebih dahulu download aplikasinya pada Play Store maupun pada App Store sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.
  • Setelah melakukan instalasi aplikasi MyIM3, registrasi pada aplikasi tersebut kemudian log in dengan mengikuti petunjuk yang disediakan.
  • Untuk registrasi, kamu perlu verifikasi kartu dimana verifikasi tersebut akan dikirimkan melalui kode SMS.
  • Ketika sudah masuk beranda pada aplikasi MyIM3, kamu klik menu profil yang berada di sebelah atas bagian pojok kiri.
  • Kemudian klik status, disana kamu akan mendapatkan informasi mengenai registrasi kartu apakah sudah terdaftar atau belum.

Demikian ulasan tentang cara cek identitas kartu Indosat dengan mudah demi memastikan apakah nomor NIK dan KK-mu sudah benar ataukah belum!

 

Related posts