Cara Kredit Emas di Pegadaian

Diantara banyaknya jenis instrumen investasi yang ada, emas adalah salah satu instrumen investasi yang paling menjanjikan dan banyak diminati kalangan masyarakat. Apalagi kita tahu jika harga emas selalu meningkat dan tidak dipengaruhi oleh inflasi. Menariknya, banyak lembaga keuangan yang ikut memberikan kemudahan berinvestasi baik lewat tabungan emas maupun kredit emas. Salah satunya adalah cara kredit emas di Pegadaian.

Pilihan Kredit Emas di Lembaga Pegadaian

Ada banyak pilihan investas yang dapat Kamu coba, seperti investasi saham, properti, reksadana dan emas. Diantara instrumen investasi tersebut, emas adalah salah satu instrumen investas yang pembeliannya snagat mudah. Bahkan kini Kamu tidak hanya bisa membeli emas di toko emas secara tunai. Kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk memiliki emas dengan cepat melalui sistem kredit.

Kamu bisa memlih tempat untuk kredit emas di Pegadaian. Pegadaian telah menawarkan simulasi kredit bagi para nasabahnya yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas. Kamu akan mendapatkan kemudahan dengan cara menentukan besarnya kemampuan untuk pembayaran kredit, sehingga Kamu tidak merasa keberatan untuk memenuhi angsuran per bulannya.

Cara Kredit Emas di Pegadaian

Cara Kredit Emas di Pegadaian
Kredit Emas di Pegadaian

Tahapan Kredit Emas di Pegadaian

Jika Kamu ingin mencoba cara kredit emas di Pegadaian untuk menghimpun kekayaan dengan berinvestasi emas, silahkan ikuti panduan cara kredit emas di Pegadaian :

1. Buka Tabungan Emas

Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan ialah buka rekening tabungan untuk investasi emas di cabang Pegadaian tempat Kamu tinggal. Kamu tinggal melampirkan fotokopi KTP yang masih aktif dan berlaku untuk membuka tabungan emas. Lakukan pengisian formulir yang sudah tersedia dari Pegadaian untuk membuka tabungan emas. Selanjutnya bayar administrasi Rp. 10 ribu dan biaya untuk penitipan emas hingga 12 bulan senilai Rp. 30 ribu saja. Kamu bisa mulai menabung emas dengan kelipatan mulai dari 0,01 gram yang dihargai Rp. 5 ribuan saja.

2. Kredit Emas Melalui Emasku

Di samping menabung emas, Kamu juga bisa melakukan cara kredit emas di Pegadaia dengan mencoba layanan produk Emasku. Dari sini, Kamu dapat memiliki emas berbentuk logam mulia dengan kadar 24 karat secara cepat dan mudah. Bahkan Kamu juga akan mendapatkan perlindungan asuransi.

Hal ini dikarenakan, Kamu bisa berinvestasi emas mulai dari harga Rp. 150 ribu, yang terdiri atas Rp. 100 ribu untuk DP/uang muka emas 1 gram dan Rp. 50 ribu digunakan untuk asuransi. Asuransi tersebut melindungi para investor jika mengalami kecelakaa tetap akibat kecelakaan, kecelakaan diri dan meninggal dunia. Sebab nantinya, para nasabah akan mendapatkan biaya pertanggungan hingga Rp. 30 juta.

Jika Kamu tertarik dengan cara kredit emas di Pegadaian melalui produk Emasku, maka Kamu harus menyertakan fotokopi SIM/KTP/Paspor maupun identita diri yang berlaku. Di samping itu, Kamu tinggal pilih layanan paket. Sebab selain paket Rp. 150 ribu, harga paket investasi emas yang ditawarkan Pegadaian lainnya mulai dari Rp. 300 ribu hingga Rp.1.250.000.

Setelah menentukan  paket emas yang akan Kamu ambil, cukup lakukan akad untuk cicilan/kredit emas. Kamu diharuskan membayar kredit emas dengan masa angsuran 12 kali, dan dapat dilakukan baik melalui transfer bank atau lewat Pegadaian. Jika cicilan sudah lunas, emas pun sudah menjadi milikmu sepenuhnya.

2. Kredit Emas di Pegadaian Melalui Mulia Arisan

Cara kredit emas di Pegadaian selanjutnya ialah melalui Mulia Arisan. Jika penghasilan yang Kamu peroleh hanya cukup memenuhi keperluan sehari-hari saja, mungkin jika ingin berinvestasi emas Kamu bisa mencoba layanan Mulia Arisan. Produk ini menawarkan kemudahan berinvestasi emas, caranya dengan memanfaatkan partner atau teman arisnamu. Dalam layanan ini, biasanya pembayarannya dapat dilakukan melalui sistem angsuran dan melayani investor yang berjumlah minimal sebanyak 6 orang.

Sebenarnya proses investasi logam mulia dengan produk Mulia Arisan tersebut sangat mudah. Investasi emas di Mulia Arisan bisa dimulai dari kadar 1 gram hingga 1 KG. Di samping itu, kamu juga akan menerima sertifikat emas. Sementara untuk pengambilan produk emas di Mulia Arisan tersebut ialah 1 keping setiap bulannya dengan uang muka sebesar 10%  dimulai sesudah angsuran kedua. Adapun uang muka sebesar 15% dapat dimulai sesudah cicilan pertama.

Syarat agar dapat berinvestasi emas di Mulia Arisan cukup menyerahkan fotokopi KTP yang masih aktif dan berlaku dari tiap-tiap anggota.

Adapun prosedur pembayaran biasanya penetapan harga Mulia Arisan tersebut dilakukan saat awal arisan. Sementara pembayaran DP atau uang muka biasanya mulai dari 10% sampai tenor pembayaran 36 bulan. Kamu bisa melakukan pembayaran, baik secara online, lewat ATM atau kantor Pegadaian.

Pilih Nabung Emas atau Kredit Emas?

Bagi Kamu yang mempunyai dana mencukupi, tentu melakukan pembelian emas berbentuk tunai tak jadi soal. Justru hal ini sangat menguntungkan, karena bisa jadi nilai investasi emas mengalami kenaikan dengan cepat. Hal ini mengingat emas merupakan bentuk investas dengan nilai yang stabil. Sehingga tak ada salahnya memilih investasi emas berjumlah cukup besar.

Dengan tingginya minat dan permintaan masyarakat pada investasi emas, mendorong Pegadaian sebagai lembaga penjualan dan gadai emas untuk menawarkan layanan ekstra. Menariknya lagi, Kamu bisa berinvestasi emas dengan cara kredit ema di Pegadaian dengan nilai angsuran cukup kecil.

Pembelian Kredit memang sangat menggiurkan, apalagi jika kita selama ini terkendala membeli atau berinvestasi emas dengan cara tunai. Kamu harus tetap pertimbangkan keputusan cicilan emas dengan matang. Hal ini dikarenakan, selain keuntungan dan kemudahan, pembelian emas berbentuk kredit akan diimbangi oleh beberapa kerugiannya. Jadi sebelum memutuskan simak keuntungan kelemahan kredit emas!

Keuntungan Kekurangan Kredit Emas

Sama seperti beli motor, Kamu juga dapat melakukan pembelian emas secara kredir. Kamu bisa memiliki emas secara cepat dengan membayar cicilan setiap bulan hingga batas waktu tertentu sesuai kesepakatan. Namun sebelumnya, simak ulasan keunggulan dan kelemahan kredit emas berikut!

Ada beberapa kelebihan yang didapat dengan kredit emas, diantaranya :

  • Kamu dapat melakukan pembelian emas saat dana terbatas.
  • Lebih leluasa melakukan pembelian emas dengan ukuran bervariasi.
  • Emas disimpan dengan aman di Pegadaian.
  • Emas yang Kamu beli dapat dijadikan jaminan ketika sedang ada kebutuhan yang mendesak.

Selain kelebihan, ada beberapa kelemahan kredit emas yang juga harus dipertimbangkan :

  • Harus membayar uang muka sebesar 20% dari total harga emas.
  • Akan dikenakan bunga kredit setiap bulannya.
  • Dikenakan biaya penalti jika Kamu melunasi kredit dengan lebih cepat.
  • Apabila Kamu gagal melulnasi kredit, emas dapat ditarik bahkan dilelang pihak Pegadaian.

Kelebihan dan Kelemahan Tabungan Emas

Selain kredit emas, Kamu juga tetap harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan tabungan emas. Sebelumnya, simak keunggulan memilih tabungan emas berikut :

  • Kamu tak perlu melakukan pembayaran DP/uang muka.
  • Nasabah tak terikat kredit, jadi bebas menabung kapan saja.
  • Kamu dapat melakukan pembelian emas minimal sebesar 0,01 gram emas.
  • Dapat dijual apabila dibutuhkan dengan jumlah minimal berat 1 gram emas.
  • Kamu dapat menjaminkan emas apabila ada kebutuhan yang mendesak.

Selain kelebihan, tabungan emas juga memiliki kekurangan/kelemahan sebagai berikut :

  • Ada kurs beli dan kurs jual.
  • Ema shanya dapat diambil apabila sudah 5 gram.
  • Akan dikenakan biaya cetak saat ingin mencetak emas.
  • Mengingat harga ema yang selalu mengalami perubahan, Kamu beli emas dengan harga pada saat itu juga.

Sesudah melihat kekurangan kelebihan cara kredit emas di Pegadaian dan nabung emas, Kamu tinggal pilih mana yang terbaik. Sebelum memutuskan, silahkan lihat kemampuan finansialmu terlebih dahulu. Tak sedikit orang berinvestasi emas dengan pembelian emas berjumlah besar serta dalam waktu lama.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019