Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri
Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Bagaimana cara mengambil uang di ATM Mandiri yang mudah? Kamu bisa mencoba menggunakan beberapa metode atau langkah yang telah kami rangkum sebelumnya untuk kamu. Silahkan kamu segera menuju ATM terdekat dan bisa langsung mencoba langkahnya.

Setiap Bank pasti akan memberikan kartu ATM kepada seluruh nasabahnya jika mereka melakukan kegiatan menabung di Bank tersebut. Tidak terkecuali Bank Mandiri sekalipun. Jika kamu menabung di Bank Mandiri, kamu akan diberikan buku tabungan, kartu ATM dan PIN kartu ATM kamu. Yang bisa berfungsi sebagai alat pengambilan uang atau tarik tunai di mesin ATM tanpa datang langsung ke Bank.

Read More

Bagaimana cara mengambil uang di Bank Mandiri? Tentu saja bagi nasabah yang baru saja memulai menabung di Bank akan sedikit kebingungan untuk cara mengambil uang di mesin ATM. Namun kamu jangan khawatir karena mengambil uang di Mesin ATM sangatlah mudah.

Tips Aman Bertransaksi di ATM Mandiri

Setelah kamu mengetahi cara mengambil uang di ATM BRI, kamu juga harus tetap selalu menjaga keamanan saat transaksi. Banyak hal atau kasus yang sering terjadi tentang kejahatan cybercrime. Jadi semakin berkembang teknologi, kita juga harus tetap waspada dan selalu menjaga diri. Biar kegiatan penarikan tunai di ATM menjadi aman dan nyaman, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Selalu jaga kerahasiaan PIN ATM kamu dan tutupi jari kamu dengan tangan pada saat input PIN di ATM
  • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
  • Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
  • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
  • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
  • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
  • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka.
  • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi
  • Mandiri Call 14000 dan minta kartu agar diblokir.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri
Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Jika kamu dalam keadaan terdesak dan ingin segera melakukan tarik tunai karena kamu kehabisan uang tunai. Kamu bisa mengikuti beberapa cara mengambil uang di ATM Mandiri yang cukup mudah dan sederhana.

1. Pergi ke ATM Mandiri Terdekat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mendatangi ATM Mandiri terdekat. Kamu juga bisa menggunakan ATM LINK atau ATM bersama. Bisa dalam bentuk kubikel ataupun Drive Thru. Apalagi sekarang ini jumlah ATM yang sudah banyak tersebar di penjuru Indonesia. Jadi kamu akan dengan sangat mudah mencari dan mendatangi ATM tersebut.

2. Cek Pecahan Nominal Mesin ATM

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan mengetahui pecahan nominal yang tertera pada mesin ATM. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan yang akan kamu ambil?

Biasanya pihak bank akan memberikan informasi pecahan nominal pada mesin ATM menggunakan stiker, dengan nominal yang pada umumnya adalah Rp50.000 dan juga Rp100.000. Hal ini jelas saja akan berpengaruh dengan jumlah nominal yang akan kamu ambil nantinya.

3. Masukkan Kartu ATM Kamu

Jika kamu sudah sampai di mesin ATM dan sudah memastikan pecahan nominal pada mesin ATM tersebut. Kamu sudah bisa mengeluarkan kartu ATM dari dompetmu dan memasukkannya ke mesin ATM.

Entry Card Slot atau lubang untuk memasukkan kartu ATM biasanya berada di sebelah kanan dan berbentuk garis tipis dengan ukuran mengikuti kartu ATM. Saat memasukkan kartu pastikan posisi kartu sudah sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada mesin ATM. Pastikan jangan sampai terbalik.

4. Sesuaikan Bahasa

Setelah kamu memasukkan kartu pada mesin ATM. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih bahasa. Gunakan bahasa yang menurutmu mudah dan kamu kuasai karena akan mempermudah kamu dalam bertransaksi di mesin ATM.

5. Masukkan PIN ATM

Setelah memasukkan kartu dan memilih bahasa. Di layar mesin ATM akan segera mengarahkan kamu halaman dimana kamu harus memasukkan PIN. Disinilah proses transaksi akan dimulai.

Untuk memulai cara mengambil uang di ATM Mandiri, silahkan kamu masukkan PIN ATM kamu dengan benar. Pastikan kamu sudah menghafalnya dan tidak salah memasukkan PIN kamu. Jika kamu mengalami salah PIN selama tiga kali, maka secara otomastis sistem akan memblokir kartu ATM kamu. Dan kamu harus mengurusnya ke kantor bank Mandiri terdekat untuk mengaktifkannya kembali.

6. Pilih Nominal Penarikan

Setelah selesai memasukkan PIN dengan benar, monitor akan menampilkan menu untuk penarikan cepat. Bila pilihan jumlah uang yang akan kamu ambil ada pilihan tersebut, tekan tombol di samping pilihan tersebut.

Namun ada kalanya, jumlah uang yang kamu butuhkan tidak tertera pada pilihan di menu Penarikan Cepat. Jika demikian, pilih perintah Penarikan Jumlah Lain yang ada di monitor bagian bawah kanan. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan jumlah penarikan tunai yang diinginkan secara manual melalui pinpad. Jika selesai, lanjutkan dengan memilih “Benar”.

7. Konfirmasi Cetak Struk

Jika transaksi kamu sudah benar, kamu akan diarahkan kembali untuk konfirmasi mengenai pencetakan struk. Kamu bisa memilih untuk mencetah struk bukti transaksi ataupun tidak mencetaknya.

8. Tunggu Uang Keluar

Setelah semuanya selesai kamu harus menunggu beberapa saat. Kamu akan mendengar suara mesin yang mulai bekerja untuk menghitung uang yang akan kamu ambil. Dan kamu harus menunggunya sampai uang tersebut keluar.

9. Konfirmasi Selesai Transaksi

Jika transaksi kamu sudah selesai, kamu akan diminta untuk menyelesaikan transaksi. Dan akan ada pilihan untuk bertransaksi kembali. Jika kamu ingin bertransaksi kembali silahkan kamu pilih “Ya” dan jika ingin mengakhiri transaksi silahkan pilih “Tidak”.

10. Ambil Uang dan Kartu

Jika sudah selesai semuanya silahkan kamu ambil uang kamu, kartu ATM beserta struk transaksi jika kamu mencetaknya. Dan pastikan tidak ada barang-barang kamu yang tertinggal di mesin ATM. Terutama kartu ATM, biasanya sebagian orang lupa untuk mengambil kartunya dan meningalkannya begitu saja di mesin ATM.

Demikian tadi beberapa cara mengambil uang di ATM Mandiri yang bisa kamu coba dan praktekkan. Kamu bisa langsung mencobanya jika suatu saat kamu dalam keadaan mendesak dan segera membutuhkan uang tunai. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan dalam bertransaksi.

Related posts