Cara Cek Samsung Asli

Bagaimana cara cek Samsung asli atau palsu? Ya, mengecek HP Samsung asli atau palsu penting sekali untuk dilakukan, tujuannya ialah untuk mengetahui Hp yang akan Kamu beli asli atau abal-abal.

Seiring dengan maraknya peredaran ponsel Samsung palsu, Kw, rekondisi, supercopy, maupun replika di pasaran. Hal ini tentu sangat merugikan pembeli khususnya bagi yang ingin memilih atua membeli Hp original.

Jika tidak selektif dan berhati-hati dalam memilihnya bisa saja Kamu menjadi salah satu korbannya, dengan mendapatkan smartphone palsu yang kualitasnya sangat jauh dari standar.

Apabila kita lihat dan cek sekilas tampilan smartphone Samsung replika tidak jauh berbeda dari yang aslinya. Tentu hal tersebut sangat mengkkhawatirkan sebab kebanyakan orang tidak mengetahui perbedaannya.

Akan tetapi jika kita cek lebih teliti lagi, built quality HP Samsung abal-abal sangat mengecewakan karena diibuat asal-asalan.

Hal ini tentu jauh berbeda dari produk aslinya, dan biasanya akan lebih kuat dan kokoh saat digenggam. Jika dilihat sekilas akan tampak sangat mirip, tapi kualitasnya jauh berbeda.

Cara Cek Samsung Asli atau Palsu

Cara Cek Samsung Asli
Cek Samsung Asli | IMG: gannett-cdn.com

Kemiripan smartphone Samsung yang asli dan Kw selain dilihat dari fisiknya, juga dilihat dari software yang digunakannya akan terlihat mirip sekali, jadi untuk mengecek perbedaan keduanya bisa dikatakan cukup sulit. Akan tetapi, Kamu tidak perlu khawatir karena Kami akan membagikan panduan cara cek Samsung asli atau palsu dengan ulasan berikut ini :

1. Cek Samsung Asli Memakai Kode Rahasia

Cara cek Samsung asli atau palsu yang pertama ialah dengan memakai kode rahasia. Adapun kode rahasia yang dapat Kamu gunakan untuk mengecek orisinalitas Hp Samsung itu sendiri dengan menggunakan kode *#1234#.

Fungsi kode ini ialah untuk mengecek tipe smartphone Samsung, jadi Kamu bisa mengetahui apakah tipe Hp samsung tersebut sesuai ataukah tidak.

Jika yang muncul terlihat berbeda dari tipe HP Samsungmu, maka dapat dipastikan ponsel tersebut adalah produk Kw, replika atau palsu.

Adapun panduan cara pengecekan Samsung asli atau palsu dengan kode rahasia, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka menu panggilan atau dial up.
  • Selanjutnya, ketikkan kode *#1234#.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan informasi CSC, CP, AP, dan tipe atau model Hp Samsung. Pastikan jenis atau tipe yang tertera sama seperti tipe ponsel Samsungmu.

Akan tetapi, tipe yang tertera saat memakai kode rahasia tersebut di atas hanya model Hpnya saja, jadi sebelumnya Kamu harus tahu model Hp Samsung-mu terlebih dahulu. Misalnya, kode SM-N770F adalah model yang digunakan untuk Samsung Galaxy Note 10 Lite.

2. Cek Samsung Asli atau Palsu Dengan Pengecekan Fisik

Selain cara cek Samsung asli atau palsu dengan kode rahasia di atas, kamu juga bisa mengetahui keaslian Hp samsung dengan melakukan pengecekan kondisi fisiknya.

Sebab semua ponsel Samsung dibuat menggunakan bahan material berkualtias, jadi dapat dilihat built quality-nya apakah kokoh dan bagus.

Hal ini berbanding terbalik dari built quality atau kualitas material yang terdapat dalam Hp Samsung replika atau KW.

Sebelum Kamu membeli ponsel Samsung, disarankan untuk memeriksa kondisi fisik HP tersebu lebih tahulu.

Terutama ketika membeli ponsel Samsung bekas, tujuannya supaya Kamu tidak tertipu, dengan membeli smartphone berkualitas HDC.

Di samping itu, disarankan untuk membeli Hp di counter atau penjual yang reputasinya memang sudah terpercaya.

3. Cek Samsung Asli Melalui IMEI

IMEI adalah nomor identitas secara internasional, berupa 15 digit dan setiap smartphone biasanya mempunyai nomor IMEI berbeda.

Kamu harus tahu bahwa nomor IMEI bukan sembarang nomor, karena di dalamnya berisi informasi tentang smartphone atau Hp itu sendiri. Jadi, Kamu bisa memakai informasi lewat nomor IMEI untuk pengecekan keaslian Hp Samsung.

Walaupun penting sekali, tapi banyak yang masih belum mengetahui cara melihat dan mengecek IMEI Samsung.

Caranya padahal sangat gampang, untuk melakukannya Kamu cukup mengetikkan *#06# lewat menu dial up atau panggilan. Adapun ulasan panduan cara cek Samsung asli melalui nomor IMEI, ialah berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan buka opsi dial up atau panggilan di Hp Samsungmu.
  • Lalu cek IMEI Hp dengan mengetikkan *#06#.
  • Setelah itu, buka link imei.info di web browser ponsel yang Kamu gunakan.
  • Selanjutnya ketikkan IMEI di kolom dan klik “check”.
  • Lalu akan muncul tampilan informasi berupa brand, model dan spesifikasi. Kemudian pastikan informasi tersebut sesuai dengan model atau tipe ponsel Samsung yang Kamu gunakan.

4. Cek Samsung Asli Dengan Mengecek Kualitas Layar

Ponsel Samsung replika di pasaran kebanyakan adalah dari seri flagship, untuk membedakan Hp Samsung asli dengan yang palsu sebenarnya sangat mudah.

Adapun untuk mengetahui HP Samsung asli atau palsu dapat dilihat berdasarkan kualitas layar HP itu sendiri. Jika mempunyai resolusi tinggi dan bisa menghasilkan gambar berkualitas dapat dipastikan bahwa Hp Samsung tersebut adalah ori.

Sementara pada HP Samsung yang palsu, mempunyai resolusi sangat rendah, dengan gambar yang tidak jernih dan berbayang.

Di samping itu, Kamu juga dapat melihat keaslian Hp Samsung berdasarkan bentuk layar dan bentuk bezelnya, jika ukuran bezelnya terlihat tebal dengan bentuk layar Hp yang terlihat aneh dapat dipastikan produk tersebut adalah Hp rekondisi.

5. Cek Samsung Asli atau Tidak Dilihat Dari Spesifikasinya

Cara cek Samsung asli atau Kw yang terakhir ialah dengan mengecek spesifikasinya. Akan tetapi, jangan pernah terkecoh ole spek yang ada dalam menu pengaturan. Biasanya hal tersebut sudah diubah agar tampak mirip seperti Hp Samsung ori.

Jadi, untuk melakukan pengecekan spesifikasi sebenarnya pada HP tersebut, disarankan untuk mengunduh aplikasi AIDA 64 atau CPU-Z yang dapat Kamu unduh secara gratis di Google Play Store.

Dimana kedua aplikasi ini akan menampilkan informasi spesifikasi Hp Samsung asli, seperti processorchipset, storage, RAM, dan lainnya.

Kamu bisa melakukan pengecekan, apakah spesifikasi pada aplikasi sudah sesuai spesifikasi resmi ponsel Samsung. Tapi jika berbeda, sudah bisa dipastikan bahwa Hp tersebut adalah palsu.

6. Cek Samsung Asli atau Palsu dari Kode QR Baterai

Cara ini sebenarnya cukup mudah dilakukan, Kamu hanya perlu mellihat baterai Hp Samsungmu saja. Apabila kode QR baterai Hp Samsung yang Kamu miliki lebih kecil, serta kertas dalam baterainya gampang terkelupas, ini artinya ponsel Samsung yang Kamu miliki itu HDC/palsu/bajakan.

7. Cara Cek Samsung Asli atau Palsu dari Harganya

Perbedaan yang cukup mencolok untuk mengecek keaslian Hp samsung ialah dari harga Hp Samsung itu sendiri. Harga HP Samsung baru, tentu saja dibanderol cukup mahal.

Akan tetapi untuk produk KW/HDC/palsu biasanya dibanderol dengan harga sangat murah dibanding harga aslinya.

Oleh karena itu, lakukan perbandingan harga terlebih dahulu jika Kamu hendak membeli Hp Samsung agar tidak tertipu.

Itulah 7 cara cek Samsung asli atau palsu yang penting sekali Kamu lakukan untuk mengecek keaslian Hp Samsung sebelum membelinya. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019