Cara Cek Saldo Jamsostek

Bagaimana cara cek saldo Jamsostek? Ya, Jaminan sosial bagi para tenaga kerja yang awalnya disebut sebagai Jamsostek, adalah perusahaan  jasa yang memberikan perlindungan bagi para karyawan atau tenaga kerja. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu kini Jamsostek telah berganti nama serta dikenal dengan nama BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek sendiri menyediakan berbagai macam layanan dan program yang akan memberikan jaminan kepada para karyawan di masa mendatang. Seperti layanan Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Masa Pensiun dan Jaminan Kematian.

Akan tetapi, pada pembahasan artikel kali ini Kami akan membagikan informasi tentang cara pengecekan saldo Jamsostek dengan cepat dan mudah. Sebagian peserta BPJS ketenagakerjaan mungkin belum mengetahui lebih lengkap tentang cara cek saldo Jamsostek.

Untuk pengecekan saldo Jamsosten sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari datang ke kantor BPJS TK secara langsung atau cek saldo BPJS TK lewat SMS, website dan aplikasi.

Cara Cek Saldo Jamsostek

Cara Cek Saldo Jamsostek
Mengecek Saldo Jamsostek

Mengecek Saldo Jamsostek

Bagi para peserta BPJS TK atau Jamsostek dengan mengikuti program JHT, lalu ingin mengecek isi saldo BPJS TK. Ada beberapa cara cek saldo Jamsostek yang bisa Kamu coba di bawah ini:

1. Cara Cek Saldo Jamsostek di Kantor BPJS TK

Cara cek saldo Jamsostek yang pertama mungkin merupakan cara termudah yang dapat Kamu lakukan. Cara ini hanya perlu mendatangi kantor BPJS TK. Selain itu, diperuntukkan bagi peserta yang mempunyai waktu luang lebih lama serta jarak dari rumah ke kantor BPJS tak terlalu jauh.
Adapun langkah-langkahnya, Kamu cukup mempersiapkan kartu kepesertaan BPJS TK/Jamsostek beserta KTP. Selanjutnya Kamu bisa datang ke kantor BPJS TK dan Kamu bisa langsung menemui petugas BPJS yang berjaga, dan langsung mengutarakan tujuan kedatanganmu.
Selanjutnya Kamu hanya perlu menunggu untuk memproses data-data yang ada di kartu BPJS. Selanjutnya, Kamu akan ditunjukkan petugas BPJS tentang isi saldo BPJS TK atau Jamsostek

2. Cara Cek Saldo Jamsostek Melalui SMS

Cara cek saldo Jamsostek melalui SMS berikutnya ialah bisa dengan mengirimkan SMS. Cara ini mungkin cukup mudah dilakukan serta dapat dijadikan sebagai salah satu metode yang bisa Kamu lakukan cukup memakai ponsel atau Hpmu saja. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, Kamu harus sudah melakukan pendaftaran layanan pengecekan saldo via SMS terlebih dahulu.
  • Jika sudah melakukan registrasi, Kamu bisa mengirimkan pesan langsung memakai format berikut : SALDO (spasi) Nomor keanggotaan BPJS TK.
  • Selanjutnya kirimkan ke nomor 2757.
  • Tunggu beberapa saat sampai Kamu menerima balasan SMS yang berisi saldo Jamsostekmu.

3. Cara Cek Saldo Jamsostek Lewat Website

Selain lewat SMS dan datang langsung ke kantor Jamsostek terdekat, Kamu juga bisa mengecek saldo Jamsostek melalui website resmi. Adapun panduan cara cek saldo Jamsostek lewat website ini, diantaranya :

  • Silahkan kunjungi websiter resmi BPJS Ketenagakerjaan di link berikut : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ di perangkatmu, baik memakai PC/laptop atau HP.
  • Selanjutnya masukkan akun email yang sudah terdaftar.
  • Lalu masukkan kata sandi atau PIN.
  • Setelah itu cari lalu pilih opsi layanan.
  • Silahkan lanjutkan dengan memilih opsi cek saldo Jamsostek.
  • Langkah terakhir yang harus Kamu lakukan ialah cukup memasukkan nomor PIN yang tela dikirimkan lewat SMS atau email.

Sebelum mengecek saldo Jamsotek melalui SMS, Kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu caranya dengan masuk ke dalam menu registrasi lalu isi formulir di kolom yang tersedia. Lalu isikan sesuai dengan data-data yang dibutuhkan seperti nama, nomor KPJ aktif, nomor e-KTP, tanggal lahir, email aktif dan nama ibu kandung.

4. Cara Cek Saldo Jamsostek Melalui Aplikasi

Cara cek saldo Jamsostek selanjutnya ialah dengan menggunakan aplikasi. Kami bisa mengunduh dan memasang aplikasi BPJSTK mobile secara langsung untuk pengecekan saldo dan yang lainnya. Layanan aplikasi BPJSTK mobile dapat diunduh gratis, baik lewat perangkat iPhone dan android. Adapun beberapa cara pengecekan saldo Jamsostek melalui aplikasi, ialah sebagai berikut :

  • Cara pertama yang bisa dilakukan ialah para peserta BPJSTK telah melakukan registrasi terlebih dahulu untuk memperoleh nomor PIN.
  • Jika Kamu belum melakukan pendaftaran, maka lakuakn registrasi di aplikasi BPJSTK terlebih dahulu melalui persyaratan, seperti NIK e-KTP, Nomor Peserta BPJSTK, nama dan tanggal lahir.
  • Apabila sudah terdaftar dalam layanan aplikasi, maka Kamu bisa melakukan pengecekan saldo BPJS TK atau Jamsostek dengan masuk langsung ke aplikasi BPJSTKU.

5. Cara Cek Saldo Jamsostek Melalui ATM

Peserta BPJS TK juga dapat mengecek saldo BPJS TK atau Jamsostek melalui mesin ATM. Akan tetapi, sayangnya tak semua mesin ATM dapat dipakai untuk mengecek saldo, sebab hanya berlaku bagi bank BNI saja. Adapun untuk melakukan pengecekan saldo Jamsostek lewat ATM BNI, ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi atau datangi mesin ATM Bank BNI.
  • Jika sudah, silahkan masukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM.
  • Selanjutnya pilih layanan bahasa lalu masukkan PIN.
  • Kemudian Kamu hanya perlu memilih opsi “Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja”.
  • Langkah terakhir, silahkan tunggu sampai informasi saldo BPJS TK milikmu muncul di layar.

Lalu, Bagaimana Cara Pencairan Saldo Jamsostek?

Setelah mengetahui cara cek saldo Jamsostek dan Kamu tahu jumlah saldo yang ada di kartu Jamsostekmu, mungkin Kamu berniat untuk melakukan pencairan saldo Jamsostek.

Pencarian saldo Jamsostek sendiri sebenarnya tak hanya dapat dilakukan sesudah Kamu lanjut usia, tetapi para peserta dapat mencairkan dana atau saldo Jamsostek saat sudah berhenti atau resign di perusahaan. Asalkan Kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut lebih dari 1 bulan lamanya.

Ada beberapa dokumen yang harus Kamu bawa untuk melakukan pencairan saldo Jamsostek di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, berikut ini :

  • Fotokopi KK beserta aslinya.
  • Fotokopi KTP beserta aslinya.
  • Fotokopi Akta kelahiran beserta aslinya.
  • Fotokopi paklaring beserta aslinya.
  • Fotokopi ijazah beserta aslinya.
  • Rekening tabungan.
  • Surat keterangan domisili yang dibuat oleh RT atau RW jika Kamu baru pindah.

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut di atas, silahkan ikuti panduan cara mencairkan saldo BPJS TK berikut ini :

  1. Silahkan mendatangi kantor BPJS TK.
  2. Jika sudah, Kamu bisa temui petugas BPJS yang berjaga.
  3. Selanjutnya Kamu akan diminta mengisi formulir untuk pengajuan klaim.
  4. Setelah selesai mengisi formulir, Kamu bisa menyerahkannya lagi ke petugas BPJS berikut penyerahan dokumen-dokumen yang dibutuhkan di atas.
  5. Selanjutnya tunggu beberapa lama untuk melakukan proses wawancara.
  6. Lalu tunggu hingga proses pencairan saldo Jamsostek disetujui.
  7. Langkah terakhir, Kamu hanya perlu menunggu dana atau saldo cair ke rekeningmu.

Ya, itulah langkah cara pencairan saldo Jamsosek mudah yang sudah Kamu keahui saldonya melalui cara cek saldo Jamsostek di atas. Cara di atas tentu saja sangat mudah dilakukan, terutama jika Kamu ingin melakukan pencairan, harus melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Jika sudah lengkap, baru datangi kantor Jamsostek terdekat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019