Cara Konsumsi Kayu Bajakah

Bagaimana cara konsumsi kayu bajakah? Kayu bajakah adalah sejenis tanaman dengan batang menjalar berasal dari kawasan hutam di area pedalaman provinsi Kalimantan Tengah. Sampai sekarang, penyebaran tanaman kayu bajakah masih belum dijumpai di provinsi lainnya di tanah air. Sebenarnya kayu bajakah terdiri dari beberapa jenis, hanya saja jenis yang paling popoler yang sering dimanfaatkan masyarakat Kalimantan Tengah ialah Bajakah Tempala dengan nama latin Spatholobus littralis Hassk.

Kayu bajakah pada awalnya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat suku Dayak untuk dijadikan kayu herbal. Suku Dayak meyakini bahwa kayu bajakah mengandung banyak manfaat. Seperti dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, menyembuhkan luka hingga lainnya. Cara konsumsi kayu bajakah agar mendapatkan khasiatnya ialah dengan meminum air sari dari kayu bajakah secara langsung. Sarinya inilah yang terdapat pada kayu bagian dalam baik pada akar kayu atau kayu terbawahnya.

Ciri-Ciri Kayu Bajakah

Sebelum membahas cara konsumsi kayu bajakah, Kamu harus tahu karakteristik dan ciri-ciri dari kayu bajakah terlebih dahulu. Tanaman yang satu ini dikenali hanya dapat hidup baik di hutan yang ada di provinsi Kalimantan Tengah sekaligus tumbuh dengan jumlah yang terbatas. Tanaman ini kemungkinan besar tidak dapat dibudidayakan sebab kandungan zat haranya berbeda dengan habitat aslinya.

  • Tumbuhan kayu bajakah sebenarnya sulit dibedakan dengan tumbuhan lainnya.
  • Bagian batang kayu pada tanaman bajakah mirip seperti tumbuhan sulir dengan karakter menumpang atau membeli pada tanaman lain
  • Diameter pada pohon kayu bajakah tak terlalu besar ukurannya, sebab hanya segnggam ukuran tangan pada orang dewasa saja.
  • Warna pada batang pohonnya tampak kecokelatan. Biasanya daun bajakah terletak di ketinggian,  karenanya sulit dijangkau.
  • Air pada kayu bajakah mirip dengan air putih pada umumnya tapi terasa lebih dingin.
  • Batang yang terpotong pada pohon bajakah biasanya meneteskan air yang berwarna bening.
  • Tumbuhan kayu bajakah biasanya hanya bisa hidup di area yang rimbun yang tidak banyak mendapat paparan sinar matahari.
  • Akar tanaman bajakah menghujam pada bagian dasar aliran  air yang berlahan gambut.
Terkait:  Cara Defisit Kalori Untuk Perut Buncit

Itulah ciri-ciri dan karakteristik kayu bajakah yang berbeda dengan tanaman lainnya. Selain itu, kayu bajakah mengandung sebanyak 40 jenis zat yang dapat menyembuhkan kanker, seperti senyawa fenolik, saponin, alkonoid, tannin dan terpenoid, hingga yang lainnya.

Cara Konsumsi Kayu Bajakah

Cara Konsumsi Kayu Bajakah
Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah Dengan Benar

Mengonsumsi Kayu Bajakah

Bagian pada kayu bajakah yang paling banyak dijadikan obat herbal ialah kayu akarnya. Akan tetapi, kayu bajakah pada bagian ataspun tetap bisa dimanfaatkan. Jika ingin mendapatkan khasiat dari kayu bajakah, Kamu harus memahami cara konsumsi kayu bajakah. Adapun caranya bisa meminum air hasil rebusannya atau bisa juga menjadikannya sebagai bubuk seperti teh yang dapat diseduh.

Berikut ini ada beberapa cara konsumsi kayu bajakah dan cara pengolahannya untuk dijadikan obat herbal, diantaranya  :

  • Pertama-tama potong kayu bajakah hingga berukuran kecil serta dibuat agak tipis.
  • Silahkan jemur kayu yang telah dipotong di  bawah terik sinar matahari secara langsung, dan pastikan bajakah dibuat benar-benar kering.
  • Selanjutnya hancurkan kayu yang telah kering tadi sampai menjadi lebih halus, dan berbentuk seperti bubuk teh. Dalam hal ini, Kamu dapat memakai blender atau tumbukan manual.
  • Apabila sudah berbentuk bubuk teh, silahkan seduh memakai air panas agar dapat dikonsumsi. Pakai takaran bubuk teh bajakah sebanyak 1 gram diseduh menggunakan 500 cc air.
  • Aduk sampai warna pada air seduhan berubah warna menjadi cokelat.
  • Setidaknya minum 1 gelas seduhan kayu bajakah secara rutin setiap hari.

Apa Saja Khasiat Kayu Bajakah Bagi Kesehatan?

Jika Kamu sudah mengetahui cara konsumsi kayu bajakah, ada beberapa khasiat kayu bajakah bagi kesehatan tubuh yang harus Kamu ketahui berikut ini :

1. Menangkal Paparan Radikal Bebas

Antioksidan adalah senyawa utama pada kayu bajakah sebagai senyawa utama pada kayu bajakah yang mengandung banyak manfaat. Seperti kita ketahui, penumpukan radikal bebas bisa terjadi akibat seringnya mengonsumsi makanan kurang bergizi, kebiasaan merokok,  polusi, hingga minuman beralkohol yang dapat berubah menjadi toksin atau racun. Dengan meminum rebusan kayu bajakah dapat menangkal paparan radikal bebas serta dapat membuang semua racun dengan proses detoksifikasi.

Terkait:  Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa kayu bajakah bisa meningkatkan imunitas tubuh. Tubuh yang sehat dapat terjaga dengan tingginya kandungan antiksidan, jadi membuatmu tidak mudah sakit. Kamu bisa mengonsumsi kayu bajakah secara rutin. Adapun cara konsumsi kayu bajakah ini ialah dengan menyeduh teh kayu bajakah ke dalam 1 gelas air setiap hari. Khususnya di pagi hari ketika perut dalam keadaan kosong.

3. Berguna Sebagai Makanan Anti Kanker

Selain mengandung antioksidan tinggi, kayu bajakah juga dapat berpotensi dijadikan obat kanker. Selain itu juga, kandungan lainnya pada kayu bajakah seperti saponin, alkonoid, tannin, tarpenoid hingga sel pitu gimia dikenal sebagai zat anti kanker. Meskipun demikian tetap diperlukan penelitian lanjutan agar membuktikan tingkat keefektifannya.

4. Dapat Mengoptimalkan Sistem Regenerasi Pada Sel Tubuh

Kayu bajakah berpotensi sebagai salah satu obat kanker menginagt kemampuannya untuk mengoptimalkan regenerasi pada sel-sel tubuh. Biasanya seseorang yang mengidap penyakit kanker memerlukan sel-sel baru yang banyak dengan cepat sebagai pengganti sel-sel yang rusak sebagai akibat dari pengobatan kemoterapi.

5. Dapat Mengobati Disentri

Banyak masyarakat Kalimantan yang meyakini jika kayu bajakah dapat dijadikan sebagai obat infeksi usus atau disentri yang mengakibatka diare. Dimana penyembuhan disentri dalam saluran pencernaan lebih cepat melalui senyawa anti bakteri pada bajakah.

6. Dapat Menjegah Resiko Penyakit Jantung

Senyawa katekin pada kayu bajakah adalah salah satu dari senyawa kimia penting yang  sangat baik bagi kesehatan. Ini artinya, kayu bajakah selain dapat mengatasi penyakit kanker juga dapat mencegah resiko penyakit jantung atau stroke.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Luar

Selain dapat dikonsumsi dengan cara konsumsi kayu bajakah yang diseduh, kandungan tannin, fenolik dan flavonoid pada kayu bajakah juga bisa membantu proses penyembuhan luka luar dengan cepat. Maka dari itu, pemakaian salep yang dibuat dari ekstrak bajakah atau tetesan dari air seduhan kayu bajakah dapat dijadikan obat penyembuh luka yang paling efektif.

Terkait:  Cara Daur Ulang Plastik

8. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan memang sangat penting bagi kesehatan tubuh dan kulit. Senyawa antioksidan tinggi dapat mencegah terjadinya kulit keriput dengan cepat, sekaligus membuat kulit menjadi lebih halus dan kencang. Dengannya Kamu juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

9. Dapat Meringankan Rasa Pegal

Khasiat kayu bajakah yang lainnya adalah dapat meringankan pegal-pegal. Seseorang yang gampang engalami pegal-pegal yang disebabkan oleh pekerjaan lapangan atau aktivitas berat lain disarankan mengonsumsi air seduhan atau rebusan kayu bajakah. Khasiat seduhan kayu bajakah ialah dapat mengurangi rasa pegal yang Kamu alami, sehingga Kamu bisa merasa lebih ringan saat bangun pagi di keesokan harinya.

10. Dapat Mencegah Terjadinya Obesitas

Katekin yang terdapat pada kayu bajakah juga bisa membantu penderita obesitas untuk mengatasi keadaan mereka. Meskipun demikian, masih belum ada riset lebih lanjut yang mendukung tapi ada banyak orang mengklaim jika salah satu khasiat kayu bajakah ialah sangat efektif mencegah obesitas.

Itulah 10 manfaat kayu bajakah dan cara konsumsi kayu bajakah dengan benar agar khasiatnya lebih terasa. Bagaimana, mudah kan? Jika kesulitan mendapatkan tanaman kayu bajakah, Kamu bisa membeli langsung teh tanaman bajakah yang kini banyak dijual di pasaran.

Related posts