Cara Kompres File JPG

Cara kompres file JPG pada intinya cukup mudah dilakukan, karena ada banyak metode yang bisa dicoba untuk mengecilkan ukuran gambar berbentuk file JPG itu sendiri. JPEG atau JPG ialah jenis file gambar yang pada umumnya dipakai untuk kebutuhan website mengingat ukurannya biasanya lebih kecil dibandingkan jenis file lainnya. Hanya saja, terkadang kita menjumpai ukuran file JPG yang terlalu besar sehingga terpaksa harus mengompresnya.

Dengan mengubah size tersebut, sebenarnya secara tak langsung kita juga sudah melakukan kompres. Saat ukurannya lebih kecil,  tentu saja kapasitasnya pun menjadi berkurang dari kapasitas aslinya.

Cara Kompres File JPG

Cara Kompres File JPG
Mengecilkan Ukuran File JPG

Mengecilkan Ukuran File JPG Melalui Software Komputer

Ada beberapa pilihan cara kompres file JPG yang dapat Kamu lakukan dengan memakai aplikasi atau program tambahan. Kita tahu bahwa tak sedikit aplikasi komputer dengan fitur yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran JPG. Namun di sini kita hanya akan membahas 2 program saja.  Untuk lebih jelasnya, simak panduan di bawah ini!

1. Mengecilkan Ukuran File JPG Melalui Microsoft Paint

Microsoft Paint merupakan aplikasi bawaah pada perangkat Windows. Apabila Kamu memakai OS ini, maka aplikasi yang satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan utama untuk mengompres file JPG. Jika penasaran, langsung saja simak ulasan cara kompres file JPG menggunakan Microsoft Paint berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan ketuk “File” lalu “Open” kemudian pilih file gambar JPG yang akan Kamu kompres.
  • Tekan tombol “resize”  untuk mengurangi ukurannya.
  • Di sini Kamu hanya perlu menekan ukuran dimensi gambar tergantung keinginan. Setelah itu, tekan OK.
  • Tahapan terakhir ialah tinggal menyimpan file yang sudah di resize tadi. Ketuk File kemudian pilih “Save as” lalu pilih JPEG Picture.

2. Mengecilkan Ukuran File JPG Menggunakan Adoba Photoshop

Aplikasi unggulan editing gambar ini juga sangat handal digunakan untuk memperkecil size file JPG. Hanya saja banyak orang yang kerap menganggap jika Photoshop sulit digunakan. Meskipun digunakan hanya untuk mengecilkan atau mengompres ukuran file JPG. Tapi sebenarnya cara kompres file JPG dengan Adobe Photoshop sangat udah dilakukan.

  • Jika Kamu sudah membuka dan menjalankan aplikasi Adobe Photoshop di perangkat komputer, tekan “File” lalu “Open” dan pilih gambar yang akan Kamu kompres ukurannya.
  • Setelah itu, buka lagi menu “File”. Tapi di sini Kamu tinggal ketuk “Export” lalu pilih “Save for  Web”. Selanjutnya akan ada tampilan pop up Window.
  • Dalam pop up Window ada banyak sekali pengaturan yang mungkin terlihat sangat rumit. Namun Kamu cukup memperhatikan beberapa hal seperti Image Size, Preset dan Quality saja.
  • Selanjutnya, pastikan preset di Photoshop yang Kamu pakai ialah “JPG Medium” bersama Quality Medium. Kemudian, Kamu bisa melakukan pengaturan Image Size maupun dimensi gambar menyesuaikan kebutuhan. Jika sudah melakukan resize gambar JPG yang Kamu pilih, silahka ketuk “Save” untuk menyimpan di folder yang Kamu buat sesuai keinginan.

Kamu harus tahu bahwa cara kompres file JPG ini memakai Adobe Photoshop versi CC 2019. Sementara untuk versi sebelum CC 2015 sendiri, Kamu dapat menemukan “Save for Web” sesudah mengklik menu File.

Mengecilkan Ukuran File JPG Melalui Aplikasi Android

Kamu juga bisa melakukan cara kompres file JPG di android dengan mudah emnggunakan beberapa aplikasi android. Beberapa pilihan aplikasi android ini bisa digunakan, dan Kamu bisa langsung mempraktekkannya :

3. Mengecilkan Ukuran File JPG Melalui Photo Compress & Resize

Cara kompres file JPG menggunakan aplikasi android yang pertama ialah dengan Photo Compress & resize. Adapun fungsi dari aplikasi yang satu ini ialah untuk mengompress dan meng-crop file JPG. Namun ada 2 istilah yang agak membingungkan bagi para pengguna awam, seperti resize dan compress. Jika Kamu belum paham, simak penjelasannya di sini.

Kedua istilah di atas pada dasarnya mempunyai arti sama. Hanya saja perbedaannya dilihat dari perlakuanmu terhadap ukuran/dimensi gambar itu sendiri. Saat melakukan kompress atau memperkecil ukuran file JPG, Kamu hanya mengurangi size dari file JPG tanpa mengompres dimensi pada gambar tersebut. Tapi, Kamu harus tetap mempertimbangkan kualitas foto atau gambar yang diperoleh pada proses ini. Biasanya kompresi gambar bisa dilakukan secara berulang kali, namun Kamu harus berhenti saat muncul distorsi yang terjadi pada gambar.

Sementara di sisi lain, istilah resize artinya mengubah dimensi pada gambar yang secara tidak langsung akan ikut mengubah ukuran pada filenya itu sendiri. Beberapa aplikasi android yang berguna mengeilkan ukuran pada file JPG sekalipun memperbolehkan proses compress secara otomatis saat pengguna aplikasinya melakukan resize. Jadi pada aplikasi ini menawarkan 2 pilihan tersebut.

Kamu cukup menentukan kualitas gambar atau ukuran file JPG yang diinginkan. Guna memastikan apakah dimensi gambarnya tak akan berubah, Kamu dapat mengklik slider di samping kanan tulisan “Maintain resolution”. Selanjutnya tekan tombol bertuliskan “Start Compressing”. Selanjutnya file gambar yang ukurannya telah dikurangi bisa tersimpan langsung.

Berbeda dengan opsi resize, Kamu bisa menentukan dimensi gambar lalu mengkompresi dalam waktu bersamaan.

4. Mengecilkan Ukuran File JPG Dengan Aplikasi Photo & Picture Resizer

Photo & Picture Resizer merupakan aplikasi yang dapat mengecilkan ukuran pada file JPG dengan cara yang sederhana. Berikut panduan cara kompres file JPG dengan Photo & Picture Resizer

  • Jika Kamu sudah membuka aplikasinya, Kamu akan langsung dihadapkan dengan beberapa pilihan, seperti “Select Photos”, “Take a Photo”, “Resized Photos”, “Select video”, dan sebagainya.
  • Diantara beberapa pilihan di atas, karena Kamu akan mengecilkan ukuran foto silahkan pilih “Select Photos”  dan pilih foto yang akan di kecilkan ukurannya. Selanjutnya  ketuk resize.
  • Kamu bisa memilih dimensi foto yang tertera dalam daftar tersebut. Kamu juga bisa memilih custom supaya bisa memasukkan dimensi gambar yang sudah digunakan atau bisa disesuaikan tergantung keinginan.
  • Jika sudah, pilih dimensi gambar yang Kamu inginkan dan file gambar yang sudah diubah ukurannya tadi secara otomatis akan tersimpan pada perangkat android.

Mengecilkan Ukuran File JPG via Online

Selain melalui program komputer dan aplikasi android, Kamu juga bisa mencoba cara kompres file JPG secara online melalui tool di bawah ini :

5. Mengecilkan Ukuran File JPG Melalui Tool Tiny JPG

Tool online yang satu ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Kamu hanya perlu meng-upload foto/gambar yang akan dikecilkan ukurannya. Silahkan ikuti langkahnya berikut :

  • Ketuk tulisan “Drop your .png or jpg file here!” lalu pilih gambar yang akan dikompres. Kamu juga bisa mengompres beberapa gambar hanya dengan 1 klik melalui tool ini.
  • Maka proses kompresi pun akan berjalan otomatis. Kamu pun dapat mengunduh hasilnya melalui klik “download”.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Ini tentu saja bisa diandalkan apabila Kamu benar-benar kepepet harus mengompres ukuran gambar file JPG. Sebagai tambahan, bagi pengguna WordPress, Kamu dapat melakukan resize atau compressi sendiri melalui plugin.

Nah, itulah 5 cara kompres file JPG baik dengan program komputer, aplikasi android hingga tools online. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019