Cara Mengatasi Whatsapp Error

  • Whatsapp

Whatsapp adalah sebuah aplikasi yang seperti kebanyakan aplikasi juga akan mengalami sistem error ataupun sejenisnya. Dan bagaimana cara mengatasi whatsapp error? Kita perlu ketahui dahulu masalah error yang terjadi pada whatsapp kita.

Kenapa Pilih Whatsapp?

Ada banyak alasan orang memilih whatsapp sebagai media komunikasinya dengan orang lain. Namun tampilan yang sederhana dan juga kemudahan dalam penggunaannya adalah faktor terkuat dari aplikasi ini. Banyak pesaing dari whatapp yang membuat aplikasi berbasis chatting dengan keunggulan yang sama bahkan lebih baik dari whatsapp, namun whatsapp tetap menjadi pemenang dalam kategori aplikasi chatting.

Walaupun tampilan sederhana dan mudah digunakan, tidak jarang juga whatsapp bisa membuat sebagian orang uring-uringan karena whatsapp tiba-tiba error. Dan kita harus bisa tahu masalah yang terjadi agar bisa mengatasi whatsapp yang error.

Jangan khawatir jika whatsapp yang kalian gunakan tiba-tiba mengalami error. Karena kami akan merangkum beberapa penyebab dan juga trik cara mengatasi whatsapp error. Jadi kamu tidak perlu cemas lagi jika mendapati whatsapp tiba-tiba error. Karena berbagai masalah tetap akan ada jalan keluar dan solusinya, maka kami rangkumkan untuk kalian.

Cara Mengatasi Whatsapp Error

Cara Mengatasi Whatsapp Error
Cara Mengatasi Whatsapp Error

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi dan layaknya sebuah aplikasi pasti pernah mengalami error atau kegagalan entah itu karena sebuah bug ataupun penyebab yang lain. Ketahui dulu yuk apa saja yang membuat whatsapp eror dan juga trik cara mengatasi whatsapp error :

1. Tidak Bisa Kirim Pesan

Mungkin kalian pernah mengalami kejadian gagal dalam mengirim pesan ke teman kalian. Dan biasanya akan muncul tanda pada pesan kamu berupa sebuah logo jam dan bukan logo centang.

Terkait:  Cara Membuat Emoji di WA

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, mulai dari ponsel yang tidak terkoneksi dengan internet, cache dan data pada aplikasi WA sudah menumpuk, hingga mungkin saja ada aplikasi lain yang mematikan whatsapp yang kamu gunakan.

Nah untuk mengatasinya bisa dengan beberapa cara seperti memastikan ponselmu terhubung dengan jaringan internet, menghapus cache dan data whatsapp yang tidak terpakai, atau kalian juga bisa install ulang whatsappnya.

2. Error Setelah Update

Whatsapp terkadang menyediakan pembaruan aplikasi yang berisi perbaikan atau penambahan fitur bagi para penggunanya. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang mengeluh karena WA yang digunakan menjadi error setelah diperbarui.

Faktor yang paling mungkin menjadi penyebab masalah ini adalah ruang penyimpanan yang tidak memadai saat melakukan proses pembaruan. Akan tetapi, bisa juga masalah berasal dari Google Play Store yang terpasang di smartphone Anda.

Tak perlu khawatir, sebab masalah ini bisa diatasi dengan mudah, kalian cukup menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan, menghapus cache atau data Google Play Store, atau coba install ulang aplikasi whatsapp.

3. Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

Sama seperti yang terjadi ketika whatsapp tidak bisa mengirim pesan, whatsapp error tidak bisa dibuka juga mungkin terjadi karena HP tidak terkoneksi dengan internet, adanya penumpukan cache atau data, atau terdapat aplikasi Task Killer yang mematikan aplikasi WhatsApp.

Cara mengatasinya pun tidak jauh berbeda, kamu hanya perlu memastikan HP Anda terhubung dengan jaringan internet, menghapus aplikasi Task Killer, menghapus cache dan data, dan memastikan bahwa aplikasi WA yang kamu gunakan sudah diperbarui.

4. Gagal Menginstall Whatsapp

Tentu saja mungkin beberapa dari kalian akan mengalami masalah gagal dalam menginstall aplikasi ini, masalah ini bisa saja terjadi karena beberapa kemungkinan seperti tidak mendukungnya ponsel untuk menggunakan whatsapp karena system operasi yang gunakan dinilai sudah terlalu usang, atau kamu lupa memperbaharui aplikasi toko aplikasi kalian ke versi terbaru.

Terkait:  Cara Mengetahui Pesan Whatsapp yang Dihapus

Jika kalian mengalami hal tersebut, langkah pertama adalah pastikan sudah memperbaharui system operasi ponsel kalian, untuk mengecheknya bisa melalui menu pengaturan > tentang ponsel > system updater jika dimenu tersebut ada update system operasi, segera update ponsel kalian.

5. Whatsapp Down

Jika kasus-kasus sebelumnya disebabkan oleh kelalaian pengguna, smartphone, atau sumber pengunduhan, pada kasus ini masalah utamanya berasal dari server whatsapp.

Saat whatsapp down, seluruh pengguna whatsapp di dunia tidak bisa menggunakannya. Biasanya kasus ini bisa memakan waktu beberapa jam hingga satu hari. Tergantung dari server pusat dari developer whatsapp itu sendiri.

Satu-satunya yang bisa dilakukan saat WhatsApp down adalah menunggu sampai sistem normal kembali. Dan sambil menunggu whatsapp kembali bisa digunakan kamu bisa menggunakan sosial media lain untuk menghilangkan rasa bosan. Atau kamu bisa gunakan aplikasi chatting lain untuk memberikan pesan kepada teman atau keluarga.

Demikian tadi adalah beberapa penyebab yang menjadikan whatsapp kamu error dan juga telah kami rangkumkan beberapa metode mengatasi whatsapp error tergantung dari masalahnya yang bisa kamu coba. Jangan sampai panik dahulu jika whatsapp kamu tiba-tiba error tapi ketahuilah cara mengatasinya.

Related posts