Cara Bayar Parkir Pakai Gopay

Cara Bayar Parkir Pakai Gopay

Tahukah Kamu bahwa kini Gopay dapat digunakan untuk bayar parkir? Lalu, bagaimana cara bayar parkir pakai Gopay? Tenang, semua pertanyaanmu akan dijawab dalam artikel ini. Baca terus ya!

Parkir sebenarnya tak hanya ditujukan untuk menertibkan kendaraan, tetapi juga bisa mengamankan kendaraanmu dari orang-orang yang tak bertanggung jawab. Apalagi di kota-kota besar, manajemen parkir saat ini sudah tertata dengan baik, bahkan sudah ada perusahaannya tersendiri. Selain itu, parkir juga memang sudah ada aturannya tersendiri.

Read More

Berbicara tentang parkir, jika dulu kita hanya membayar parkir langsung ke tukang parkir atau mungkin di beberapa daerah masih menerapkan ini, tapi di kota-kota besar sudah tidak lagi. Apalagi jika berkunjung ke mall, untuk parkir biasanya kita akan dihadapkan dengan mesin parkir yang mengeluarkan nomor antrian parkir kendaraan. Dengan nomor antrian inilah, nanti pada saat keluar kendaraanmu akan terdeteksi berapa lama Kamu parkir di mall. Sehingga tarif parkir akan disesuaikan dengan lamanya mobilmu diparkirkan.

Nah, ternyata kini untuk pembayaran parkir sendiri kita sudah bisa memanfaatkan fitur e-wallet yang diluncurkan oleh perusahaan transportasi online ternama Gojek, lewat Gopay-nya. Berafiliasi dengan berbagai layanan penyedia tempat parkir, kini Gopay secara resmi telah menjadi alat pembayaran elektronik untuk pembayaran parkir motor atau mobil.

Ketentuan dan Syarat Bayar Parkir Gopay

Sebelum membahas cara bayar parkir pakai Gopay, Kamu harus tahu dulu persyaratan yang ditetapkan. Sebab ada beberapa persyaratan dari Gojek bagi yang ingin bayar parkir menggunakan Gopay. Sebab untuk bisa membayar parkir pakai Gopay sendiri hanya berlaku bagi para pengguna layanan Gopay Plus saja. Jadi, pastikan Kamu sudah mengupgrade akun Gopay ke dalam Gopay Plus.

Selain ketentuan beralih ke akun Gopay Plus, maksimal pembayaran uang parkir di Gopay juga harus Rp. 50.000. Jika saldo di Gopaymu masih kurang, Kamu bisa membayar sisanya dengan uang tunai. Tapi tenang saja, karena jarang sekali biaya tagihan parkir sampai sebesar itu, kecuali mobilmu seharian dititipkan di tempar parkir.

Keuntungan Parkir Pakai Gopay

Karena sistemnya otomatis, sudah tentu ada banyak keuntungan bayar parkir pakai Gopay. Transaksi pembayaran melalui Gopay selalu memberikan kemudahan yang mungkin tidak kita dapatkan jika memakai alat pembayaran secara fisik. Belum lagi sudah ada banyak merchant yang bekerjasama dengan Gopay, memungkinkan semua transaksi lebih mudah dilakukan hanya memakai Gopay.

Sama halnya dengan cara bayar parkir pakai OVO, bayar parkir pakai Gopay memberikan kenyamanan berlebih, karena kita tak perlu repot-repot mengeluarkan dompet saat bayar, belum lagi harus cari uang kecil untuk parkir. Dengan adanya Gopay, Kamu tinggal mengeluarkan hp dari saku dan lakukan scan barcode, bayar parkir dan proses pembayaranpun berhasil. Dengan catatan saldo di Gopay masih tersedia, jadi tak perlu pakai uang tunai.

Pembayaran parkir via GoPay sendiri sudah terintegrasi di seluruh tempat parkir jika dibandingkan opsi pembayaran digital lainnya, lebih simpel, nggak perlu repot dan lebih cashless.

Bayar Parkir Dapat Promo dari Gopay

Belum lagi, Gopay sering mengadakan promo menarik berupa voucher Gopay, sama seperti kita Kamu memesan layanan Gojek yang sering dijumpai potongan diskon. Dengan bertransaksi bayar parkir di secure parkir memakai voucher Gopay, pihak Gojek tak sungkan-sungkan menawarkan promo cashback.

Promo tersebut memungkinkanmu akan mendapatkan cashback sebesar Rp 5 ribu yang dimulai di tahun 2022. Namun tenang dulu, karena untuk memperoleh promo cashback dari GoPay, masih ada persayaratan yang harus Kamu penuhi. Check it out :

  • Promo berlaku di setiap pembayaran dengan menggunakan gopay.
  • Hanya berlaku 1 kali transaksi saja untuk setiap pengguna di setiap bulan selama periode tersebut masih ada.
  • Berlaku di seluruh tempat parkir yang pembayarannya menerima pembayaran secara online menggunakan gopay.
  • Berlaku mulai tahun 2022.

Menarik sekali bukan? Sedikit memperjelas persyaratan dan ketentuan diatas, jika kamu rutin memakai tempat parkir dengan metode pembayaran via Gopay, Kamu pun semakin berpeluang mendapatkan cashback. Jika promo berjalan mulai dari April hingga Desember di tahun yang sama, maka kamu berkesempatan mendapatkan promo cash back selama 9 kali.

Cara Bayar Parkir Pakai Gopay

Cara Bayar Parkir Pakai Gopay
Panduan Bayar Parkir Pakai Gopay Praktis

Tutorial Cara Bayar Parkir Pakai Gopay Mudah

Jika selama ini Kamu memakai aplikasi Gojek untuk sekedar antar jemput ke tempat kerja dan pesan makanan yang Kamu inginkan, kini Kamu bisa menggunakannya untuk alat pembayaran parkir yang lebih simpel. Pihak Gopay selalu mengembangkan fitur-fitur yang dimilikinya agar bisa dimanfaatkan oleh semua penggunanya. Termasuk layanan bayar parkir dengan Gojek ini.

Tertarik memakai Gopay untuk pembayaran parkirmu? Simak langkah-langkah cara bayar parkir pakai Gojek yang bisa Kamu lakukan di bawah ini :

1. Buka Aplikasi Gojek di Hp

Pastikan agar tempat parkir tersebut melayani pembayaran secara online dengan menggunakan dompet digital Gopay. Jika sudah, sebelum keluar dari tempatmu memarkirkan mobil, buka dulu aplikasi Gojek supaya mencegah tumpukan antrian keluar area tempat parkir.

2. Pastikan Saldo Gopay Mencukupi

Cara bayar parkir pakai Gopay akan berhasil dilakukan jika saldo di Gopaymu masih cukup. Cek saldo Gopay terlebih dahulu, jika sekiranya masih cukup untuk membayar parkir tak perlu di top up lagi, namun jika kurang bisa menambahkannya Kembali dengan cara topup Gopay. Lakukan pengisian dengan jumlah melebihi total estimasi biaya parkir mobil/motormu.

3. Pindai Barcode di Loket Pembayaran Parkir

Ketika kita memasuki area parkir pertama kali, seperti yang sudah Kami jelaskan bahwa Kamu akan mendapatkan kertas yang keluar sebagai nomor parkir kendaraan. Di sana sebenarnya, sudah tersedia barcode yang nantinya bisa dicek di mesin otomatis untuk menampilkan total biaya parkir. Jadi sebelum pergi meninggalkan tempat parkir, scan barcode karcis atau kertas berisi nomor parkir dan barcode lalu tekan ‘verifikasi’ untuk melanjutkan pembayaran.

4. Masukkan PIN

Cara bayar parkir pakai Gopay selanjutnya, untuk keamanan bertransaksi, Kamu akan diminta menginputkan nomor PIN. Sebenarnya ada pilihan lain selain PIN, bisa pengenalan wajah atau sidik jari. Tapi supaya lebih cepat, Kamu bisa memasukkan PIN saja.

5.  Pembayaran Parkir Selesai

Jika semua langkah di atas sudah Kamu selesaikan dan pembayaran sudah sukses, Kamu pun tinggal pergi meninggalkan tempat parkir.

Jadi memang mudah sekali ya? Sistem pembayaran parkir digital ini sangat mempersingkat waktu orang-orang yang menggunakan layanan parkir. Sebab kita nggak perlu menunggu waktu lama untuk mengambil kembalian, apalagi jika kapasitas kendaraan di tempat parkiran sangat banyak. Bukan tak mungkin kita harus mengantre Panjang hanya untuk keluar dari tempat parkir.

Dengan cara bayar parkir pakai Gopay semuanya terasa lebih mudah, proses pembayaran yang terintegrasi dengan Gopay sangat praktis dan cepat. Membuat kita lebih nyaman, tanpa mengabaikan keamanan kendaraan yang diparkirkan. So, jika Kamu belum memiliki aplikasi Gojek, download aplikasi dan daftarkan akun Gojek sekarang juga untuk menggunakan layanan Gopay!

 

 

Related posts