Cara Kerja Antena TV

Meskipun sudah banyak orang yang memanfaatkan layanan streaming VOD (video on demand), tak dipungkiri jika tak sedikit masyarakat Indonesia masih menggunakan TV tradisional untuk dijadikan media dalam mendapatkan informasi dan hiburan. Guna mendukung kenyamanan saat menyaksikan tayangan televisi, pastinya dibutuhkan perangkat untuk menunjang supaya kualitas gambarnya lebih jernih. Tentu saja dengan memanfaatkan cara kerja antena TV.

Kinerja antena TV sendiri tak terlepas dari yang namanya faktor sumber pemancar atau sinyal di tempat Kamu tinggal. Sebab dengan mempunyai antena terbaik, biasanya Kamu tidak akan lagi menjumpai gambar “semut” ketika menonton berbagai acara TV yang disukai.

Selain itu, antena TV memiliki berbagai macam jenis dengan cara kerja antena TV yang berbeda. Ketika Kamu memilih antena sebaiknya perhatikan beberapa hal, seperti jenis TV yang Kamu miliki, jenis antena TV, merek, rotator serta harganya. Sementara untuk kualitas sinyal yang ditangkap sendiri, Kamu harus memperhatikan jumlah atau ukuran deretan antena, penguat sinyal/booster, jenis kabel antena, serta letak pemasangannya.

Cara Kerja Antena TV

Cara Kerja Antena TV
Kerja Antena TV

Memasang Antena TV Dengan Benar

Jika Kamu ingin memasang antena TV, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut yang mempengaruhi cara kerja antena TV di bawah ini :

  • Baca terlebih dahulu buku panduannya sebelum memasang antena TV.
  • Silahkan ikuti prosedurnya, seperti untuk menginstal antena deret, Kamu harus merakit antenanya terlebih dulu sesuai buku panduan.
  • Jika sudah selesai merakit, selanjutnya buka atau kupas kabel di bagian ujung sampai terlihat anyaman tembaganya.
  • Setelah itu, bagian yang telah terkelupas tadi setelahnya dijepit ke dalam driver antena TV, lebih tepatnya pada bagian alumuniumnya.
  • Kemudian pasang antena di luar atau di dalam ruangan. Biasanya tergantung dari tipe atau jenis antena TV, apakah indoor maupun outdoor.
  • Langkah cara kerja antena TV terakhir, apabila antena tidak mempunyai rotator, Kamu harus memastikan arah yang benar-benar tepat terlebih dahulu agar mendapatkan sinyal yang terbaik saat memasangnya.

Cara Kerja Antena TV Sesuai Jenisnya

Jika Kamu sedang berencana memilih antena TV, maka Kamu harus mengetahui jenis-jenis dan cara kerja antena TV berikut :

1. Antena Loop

Antena ini didesain untuk menangkap sinyal radio yang lebih efisien dibandingkan antena lainnya. Jenis antena ini lebih efisien dibandingkan yang lainnya sebab perangkat ini bersifat mobile, memanfaatkan lebih sedikit tenaga listrik, dan bekerja dalam berbagai frekuensi.

Sementara performa dari antena loop sendiri tergantung sepenuhnya pada penempatan dan konstruksinya, meskipun faktor lain juga ikut berperan. Antena loop menemukan titik lokasi dengan tingkat kekuatan sinyal ideal, sekaligus meningkatkan komunikas dan kualitas sinyal itu sendiri.

Lalu, bagaimana cara kerja antena loop?

Antena loop biasanya terbuat dari 1 buah lingkaran tembaga maupun logam yang bersifat konduktif lainnya dengan kedua ujungnya yang terhubung pada kapasitor yang serupa. Kamu bisa menyesuaikan kapasitansi pada antena lingkara, sementara frekuensinya sendiri disesuaikan terbalik. Maka dari itu, jika Kamu meningkatkan kpasitansi pada loop, maka frekuensi pun akan meningkat.

Di samping itu, apabila Kamu menurunkan kapasitansinya maka frekuensinya pun akan berkurang. Alasannya, disebabkan kapasitor loop pada antena memegang arus listrik kemudian melepaskannya  dalam waktu tertentu. Dengan kata lain, semakin lama muatan ditahan oleh kapasitor, maka akan semakin banyak pula gelombang radio yang terbentang dengan tingakt frekuensinya yang semakin rendah.

2. Antenna Slot

Antena slot sebenarnya diciptakan oleh Alan Blumlein sejak tahun 1938 silam. Ia menciptakan antena ini untuk menghasilkan antena yang praktis dalam penyiaran TV VHF dengan polarisasi horizontal, pola radiasi vertikal sempit, dan pola radiasi horizontal omnidirectional.

Material antena slot itu sendiri terdiri atas permukaan logam, berbentuk pelat datar, yang memiliki satu hingga beberapa lubang, dan biasa disebut sebagai slot digeser. Cara kerja antenaTV ini, jika pelat digerakkan maka  slot akan memancarkan gelombang EM melalui cara yang persis seperti antena dipol. Antena ini biasa dimanfaatkan pada frekuensi gelombang mikro dan UHF. Nah, jenis antena ini biasanya banyak diaplikasikan pada antena radar.

3. Antenna Dipole

Antena dipole adalah salah satu jenis antena paling sederhana, bahkan paling banyak dipakai. Dipol sendiri merupakan salah satu diantara kelas antena dengan pola radiasi mendekati dipol listrik elementer yang memiliki struktur pemancar untuk menunjang arus deru. Antena ini biasanya terdiri atas 2 elemen konduktif yang identik seperti halnya batang atau kawat logam.

Cara kerja antena TV ini biasanya arus penggerak pada pemancar diterapkan untuk menerima sinyal output dan dilanjutkan ke penerima. Dimana tiap sisi pada feedline menuju penerima atau pemancar terhubung langsung ke dalam salah satu perangkat konduktor.

Merk Antena Terbaik di Indonesia

Jika Kamu ingin membeli antena TV, maka ada beberapa pilihan merk antena terbaik yang bisa Kamu pilih, diantaranya :

1. Intra Antenna TV Spesialist

Antena TV yang satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi pemilik TV di rumah. Di samping bisa membuat gambar di TV lebih jernih, jenis antena ini pun dapat diputar hingga 360 derajat memakai remote digital.

Kamu dapat memilih antena ini bagi keperluan berbagai macam TV, diantaranya TV LED, LCD, dan TV Tabung. Cara instalasinya juga cukup mudah, Kamu bisa memasangnya di luar atau di dalam ruangan.

2. Antena TV AOKI AT3000

Antena TV AOKI telah didesan khusus menyesuaikan frekuensi TV di Indonesia, yaitu UHF. Memiliki model yang berbeda dan elegan dengan kebanyakan jenis antena umumnya. Selain itu, antena yang satu ini dapat diaplikasikan untuk menangkap banyak siaran, entah itu untuk TV digital atau analog.

Cara instalasi antena TV AOKI juga snagat mudah, Kamu dapat menempelaknnya di dinding, jendela, meja atau dapat dipasang di area luar ruangan memakai tiang besi atau kayu. Menariknya lagi, Kamu dapat membawa antena yang satu ini kemanapun, baik saat berlayar atau travelling, mengingat bentuknya yang praktis dan simpel. Bahkan, antena TV AOKI juga adpat digunakan untuk 2 unit TV sekaligus.

3. Antena TV PX DA-5200

Jenis antena ini memiliki desain yang menarik denngan memanfaatkan teknologi yang tingkat kebisingannya bisa diminimalisir. Antena ini adalah tipe antena dari TV Digital PC yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Produka antena ini mempunyai desain khusus dalam menerima sinyal digital berbais terrestrial broadcasting.

Antena DA-5200 juga sudah memanfaatkan sirkuit dan teknologi yang tingkat kebisingannya rendah, karenanya mmepunyai daya tangkap sinyal sangat baik. Kamu juga bisa memasanga ntena ini dengan mudah karena memiliki tingkat pengaturan arah luas. Kamu bahkan bisa meletakkannya di outdoor atau di indoor.

4. Antena TV PF HDU-25

Diantaraantena PF, maka antena HDU-25 adalah antena yang paling banyak disukai masyarakat sebab mempunyai kemampuan untuk menangkap sinyal dengan sangat kuat dan baik. Jenis antena ini telah dirancang secara khusus agar dapat dipakai untuk TV digital DVB-T2 maupun TV analog. Di samping itu, antena ini juga terbuat dari material aluminium berkualitas baik yang peka dengan sinyal TV.

Nah, itulah beberapa jenis, merk-merk dan cara kerja antena TV yang berbeda. Kamu tinggal pilih sesuai dengan jenis TV yang Kamu gunakan agar mendapatkan tangkapan sinyal lebih baik. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019