Cara Join Google Meet

Cara join Google Meet sebenarnya sangat mudah, namun mungkin bagi yang baru pertama kali menggunakannya tetap akan kebingungan. Google Meet atau Hangouts Meet merupakan software atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan agar kita tetap produktif bekerja dimana saja, termasuk dari rumah.

Perangkat lunak yang saut ini adalah aplikasi konferensi video online. Termasuk versi lain Google Hangouts, namun dikhususkan untuk kebutuhan bisnis dari berbagai ukuran. Aplikasi yang satu ini juga memungkinkan para pengguna melakuka panggilan melalui video bersama 30 pengguna yang lainnya setiap pertemuan.

Ini artinya, Google Meet dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam bersosialisasi bersama rekan kerja atau untuk rapat kerja sekalipun. Google Meet sudah terintegrasi bersama G Suite, sehingga memungkinkan para pengguna bisa langsung bergabung dari kalender maupun undangan yang sudah dikirim melalui email.

Cara Join Google Meet

Cara Join Google Meet
Bergabung di Google Meet

Join Google Meet Bagi Pengguna Tamu, Non G Suite, atau G Suite

Di tengah permasalahan keamanan yang sedang berlangsung, melalui software konferensi video seperti halnya Zoom Meeting, Google sudah menawarkan layanan aplikasi Google Meet secara gratis untuk digunakan bagi para penggunana non G-Suite dan G-Suite sampai September 2020.

Walaupun kemampuan memulai rapat atau menghosting rapat di Google Meet hanya tersedia bagi pengguna G-Suite saja, tetapi pengguna non-G Suite juga bisa bergabung ke rapat dengan mudah ketika diundang.

Sebenarnya ada beberapa panduan cara bergabung ke Google Meet. Kamu bisa bergabung meskipun Kamu bukan termasuk bagian organisasi atau peusahaan penyelenggara rapat jika Kamu sudah menerima “Kode Rapat”, atau menggunakan link untuk bergabung rapat ke Google Meet.

Join ke Google Meet Tanpa Akun G-Suite

Cara join Google Meet tanpa akun G Suite karena Google Meet sepeuhnya berfungsi di browser web, Kamu tak perlu lagi menginstal klien aplikasi Google Meet di PC/Komputer. Kamu bisa memakai browser Edge baru atau Chrome untuk bergabung ke Google Meet dengan cara membuka link meet.google.com pada browser.

1. Memakai Link Google Meet

Jika Kamu mempunyai tautan untuk bergabung di Google Meet, maka yang harus dilakukan ialah cukup membuka tautan tersbeut di browser, kemudian klik “Minta Bergabung” untuk melakukan permintaan bergabung kepada tuan rumah yang menyelenggarakan rapat.

Apabila Kamu tidak login atau masuk menggunakan Google lewat browser, maka Kamu masih bisa bergabung ke dalam rapat dengan cara memberikan namamu terlebih dahulu, kemudian klik “Minta Bergabung” pada layar.

2. Memakai Kode Google Meet

Cara join Google Meet yang kedua ialah memakai kode Google Meet. Jika Kamu sudah mendapatkan kode rapat alih-alih menerima link untuk bergabung ke Google Rapat, maka silahkan buka web Google Meet baik di Edge atau Chrome lalu tekan tombol “Pakai Kode Rapat” untuk bergabung ke ruang rapat.

Kemudian inputkan “Kode rapat” pada bidang teks kemudian tekan “Lanjutkan”. Setelah itu, akan diminta memasukkan namamu (Jika Kamu tidak signed in). Silahkan klik “Minta Bergabung” atau “Ask to join” jika Kamu siap bergabung ke ruang rapat online di Google Meet.

Join ke Google Meet Dengan Akun G-Suite

Pengguna G-Suite dalam perusahaan/organisasi yang sama atau bahkan dari organisasi/perusahaan lain bisa memakai “Kode Rapat” atau “Tautan Bergabung” Google Meet agar dapat bergabung ke dalam rapat seperti yang bisa dilakukan oleh pengguna non-G Suite. Akan tetapi selain itu, para pengguna G Suite di organisasi/perusahaan yang sama juga bisa bergabung ke Google Meet dengan hanya memakai nama panggilan rapat yangs udah ditetapkan tuan rumah rapat.

Kamu tinggal membuka link meet.google.com di browser, kemudian masuk menggunakan akun G Suite perusahaanmu. Lalu tekan tombol “Gabung atau Mulai Rapat”.

Jika Kamu mengetahui “Nickname” rapat, gunakan nama tersebut untuk bergabung ke Google Meet. Atau, bisa juga memakai “Kode Rapat” jika ingin bergabung ke dalam rapat seperti orang lain.

Silahka klik “Minta Bergabung” pada layar berikutnya untuk bergabung dalam rapat ketika Kamu sudah siap. Kamu juga bisa bergabung ke dalam rapat lewat telepon di Google Meet. Silahkan minta host rapat untuk memberimu PIN dan nomor telepon.

Sebenarnya sangat mudah mengikuti cara join Google Meet, tak peduli apakah Kamu pengguna G-Suite atau bukan. Di samping itu, Google Meet memungkinkanmu untuk bergabung ke dalam rapat sebagai tamu.

Kekurangan dan Kelebihan Google Meet

Di samping telah terintegrasi ke dalam akun Google, aplikasi Google Meet juga menawarkan berbagai macam fitur. Sehingga para penggunanya dapat memakai Google Meet untuk chatting, presentasi, meeting online sampai recording. Berbagai macam fitur dan layanan hadir di Google Meet menyesuaikan kebutuhan para penggunanya.

Akan tetapi, tetap saja Google Meet mempunyai beberapa kekurangan. Oleh karena itu, ada beberapa keunggulan dan kelemahan memakai Google Meet yang harus Kamu ketahui.

Kelebihan Aplikasi Google Meet

Ada beberapa kelebihan yang dapat Kamu peroleh jika memakai aplikasi Google Meet, di bawah ini :

1. Bisa Diakses via Akun Google

Kebanyakan pengguna android mempunyai akun Google, jadi akses untuk menggunakan Google Meet pun lebih cepat dan mudah, tidak perlu mendaftarkan diri lagi.

2. Mudah Bergabung

Cara join Google Meet juga sangat mudah, audiens bisa bergabung lewat we, peragkat iOS atau aplikasi android.

3. Terkait ke Google Drive

Google Meet telah terintegrasi ke dalam Google Drive dalam hal penyimpanan berkas dokumen dan recording yang sekiranya diperlukan. Para pengguna dengan paket G Suite premium bisa merekam sekaligus hasilnya dapat langsung disimpan dalam Google Drive.

4. Waktu Meeting Cukup Lama

Pertemuan di aplikasi G-Meet ini bahkan bisa berlangsung hingga 60 menit secara gratis. Tentu saja lebih baik daripada aplikais Zoom Meeting karena hanya bisa melakukan pertemuan selama 40 menit saja.

Kekurangan Google Meet

Selain kelebihan, Google Meet juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya :

1. Tidak Bisa Mengubah Layar Latar

Beberapa aplikasi konferensi video sudah menyediakan fitur pengubah layar background, jadi visualisasinya tampak lebih menarik. Namun sayang sekali di Google Meet masih belum ada fitur tersebut.

2. Tidak Mendukung Recording Untuk Versi Gratis

Google Meet versi gratis tidak menyediakan fitur recording. Lain halnya dengan aplikasi Skype dan Zoom Meeting yang untuk versi gratisnya sudah tersedia layanan recording.

3. Terasa Lambat Ketika Berbagi Layar

Saat melakukan presentasi dan berbagi layar lewat browser, biasanya peragkat komputer akan terasa lambat dan berat. Kemungkinan memerlukan PC/komputer yang spesifikasi hardware-nya lebih baik supaya presentasi menjadi lancar.

4. Belum Tersedia Google Meet versi PC

Sampai saat ini sayangnya Google Meet masih belum menyediakan versi desktop. Ini artinya meeting lewat komputer perlu dilakukan lewat browser.

Itulah kelebihan dan kekurangan Google Meet yang bisa Kamu gunakan sebagai media konferensi video online. Belum lagi, cara join Google Meet yang mudah membuat para pengguna lebih nyaman memakai Google Meet.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019