Cara Verifikasi Akun Instagram

Cara Verifikasi Akun Instagram

Siapa sih yang nggak mau akun Instagramnya terverifikasi? Akun Instagram yang terverfikasi atau verified Instagram ialah akun IG khusus dengan tanda centang biru tepat di samping nama akun IG itu sendiri. Biasanya memiliki akun IG yang terverifikasi akan mendapat kepercayaan dari banyak orang. Inilah kenapa banyak orang mencari cara verifikasi akun Instagram.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan label verified Instagram cukup sulit dilakukan. Tapi nggak ada salahnya juga jika Kamu mencoba cara verifikasi akun Instagram, agar akunmu gampang dilirik oleh banyak orang. Asalkan akun Instagrammu memenuhi ketentuan untuk mendapat label tanda centang biru dari pihak Instagram.

Read More

Apa Saja Sih Syarat Akun IG Terverifikasi?

Instagram sendiri telah menerapkan beberapa syarat agar akun Instagrammu bisa terverifikasi. Di samping harus memiliki banyak followers, Kamu juga harus memenuhi persyaratan berikut agar Instagram sukses memberi akun IG-mu sebagai akun yang terverifikasi.

1. Bukan Akun Abal-Abal

Syarat agar akunmu terverifikasi yang pertama ialah harus autentik. Maksud autentik disini yaitu bukan peniru dan akun asli dari merk atau tokoh tertentu. Tak hanya itu saja, isi feed atau postingan IG-mu pun harus benar-benar merupakan karya sendiri, tidak mengunggahnya dari akun orang lain. Sehingga pihak Instagram dapat mengkonfirmasi keabsahan dan keaslian akun IG tersebut, demi menghindari terjadinya aksi penipuan yang dapat dilakukan akun abal-abal.

2. Berbeda Dari yang Lain

Instagram dapat menilai akun IG seseorang terverifikasi, asalkan akun tersebut memiliki karakter unik. Tentu saja, unik disini maksudnya mengacu terhadap hal-hal tertentu sehingga membuat akunmu memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dari akun IG lainnya. Kamu juga harus tahu, bahwa Instagram tak akan memberikan verifikasi kepada akun Instagram yang mewakili public interest, seperti akun IG berisi gambar meme atau foto yang tujuannya untuk hiburan semata.

3. Popularitas

Syarat lainnya untuk menjadi verified instagram ialah akunmu wajib mewakili brand/merek tertentu, orang yang tereknal dan banyak dicari masyarakat. Selanjutnya Instagram melakukan peninjauan terhadap akunmu lewat berbagai referensi, apakah Kamu telah dikenal oleh masyarakat luas atau melihat popularitas merk atau akun IG terlebih dahulu. Meskipun penilaian ini cenderung subjektif, meskipun demikian Instagram tetap memiliki kriteria tersendiri. Mereka memiliki penilaian tersendiri, sehingga kita tidak tahu pasti apa alasan sebuah akun IG terverifikasi.

4. Data Lengkap

Syarat Instagram melakukan verifikasi akun Instagram yang mempunyai data lengkap. Oleh karena itu, lengkapi dulu akun IG milikmu melalui biografi unik. Dengan kata lain, biografi tersebut menjelaskan tentang siapa dirimu, beserta foto profilmu dengan jelas. Selain itu, pastikan pula akun IG milikmu tidak mencantumkan link url untuk menambahkanmu di jejaring sosial lainnya. Selanjutnya, akun IG juga tidak boleh digembok atau diprivat.

Sebenarnya ada beberapa trik cara verifikasi akun Instagram agar sukses, seperti meningkatkan ikatan atau engagement serta followers. Kamu bisa membuat postingan yang kreatif di IG, mengunggah foto di waktu yang krusial dan lainnya. Manfaatkan pula tagar (tanda pagar) atau hashtag di IG, dengan tujuan untuk memperoleh engagement lebih banyak lagi. Begitupun dengan followers yang semakin bertambah.

Cara Verifikasi Akun Instagram

Cara Verifikasi Akun Instagram
Verifikasi Akun Instagram

Tutorial Verifikasi Akun Instagram

Setelah membaca ketentuan verified Instagram di atas, apakah Kamu sudah yakin akun IG milikmu telah memenuhi keempat poin di atas? Jika sudah, kini saatnya Kamu melakukan cara verifikasi akun Instagram. Berikut poin-poin yang harus diperhatikan :

1. Melengkapi Identitas Akun

Cara verifikasi akun Instagram pertama ialah dengan memastikan nama akun Instagrammu telah terjamin. Di sini, Kamu harus membuat identitas yang menarik lewat biografi dan foto profilmu dengan jelas. Selain itu, pastikan untuk mengunggah postingan atau foto dengan tema tertentu secara konsisten. Apalagi jika Kamu bukan seleb, tokoh masyarakat atau brand ternama, Kamu tak akan cukup hanya mengupload satu foto IG saja untuk mendapatkan verifikasi tanda centang biru.

2. Ganti Akun ke Instagram for Business

Jika Kamu ingin memperoleh verifikasi Instagram, maka pastikan Kamu mengubah akunmu di IG dengan Instagram Bisnis lewat hp. Tujuannya untuk lebih meyakinkan Instagram sekaligus followers-mu. Jika sudah mengubah akunmu ke profil bisnis, selanjutnya Kamu tinggal menyambungkan ke halaman fanpage yang ada di Facebook. Jadi, sebelumnya buat dulu halaman fanpage terseut sebelum engganti akun Instagrammu ke dalam akun bisnis. Pastikan identitas profil Instagrammu sesuai tema yang dibawa, dan jangan pernah diubah-ubah jika ingin cara verifikasi akun Instagram sukses dilakukan.

3. Ikuti Aturan Instagram

Agar cara verifikasi akun Instagram berhasil, sebaiknya ikuti peraturan yang dibuat Instagram. Instagram tentu saja tak serta merta memberimu label tanda centang biru begitu saja jika melanggar ketentuan mereka. Cek apa saja aturan dan ketentuan yang berlakupada Community Guideliness Instagram. Contohnya, mengupload foto original buatan sendiri, mengantongi izin dan mencantumkan kredit jika mengunggah foto ulang milik orang lain.

4. Mengajukan Permohonan Untuk Verifikasi

Jika sudah melewati panduan di atas, Kamu pun tinggal mengajukan permohonan untuk verifikasi. Tentu saja untuk mengajukan permohonan ini, Kamu perlu mengecek terlebih dahulu apakah akunmu mempunyai opsi request verification. Kamu bisa mengecek opsi tersebut di menu Pengaturan, jika Kamu telah memenuhi seluruh persyaratan serta ketentuan verifikasi akun IG.

Setelah opsi tersebut muncul, silahkan ikuti panduan cara verifikasi akun Instagram di bawah ini :

  • Buka Pengaturan atau setting.
  • Pilih kemudian ketuk Request Verification.
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke formulir yang harus diisi, seperti nama lengkap, username, kategori dan known as. Adapun arti dari Known as itu sendiri ialah dikenal sebagai siapa bagi masyarakat maupun followers-mu. Misalnya, apakah Kamu selebgram, penyannyi, tokoh masyarakat atau yang lainnya? Sementara itu, Kamu bisa memilih kategori sesuai keinginan yang mewakili akun Instagrammu.
  • Selanjutnya Kamu pun diminta mengupload foto KTP. Untuk akun perorangan, bisa melampirkan paspor atau KTP, sedangkan bagi akun perusahaan atau bisnis lampirkan saja dokumen bisnis untuk pendukung.
  • Seluruh data harus terisi dengan lenglap dan benar.
  • Setelah itu, tekan send dan tunggu balasan langsung dari Instagram.

5. Proses Verifikasi Akun IG Selesai

Biasanya Instagram memerlukan peninjauan lebih lanjut untuk memastikan apakah akunmu memenuhi syarat yang sudah ditetapkan untuk menjadi verified Instagram. Waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi akun IG ini dari Instagram kurang lebih selama 1 minggu. Jika pengajuan verifikasi akunmu ditolak, ajukan lagi lewat permintaan baru 1 bulan sesudahnya.

Ya, itulah panduan cara verifikasi akun Instagram yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan label centang biru sebagai verified account Instagram. Jika Kamu berhasil mendapatkan label tersebut, tentu saja bisa meningkatkan eksistensimu di mata publik atau followers-mu sendiri, mendapatkan banyak fitur eksklusif, menandakan bahwa akunmu asli, dan masih banyak  keuntungan lainnya. So, jika akunmu layak mendapat label verified account jangan ragu mengikuti tutorial di atas!

 

 

Related posts