Cara Investasi Properti

Salah satu jenis investasi yang paling menguntungkan adalah investasi properti. Investasi tanah dan bangunan ini memang menawarkan laba yang menjanjikan jika kita menjalaninya dengan konsisten. Oleh karena itu, banyak pemula yang tertarik dengan cara investasi properti.

Investasi properti termasuk sejenis investasi dengan jumlah peminat cukup banyak. Kebutuhan rumah tinggal di area lahan yang kian terbatas dengan gaya hidup yang modern saat ini, membuat permintaan akan produk properti juga semakin meningkat.

Bagi yang ingin mencoba investasi apartemen atau rumah yang tengah menjamur, tentu memerlukan beberapa strategi yang tepat dalam cara investasi properti dengan baik. Kamu harus merencanakan investasi dengan jelas agar investasi yang Kamu jalankan menguntungkan.

Ini Alasan Kenapa Investasi Properti Layak Dicoba

Ada banyak manfaat dan keunggulan berinvestasi properti yang bisa Kamu dapatkan berikut ini :

1. Harga Menyesuaikan Inflasi

Meningkatnya inflasi memang merupakan hal yang tak dapat dihindari. Namun menariknya, nilai jual properti biasanya mengikuti kondisi dari inflasi itu sendiri. Ketika inflasi terjadi, maka harga properti akan mengalami peningkatan. Imbasnya Kamu tetap dapat meraih keuntungan.

2. Mendapatkan Pemasukan Ekstra

Untuk memulai investasi properti tentu saja Kamu tidak harus selalu menjual propertimu. Tetapi Kamu dapat menyewakan properti milikmu. Contohnya saja, membeli sebuah apartemen, kemudian menyewakan aperteman secara harian maupun bulanan. Dengan demikian, Kamu akan mendapatkan tambahan pemasukan setiap bulan dari hasil penyewaan properti.

3. Rata-rata Harga Properti Mengalami Kenaikan

Ternyata ketersediaan properti memang tak selalu berjalan seiring pertumbuhan penduduk. Ketika penawaran terbatas dan permintaan meningkat, secara otomatis harga jual properti pun ikut melonjak. Jika Kamu sebelumnya sudah mempunyai atau membeli properti, maka inilah momen yang tepat untuk menjual properti.

4. Penentuan Harga Properti Lebih Bebas

Seperti kita ketahui dalam cara investasi emas antam biasanya harga emas tergantung dari kondisi pasar. Sehingga Kamu tidak dapat mengendalikannya. Sementara berinvestasi properti sendiri membuka kebebasan untuk menentukan harga jual maupun sewa properti. Tapi tetap menyesuaikan harga di pasaran demi menarik minat para calon penyewa/penjual.

Cara Investasi Properti

Cara Investasi Properti
Berinvestasi Properti

Strategi Berinvestasi properti

Sebenarnya ada banyak cara investasi properti yang dapat diterapkan, akan tetapi Kamu hanya perlu melakukan strategi berinvestasi properti di bawah ini agar mendapatkan keuntungan :

1. Cari Pengembang yang Baik

Dalam berinvestasi properti, pastikan kamu memilih developer yang berkredibilitas. Ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menambah nilai investasi apartemen maupun rumah.

Silahkan cek portofolio perusahaan/developer, semua proyek yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya, kualitas SDM yang dimiliki dan ukuran proyek mereka. Beberapa perusahaan developer  besar bahkan mempunyai desainer khusus yang mengerjakan proyek mereka.

2. Pemilihan Lokasi Strategis

Cara investasi properti berikutnya ialah dengan memilih lokasi properti. Lokasi merupakan kunci agar investasi propertimu banyak diincar calon pembeli atau penyewa.

Jika Kamu ingin berinvestasi rumah, sebaiknya pilih lokasi properti yang akan dihuni pemilik rumah atau end user yang tinggal di lokasi tersebut. Pasalnya mereka akan lama tinggal di sana sekaligus dapat merekomendasikan teman, keluarga atau saudara untuk melakukan pembelian properti di lokasi tersebut.

Sebaiknya pilih lokasi strategis, yang dekat dengan area pusat kota, kantor pemerintahan, sekolah maupun pusat bisnis baik itu di pasar maupun dekat mall. Biasanya lokasi seperti itu mempunyai akses transportasi sangat baik yang selalu dibutuhkan para penghuni komplek/perumahan.

3. Mempunyai Aset Properti Lebih dari Satu Tempat

Mempunyai aset properti sendiri tentu jauh menguntungkan ketika Kamu berinvestasi properti lebih dari satu tempat saja. Hal ini dilakukan agar potensi keuntunganmu berlipat ganda. Selain itu, hal itulah yang membuat strategi pendamping bisa melakukan diversifikasi dalam berinvestasi terhadap aset yang Kamu miliki.

Dengan demikian, apabila terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan dalam satu properti yang Kamu miliki, Kamu masih mempunyai properti lainnya yang dapat menghasilkan keuntungan.

4. Pertimbangkan Fasilitas di Sekitar Area

Umumnya perusahaan developer besar membuka sekaligus mengelola kawasan yang baru secara terpadu, berikut sarana maupun pra sarana berupa pusat perbelanjtaan, tempat ibadah, tempat olahraga atau kolam renang dan lainnya. Adapun fasiltias yang ditawarkan akan semakin menambah nilai properti sekaligus mempercepat proses pengembalian investasimu.

5. Selalu Mengamati Pergerakan Pasar Properti

Cara investasi properti lainnya ialah sebaiknya cari informasi terupdate karena biasanya pasar bergerak akan menyesuaikan tren atau sentimen pembeli. Adapun caranya dengan mengetahui konsep gaya bangunan populer beserta fasilitas apa saja yang sedang dicari. Selain menawarkan harga kompetitip, konsep atau nuansa hunian menarik serta kenyamanan hunian tersebut adalah tolak ukur kesuksesan berinvestasi properti.

Selain itu, perubahan pada kondisi lingkungan pun akan berpengaruh terhadap nilai jual properti itu sendiri. Seiring dibukanya kawasan atau lokasi baru yang dekat dari jalan tol/MRT/LRT atau adanya perubahan peraturan, maka bisa saja semua harga properti disekitarnya berubah cepat. Oleh karena itu, selalu pantau wilayah target investasi properti sesering mungkin.

6. Melihat Rumah Contoh Secara Langsung

Silahkan luangkan waktu menunjungi lokasi perumahan atau propersi yang baru selesai dibangun. Kemu bisa mengecek kondisi lingkungan sekitar, kondisi di bagian dalam rumah, apakah menawarkan kualitas yang sama seperti yang diiklankan. Pengembang terkadag menawarkan opsi untuk mengubah konsep desain dan harga atau terjadinya penambahan biaya. Biasanya investasi apartemen menekankan desain interior, fasilitas dan lokasi.

Berinvestasi properti dengan baik ialah dengan cara mengecek setiap desain dengan teliti, interior dan ruangan. Selain itu, amati daerah yang ada di sekitar perumahan agar mengetahui fasilitas, kemudahan akses, kondisi jalan raya dan lainya.

Bentuk Investasi Properti

Bentuk dari investasi properti sendiri di era modern seperti sekarang ini memang bervariasi. Ada berbagai macam jenis properti yang dapat Kamu coba, diantaranya yaitu investasi bisnis flip properti, investasi properti sewa, properti online maupun yang lainnya. Namun yang jelas ialah bagaimanapun bentuknya, pastikan Kamu memilih strategi bisnis investasi properti dengan tepat.

Perbandingan Investasi Apartemen dan Rumah

Investasi apartemen dan rumah adalah sejenis investasi properti paling populer sekarang ini. Untuk mengetahui lebih detail perbandingan keduanya, Kamu bisa melihat ulasan di bawah ini :

1. Investasi Rumah

Kelebihan investasi rumah ialah lebih gampang dan cepat dijual kembali, bangunan berkualitas dapat meningkatkan potensi tingginya harga sewa, bank lebih mudah menerima rumah hunian sebagai bangunan daripada appartemen, dan meningkatya harga jual properti rumah ini lebih besar dibandingkan kenaikan harga jual apartemen.

Adapun kekurangannya ialah penyusutan bangunannya dinilai cukup tinggi, pembayaran biaya kebersihan, keamanan dan lainnya harus dilakukan secara rutin, dan cukup sulit mencari/mendapatkan penyewa yang dapat merawat rumah selama proses sewa rumah berlangsung.

2. Investasi Apartemen

Kelebihan investasi apartemen yaitu harganya cenderung lebih murah daripada rumah tipe 45 standar, lebih menguntungkan disewakan daripada rumah biasa, dan kolam renang atau fitness center biasanya membuat hunian menjadi lebih lengkap.

Adapun kekurangannya ialah membutuhkan lebih banyak biaya pemeliharaan, mengurangi penghasilan saat disewakan, kurang menarik untuk bank apabila dijadikan jaminan, tidak dapat merenovasi luas area terkecuali untuk interior, hanya memiliki hak atas kepemilikan unit, dan ada kemungkinan terdampak efek kerusakan yang berasal dari apartemen lain.

Itulah keuntungan dan kelemahan jenis-jenis investasi properti yang bisa Kamu pilih. Dengan mempertimbangkan plus minusnya, diharapkan Kamu bisa mempertimbangkan pemilihan properti yang tepat.

Kita tahu bahwa setiap investasi pasti menjanjikan keuntungan dan resikonya. Oleh karena itu, Kamu harus benar-benar memahami konsep dan cara investasi properti dengan baik agar mengoptimalkan keuntungan berinvestasi properti!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019