Cara IG Centang Biru

Cara IG Centang Biru
Cara IG Centang Biru

Kalau mau jujur, aku, kamu, dia, kita semua mendambakan validasi. Baik itu tentang merek dan entitas di media sosial, validasi tersebut biasanya datang dalam bentuk verifikasi. Khusus untuk topik lebih spesifik, kita semua pasti sangat ingin mendapatkan tanda centang biru. Selain Twitter, Facebook dan beberapa platform lainnya, Instagram juga telah mengadopsi level baru untuk identitas sebuah akun dengan centang biru. Lantas, bagaimana cara IG centang biru bisa didapat?

Verifikasi di Instagram menunjukkan bahwa kamu telah memiliki nilai branding di platform tersebut. Centang biru ini juga menjadi cara tidak langsung untuk mempromosikan akun kamu pada calon pelanggan yang ingin beriklan bahwa mereka dapat mempercayai konten yang ada di akun kamu.

Read More

Dan dalam realitanya, cara mendapatkan IG centang biru di Instagram tidaklah mudah dan tidak tersedia untuk semua orang. Tapi, kalau kamu merasa pantas untuk lambang verifikasi ini, kami telah menyiapkan beberapa tip yang merinci untuk cara mendapatkan verifikasi dari Instagram.

Cara IG Centang Biru

Cara IG Centang Biru
Cara IG Centang Biru

Apa Arti IG Centang Biru?

Menurut Instagram, akun yang menampilkan lencana terverifikasi “berarti Instagram telah mengonfirmasi bahwa akun ini memiliki tingkat kehadiran otentik setingkat figur publik, selebriti, atau merek global yang diwakilinya.” Dengan kata lain, ketika kamu melihat centang biru, kamu langsung dapat tahu bahwa kamu telah mengikuti akun yang sudah diverifikasi Instagram, bukan akun penggemar atau apa pun yang tidak secara resmi diakui sah.

Peliknya proses cara IG centang biru ini tentunya akan menjadi momentum yang dapat membuat frustasi terutama ketika kamu baru pertama kali membuka akun di platform ini. Meskipun kamu mungkin benar-benar adalah akun resminya, orang lain mungkin akan skeptis untuk menekan tombol follow sampai mereka tahu pasti.

Nah, kalau kamu sudah merasa yakin dengan identitas (baca:kemampuan) kamu untuk diverifikasi, kamu bisa kok untuk langsung mengejar dan benar-benar request lencana terverifikasi untuk profil Instagram kamu.

Cara Request Verifikasi di Instagram

Tidak mudah bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Untuk kamu yang berencana dapat verifikasi dari Instagram, kamu bisa mengikuti cara IG centang biru di bawah ini. Pastikan untuk memastikan prosedurnya dilakukan dengan tepat ya!

  1. Masuk ke akun Instagram dan arahkan ke Pengaturan dari menu di kanan atas
  2. Di dalam Pengaturan, klik “Akun” dan pilih “Request Verification”
  3. Lengkapi kolom yang diperlukan lalu tekan kirim untuk memulai proses peninjauan

Tiga langkah di atas terlihat mudah memang tetapi seperti yang dinyatakan Instagram, hanya karena akun kamu memenuhi syarat untuk verifikasi tidak berarti bahwa akun tersebut akan serta merta mendapatkan centang biru saat itu juga. Nah sayangnya, belum ada informasi menyangkut timeline tentang kapan kamu akan diberi tahu hasil verifikasi. Tetapi jika kamu ditolak, kamu harus menunggu 30 hari lagi sebelum mencoba meminta verifikasi lagi. Selagi menunggu verifikasi, kamu mungkin bisa untuk mencoba merubah font IG untuk meningkatkan brand value akun kamu.

Cara Mempermudah Potensi Dapat IG Centang Biru

Kalau rute di atas tidak berhasil, jangan khawatir. Ada beberapa inisiatif lain yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan peluang kamu dapat centang biru di IG.

Bangun Internet Profil dengan Baik

Opsi pertama adalah membangun brand awareness kamu di tempat lain. Memiliki banyak follower yang banyak di platform lain akan dapat membantu membuat akun kamu menjadi lebih baik. Misalnya, ada hubungan kuat antara Twitter dengan dunia politik dan pers. Itu karena para politisi dan jurnalis kerap menggunakan Twitter untuk menyebarkan berita. Sementara itu, platform visual seperti Instagram akan memiliki keterkaitan yang kuat dengan Twitch dan YouTube. Jadi, kalau kamu masih belum dapat pengakuan dari IG, jangan sedih dulu dan alih-alih tingkatkan pamor kamu dari platform lain.

Pastikan untuk Selalu Aktif

Tips yang satu ini adalah cara paling ultimate untuk dapat IG centang biru. Kedengaran biasa mungkin, tapi bukan tidak mungkin, kamu tidak mendapatkan verifikasi Instagram karena kamu tidak secara aktif menggunakan platform tersebut. Saat tim dari IG datang untuk melihat apakah kamu layak untuk diverifikasi, mereka akan mencari pola aktivitas rutin.

Kalau kamu tidak menggunakan platform ini, maka tentu tidak ada manfaatnya untuk memulai proses verifikasi. Ini juga berlaku sebaliknya. Apa gunanya verifikasi kalau toh kamu tidak aktif di Instagram? Karenanya, untuk meningkatkan peluang kamu mendapatkan lencana biru kamu harus melakukan tiga hal berikut secara rutin:

  • Post Foto: Sejatinya, Instagram adalah tentang estetika. Influencer akan mendapatkan follower karena mereka tahu cara menarik audiens mereka. Cari tahu apa yang disukai follower kamu dan rutinkan untuk merilis foto-foto tersebut.
  • Manfaatkan Fitur Insight: Buka halaman Instagram Business dan gunakan fitur Insight untuk merencanakan konten yang sesuai dengan orang-orang yang ada di feed kamu. Pastikan untuk memposting pada saat pengikut kamu sedang paling aktif ya!
  • Rutin Terlibat: Jangan lupa juga untuk menghabiskan waktu menanggapi komentar, menyukai postingan, dan menjelajahi hashtag yang relevan. Keterlibatan ini adalah kunci terpenting di platform sosial modern apa pun.

Seberapa Penting Tahu Cara IG Centang Biru?

Pada akhirnya, kamu harus tahu bahwa ada banyak perencanaan dan upaya yang terlibat dalam proses verifikasi Instagram, jadi pastikan kamu memiliki alasan yang tepat sebelum memulai. Tapi untungnya, ada banyak sekali keuntungan yang didapat setelah akun kamu diverifikasi, mulai dari kredibilitas brand yang lebih baik hingga awareness sosial yang lebih kuat. Yakin ga mau?

Related posts