Cara Gosend Lewat Grab

Tahukah Kalian bagaimana cara Gosend lewat Grab? Sebenarnya kedua layanan ini berbeda, karena sudah jelas dari perusahaan transportasi online yang berbeda. Gosend adalah layanan pengiriman paket atau barang berjumlah sedikit dengan volume lebih kecil dari Gojek. Sedangkan Grab sendiri memiliki layanan pengiriman barang milik mereka sendiri, bernama Grab Express.

Keduanya memiliki perbedaan karena penyedia layanannya yang berbeda. Selain itu, tentu saja layanan yang diberikannya juga berbeda. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Bagi yang sering berbelanja online, biasanya kedua layanan, baik Grab Express maupun Go Send sudah tersedia. Kalian pun tinggal memilih salah satunya saja.

Read More

Karena memang tidak ada cara Gosend lewat Grab, kita akan membahas keduanya antara Gosend dan Grab Express. Oke, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini!

Cara Gosend Lewat Grab

Cara Gosend Lewat Grab
Cara Pesan Grab Express dan Gosend

Cara Pesan Grab Express

Memesan layanan Grab Express bisa dilakukan lewat aplikasi Grab dengan mudah. Melalui proses pemesanan Grab Express Kalian bisa melakukan pengecekan paket dengan cepat. Selain itu, layanan yang satu ini juga dapat dibayar memakai Grabpay, sehingga penggunaannya lebih fleksibel.

Mengingat cara Gosend lewat Grab memang tidak ada, karena itu Kalian bisa membandingkan layanan Gosend dan Grab Express. Untuk pembahasan pertama, Kalian bisa mendaftar layanan Grab Express terlebih dahulu. Berikut cara pesan Grab Express mudah :

1. Masuk ke Aplikasi Grab

Pertama-tama, silahkan masuk ke aplikasi Grab, jika Kalian belum memilikinya silahkan download aplikasi Grab terlebih dahulu, baik di App Store maupun Google Play Store. Jika sudah mengunduh dan menginstalnya, Kalian tinggal daftar akun terlebih dahulu dengan mudah sesuai instruksi yang tersedia.

Terkait:  Cara Masukin Makanan ke Gofood

2. Silahkan Pilih Grab Express

Jika sudah mendaftarkan akun, selanjutnya pilih Grab Express dan pastikan GPS Kalian aktif. Kemudian secara otomatis, aplikasi akan langsung mendeteksi lokasi keberadaan Kalian.

3. Masukkan Lokasi Penerima dan Pengirim

Cara pesan Grab Express selanjutnya ialah Kalian tinggal memasukkan lokasi penerima dan pengirim barang Grab Express. Sesudah menentukan tempat atau lokasi, selanjutnya akan muncul informasi tentang biaya perjalanan. Setelah itu, Kalian tinggal “Konfirmasi pesanan”.

4. Dapatkan Driver Grab Express

Jika pesanan sudah dikonfirmasi, selanjutnya Kalian akan ditampilkan pencarian driver. Aplikasi Grab sendiri memberikan informasi tentang driver Grab terdekat yang dapat dipilih.

5. Lakukan Konfirmasi Driver

Pilih driver grab paling dekat sesuai keinginan Kalian, selain itu pastikan nomor kendaraan dan namanya sesuai informasi yang tertera pada aplikasi. Sialahkan konirmasi untuk proses pesanan berikutnya.

6. Lakukan Pelacakan Driver Lewat Aplikasi Grab

Cara pesan Grab Express selanjutnya, sesudah pesanan dikonfirmasi, Kalian bisa melakukan pelacakan driver melalui “Share My Rides”. Selanjutnya produk akan diambil di lokasi penjemputan. Lalu akan diantarkan kepada penerima dengan aman dan cepat.

Dari ulasan di atas, tentu saja cara Gosend lewat Grab tidak akan bisa, bukan? Sebab keduanya memang terpisah. Sebenarnya selain Grab Express, Grab juga memberikan layanan Grab Sameday, Kalian bisa mendaftarnya dengan cara daftar Grab Sameday.

Selelain itu, Grab Express dapat dimanfaatkan untuk pengirima kupon, dokumen, voucher, cek, barang antik, giro,  dan lain sebagainya. Biasanya Grab Express tak akan menerima proses pengiriman jika barang tidak dikemas baik terutama pada barang pecah belah, mereka juga tidak menerima pengiriman obat-obatan, minuman beralkohol, perhiasan, uang tunai, atau benda-benda yang melanggar peraturan.

Terkait:  Cara Cek Ongkir GoSend

Ketentuan Pengiriman Paket Grab Express

Setiap pengiriman paket lewat Grab Express biasanya akan diberikan asuransi sebesar Rp. 10 juta untuk barang jenis tertentu. jika ingin klaim kerusakan barang, Kalian harus melakukan pengisan formulir yang akan ditangani selama 3 x 24 jam sesudah dilakukan proses booking.

Layanan antar paket Grab Express biasanya memakai Grabbike atau sepeda motor, jadi mempunyai bobot dan ukuran minimum paket. Sehingga bagi konsumen pastikan isi barang, kemasan dan ukuran jangan sampai melebihi batas atau kapasitas yang sudah ditentukan Grab.

Grab sendiri telah memberikan ketentuan barang yang bisa dikirim dengan 32 cm (panjang) x 25 cm (lebar) x 12 cm (tinggi), dengan berat sebesar 5 kg.

Cara Pesan Gosend

Berdasarkan pembahasan cara Gosend lewat Grab yang faktanya tidak bisa dilakukan. Jika Grab Express ditawarkan oleh perusahaan Grab, maka Gosend ditawarkan oleh rivalnya yaitu Gojek.

Kehadiran Gojek dan Grab tentu saja tak hanya menguntungkan bagi para penggunanya, melainkan bagi banyak pihak. Sebab secara tidak langsung, sudah ikut membuka lapangan pekerjaan. Apalagi penghasilannya memang bisa dikatakan cukup besar.

Terlebih jika Kalian menerima bonus dari Gojek, sebab dengan adanya bonus membuat penghasilan Kalian menjadi bertambah besar.

Adapun jika Kalian sebagai pengguna Gojek, tentu saja layanan ekspedisi barang Gosend adalah pilihan yang tepat bagi Kalian. Jika Grab menawarkan metode pembayaran GrabPay, maka Gosend sendiri menyediakan metode pembayaran lewat GoPay.

Jika baru pertama kali memakai layanan Gosend, berikut cara pesan Gosend yang bisa Kalian ikuti tutorialnya :

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan, silahkan download aplikasi Gojek terlebih dahulu.
  • Setelah mengunduh dan menginstallnya di ponsel, silahkan lakukan pendaftaran akun Gojek.
  • Jika sudah mempunyai akun Gojek, silahkan buka aplikasinya.
  • Di menu utama, Kalian akan melihat beberapa macam fitur yang tersedia, silahkan klik GoSend.
  • Lalu, Kalian diminta untuk melakukan pengisian lokasi penjemputan paket/barang. Cukup dengan mengisi lokasi alamat tujuan penerima yang dikirimi paket. Kemudian lanjutkan dengan tekan “Lanjut”.
  • Selanjutnya lengkapi semua detail pengiriman berdasarkan deskripsi produk, nama penerima dan nama pengirim.
  • Di samping itu, silahkan isi nomor Hp penerima dan pengirim. Ini juga wajib, untuk mempermudah proses pengiriiman.
  • Setelah melakukan pengisian informasi pengiriman lengkap, selanjutnya tinggal pilih opsi “Metode Pembayaran”, Kalian bisa pilih apakah akan memilih GoPay atau cash. Lalu tinggal klik “Pesan”.
  • Selanjutnya tinggal tunggu beberapa lama, maka sistem akan langsung mencarikan driver Gojek. Driver biasanya akan langsung chat atau menelpon untuk menanyakan informasi alamat maupun yang lainnya perihal pengiriman.
  • Sebelum memberikan paket yang akan Kalian kirim, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika driver Gojek yang datang sesuai dengan yang muncul di aplikasi, agar terhindari dari hal-hal yang tak diinginkan.
  • Apabila Kalian ingin memakai pembayaran secara tunai, langsung saja bayarkan.
  • Jika barang sudah tiba, driver selanjutnya akan mencatat jenis paket yang dikirim beserta nama penerimanya.
Terkait:  Cara Daftar Grab Sameday

Nah, itulah panduan cara pesan Gosend bagi Kalian yang baru pertama kali menggunakan layanan pengantaran barang dari Gojek ini. Cara yang diberikan di atas tentu saja sangat mudah, Kalian juga akan mendapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar layanan Gosend. Apalagi jika pengiriman barang dilakukan di tempat atau lokasi yang masih satu wilayah/kota.

Bagaimana, sudah paham dengan cara Gosend lewat Grab di atas? Jadi intinya untuk memesan Gosend, Kalian harus menggunakan layanan Gojek. sedangkan Grab sendiri juga memiliki layanan pengiriman barang khusus pengguna Grab lewat Grab Sameday dan Grab Express.

Baru Diulas:

Related posts