Cara Full Screen Game Android

Sedikit demi sedikit, display telah menjadi salah satu titik kunci dari sebuah smartphone. Kalau kamu mau perhatikan, sejak tahun 2018 dimana konsep notch telah menjadi norma baru, kualitas layar juga semakin menanjak. Dari satu sisi, kualitas display yang baik memungkinkan kita sebagai pengguna untuk dapat menikmati konten di layar yang semakin besar, dengan struktur berintegritas tinggi. Tapi di sisi lain, menghilangkan bezel juga menjadi salah satu masalah yang pelik. Tidak hanya pada penggunaan aplikasi dan menonton video, sensasi gaming juga sedikit tertahan dengan adanyak takik alias poni. Dan pertanyaan besarnya untuk artikel ini adalah, bagaiman cara full screen game Android tanpa masalah? Penasaran? Ikuti terus artikel ini sampai selesai.

Cara Full Screen Game Android

Cara Full Screen Game Android
Cara Full Screen Game Android

Mengingat variasi brand smartphone yang ada saat ini, dan keterbatasan ruang untuk menulis, maka artikel ini mungkin hanya akan menyentuh dua brand Android yang cukup common di Indonesia. Pertama, kita akan membahas dengan detail cara full screen game di gadget dengan label Xiaomi, sebelum melangkah ke pabrikan asal Korea Selatan, Samsung.

Cara Full Screen Game Android di Xiaomi

Sebagai pemain muda yang di tengah pertarungan Android yang semakin ketat, Xiaomi berhasil menciptakan segmennya sendiri. Memulai debut sebagai ponsel budget opsional, kini pabrikan ini telah punya fondasi cukup kuat untuk jadi pemain utama. Semua sisi smartphone modern telah dimatangkan Xiaomi termasuk kemampuan untuk mengoptimalisasi display layar.

Artikel ini akan mengulis sejumlah opsi layar penuh pada smartphone Xiaomi. Faktor penting yang memungkinkan kita untuk menyesuaikan pengalaman menikmati display adalah dengan mengolah settingan pada MIUI. Opsi ini tergolong fresh karena baru diintegrasikan ke dalam MIUI 10, dan kemudian tersedia di MIUI 11 dan berlanjut di MIUI 12.

Sebelum masuk ke tutorial utama, perlu dicatat bahwa pengaturan Xiaomi apa pun modelnya biasanya akan terdapat variasi dan perubahan yang memungkinkan tutorial ini perlu disesuakan dengan kebutuhan.

Mode Layar Penuh pada Ponsel Xiaomi

Mode ini sengaja disiapkan pabrikan untuk memberi para pegguna ponsel Xiaomi solusi untuk menikmati layar ponsel mereka tanpa harus hidup dengan tombol layar atau bilah atas yang mencoba menyembunyikan takik. Opsi ini juga dapat diabaikan atau jika ingin, dapat digabungkan dengan mode lain. Untuk menikmati pengalaman Full Screen di MIUI, kamu hanya perlu mengikuti tiga langkah mudah berikut:

  • Pertama, kamu perlu membuka pengaturan.
  • Kemudian klik layar.
  • Terakhir, pilih mode layar penuh.

Pada bagian ini, kamu akan melihat aplikasi di sistem ponsel dan di semua perangkat seluler yang telah kamu instal secara manual. Hanya dengan memiliha aplikasi, kamu akan dapat memberi tahu ponsel pintar kamu untuk memanfaatkan seluruh bagian layar terlepas dari bilah bawah atau jenis takik yang kamu miliki.

Jika ponsel pintar kamu hanya berisi beberapa aplikasi standar, kamu mungkin tidak lagi perlu melihat bagian berikutnya. Tapi sayang opsi yang kamu lihat sebelumnya biasanya hanya akan dapat teraplikasi untuk kasus tertentu atau hanya pada aplikasi tertentu. Nah, apa yang terjadi kalau kamu ingin selalu menikmati seluruh display layar ponsel Xiaomi kamu? Tenang, masalah ini dapat diselesaikan dengan dua cara, yang mungkin berbeda bergantung pada model ponsel Xiaomi yang kamu punya.

Mode Gesture pada Ponsel Xiaomi

Cara Full Screen Game Android di Xiaomi adalah dengan menghilangkan tombol yang muncul di layar dan memilih untuk menggunakan gerakan yang semakin populer. Dengan opsi gesture ini, kamu akan mendapatkan ruang yang jauh lebih besar untuk melihat lebih banyak konten di MIUI. Proses sederhana penggunaan gesture dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Buka pengaturan ponsel Xiaomi.
  • Kemudian pilih ke pengaturan tambahan.
  • Selanjutnya, pilih opsi untuk membuka pengaturan full screen.
  • Terakhir, kamu harus mengubah opsi untuk mengaktifkan full screen dengan memilih opsi yang tersedia.

Nonaktifkan Mode Sembunyikan Notch

Kalau kamu tahu cara cek layar Xiaomi, kamu pasti tahu bahwa da banyak perangkat Xiaomi, Redmi atau POCO yang memiliki notch. Hampir semua perangkat buatan pabrikan ini menggunakan sistem MIUI yang sama untuk menyembunyikan poni di display. Meskipun ini adalah fungsi yang sangat berguna jika kita ingin kembali ke masa lalu dengan layar tanpa lubang atau poni ini, namun opsi ini juga membuat kamu kehilangan sebagian layar pada ponsel pintar kamu.

Nah untuk menghilangkan opsi default ini, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan> Tampilan> Takik dan bilah status> Sembunyikan Takik. Opsi ini adalah pilihan ideal untuk kamu yang mendapatkan porsi layar penuh dari ponsel Xiaomi. Meski di awal akan sulit, tapi dengan menerima kenyataan, area takik ini nantinya akan memberikan impresi luas yang lumayan.

Cara Full Screen Game Android di Samsung

Cara Full Screen Game Android di Samsung juga banyak dicari netizen karena pamor pabrikan ini yang tinggi. Kondisi di sisi sini bahkan sedikit lebih parah karena pengguna mungkin akan melihat aplikasi tidak bisa full screen karena kurva atas dan bawah atau karena setup punch hole yang untuk beberapa orang terlalu integral.

Tentu saja, ini sering terjadi pada aplikasi dan game yang tidak dioptimalkan secara khusus. Aplikasi semacam ini dapat menyebabkan tampilan yang buruk karena area khusus ini tidak diperhitungkan dan bahka, resolusi ponsel juga tidak didukung. Tapi tunggu dulu, Samsung telah memperkirakan masalah ini dan menawarkan dua solusi untuk ini.

Solusi pertama adalah dengan kemampuan deteksi layar dimana biasanya, akan muncul pemberitahuan di menu navigasi dan jika kamu menyentuhnya, aplikasi yang sedang kamu buka akan ditingkatkan ke layar penuh. Umumnya, solusi ini berfungsi dengan baik untuk beberapa aplikasi standar. Namun, dalam beberapa aplikasi, opsi seperti itu tidak muncul, dan dalam hal ini, kamu harus memaksa aplikasi yang relevan ke layar penuh dengan mengikuti jalur Pengaturan> Tampilan> Aplikasi Layar Penuh.

Cara Full Screen Game Android dengan Aplikasi

Jika beberapa opsi di atas tidak juga bisa menyelesaikan masalah, kamu bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang memberikan solusi pada cara full screen game Android. Tapi perlu diingat bahwa beberapa aplikasi ini biasanya tidak akan dapat memberikan optimalisasi pengalaman game yang baik. Masalah yang paling sering dihadapi dengan penggunaan aplikasi ini adalah grafik yang meluas ke samping, tampilan yang melebar dan resolusi yang ter-stretch.

Pada akhirnya, beberapa cara untuk mendapatkan pengalaman full screen pada Android hanya akan menjadi solusi semi-permanen. Notch dan poni atau apapun itu adalah bagian dari perkembangan teknologi dan jika melihat pattern perkembangannya, kita mungkin sebentar lagi akan melewati fase ini. Good luck!

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.