Cara Mengunci Sinyal 4G

Kamu pasti belum pernah dengar soal cara mengunci sinyal 4G, bukan? Umumnya masalah ini disebabkan para pengguna smartphone seperti kalian selalu mengeluh soal kekuatan sinyal yang rendah. Selain itu, kamu tidak bisa memuat situs-situs tertentu dan dapat menghabiskan kuota data.

Faktor lainnya adalah lingkungan sekitar lantaran tidak semua provider seluler di Indonesia punya kekuatan jaringan yang menjangkau kawasan yang sama.

Alhasil pengguna smartphone harus mengganti provider lain yang belum tentu punya kualitas lebih baik. Maka dari itu, cara mengunci sinyal 4G pada smartphone harus dipahami dan diperhatikan dengan baik. Pembahasan ini bukan hanya menguntungkan diri kamu sendiri, namun orang lain.

Pasalnya, semua orang sudah menggunakan smartphone beragam merek mulai dari anak-anak sampai dewasa dan satu sama lain butuh sinyal 4G yang kuat dan stabil.

Sinyal 4G masih menjadi jaringan terbaik di Indonesia, sedangkan negara lain sudah mengembangkan sinyal 5G seperti Malaysia, Singapura dan Jepang. Meski begitu, Indonesia masih belum siap beralih lantaran semua merek smartphone belum mendukung pemakaian sinyal 5G dan kartu provider masih bertahan pada 4G.

Ulasan selanjutnya patut diikuti dari awal hingga akhir agar kalian dapat memakai kualitas jaringan terbaik saat bermain internet. Kamu juga perlu siap menerima kelebihan dan kelemahan yang muncul selama mengaktifkan sinyal 4G saja selama menggunakan smartphone.

Mengapa Sinyal 4G pada Smartphone Harus Dikunci?

Kalian pasti penasaran mengapa sinyal 4G harus terkunci pada smartphone. Tak menutup kemungkinan bila kamu belum bisa membedakan antara sinyal ponsel yang dikunci dan dibuka secara otomatis. Seperti kalian tahu bahwa sinyal 4G sudah dianggap sebagai kualitas jaringan paling bagus di Indonesia.

Perkembangannya terbilang signifikan dan kecepatannya lebih baik dibandingkan sinyal 3G, 2G maupun H+ yang kualitasnya masih belum memuaskan.

Namun, tahukah kamu? Smartphone yang kalian gunakan saat ini belum tentu sanggup menangkap sinyal 4G dengan lancar setiap hari. Walaupun kamu sudah menggunakan provider paling mahal, tetapi hal itu bukan suatu jaminan.

Mengapa sinyal 4G harus selalu siaga bahkan terkunci dengan baik? Kamu bakal mengetahui jawabannya melalui beberapa poin penting yang harus diperhatikan di bawah ini :

  • Kecepatan internet mencapai 128 kbps.
  • Sinyal 4G mampu membuka situs-situs internet dalam waktu singkat.
  • Aplikasi sosial media bisa menghasilkan konten yang bagus dan jelas.
  • Telepon bisa menciptakan suara jernih dan tidak terputus.

Wajar jika semua orang membutuhkan sinyal 4G yang tidak bisa lepas dengan smartphone pada era digital seperti sekarang. Kalian menjadi salah satu dari jutaan orang yang butuh provider berkualitas 4G agar bermain sosial media atau keperluan lain dapat berjalan lancar setiap hari.

Maka dari itu, gunakan kartu seluler yang bagus sesuai kebutuhan supaya kamu bisa memakainya lebih lama tanpa menghabiskan uang banyak dengan hasil yang pasti.

Cara Mengunci Sinyal 4G

Cara Mengunci Sinyal 4G
Mengunci Sinyal 4G | Freepik.com

Kalian bisa menggunakan dan mengunci sinyal 4G untuk semua tipe smartphone dengan proses yang mudah. Tak hanya itu, kamu dapat mengamankan jaringannya dengan atau tanpa aplikasi unduhan.

Walaupun kalian belum pernah melakukannya selama mempunyai smartphone, tetapi fungsinya patut diperhitungkan pada masa pandemi yang membuat siapa saja lebih sering bermain gadget di rumah. Beberapa panduan yang bisa dilakukan adalah :

1. Cara Mengunci Sinyal 4G via Menu Pengaturan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu “Setting” atau “Pengaturan” terlebih dahulu. Apabila kamu sudah masuk ke dalamnya, maka bisa mencari sub menu “Jaringan Seluler” atau “Mobile Network”.

Kemudian, pilih sub menu “Mode Jaringan” dan tekan tombol “Hanya 4G” atau “4G LTE Only” untuk mengaktifkan sinyal 4G sebagai satu-satunya jaringan seluler yang bisa diterima pada smartphone kamu.

2. Cara Mengunci Sinyal 4G via Dial Phone

  • Buka menu Dial Phone.
  • Masukkan kode angka rahasia *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada papan tombol menu telepon.
  • Tunggu beberapa saat sampai kalian diarahkan ke menu “Pengujian”.
  • Tekan tombol “Informasi Perangkat”.
  • Geser layar ke bawah dan cari sub menu “Set Preferred Network Type”.
  • Pilih menu “LTE Only”.
  • Tekan tombol “Back” atau “Kembali”.
  • Selesai.

3. Cara Mengunci Sinyal 4G via Advanced Signal Status (Rooted Only)

Untuk menggunakan aplikasi pengunci sinyal ini, kalian pastikan sudah mempunyai perangkat yang telah “Rooted”. Advanced Signal Status bakal berfungsi dengan baik bila perangkatnya sudah dalam kondisi tersebut. Namun, kalian boleh menggunakan King Root atau Magisk Root jika device atau perangkat belum root.

Tutorial mengunci sinyal 4G via Advanced Signal Status adalah :

  • Unduh aplikasi Advanced Signal Status dan jalankan seperti biasa.
  • Geser layar ke bawah dan temukan menu “Additional Information”.
  • Pilih menu tersebut dan tunggu beberapa saat hingga kalian dibawa ke menu “Pengujian”.
  • Pilih “Informasi Perangkat” dan lanjutkan dengan menekan tombol “Set Preferred Network Type”, pilih sub menu “LTE Only”.
  • Tutup aplikasinya dan pergantian sinyal 4G akan berlangsung secara otomatis.
  • Selesai.

4. Cara Mengunci Sinyal 4G  via 4G LTE Switch (Tanpa Root)

Kamu bisa mengunci sinyal 4G pada smartphone tanpa root, tepatnya dengan 4G LTE Switch yang sudah diunduh banyak orang. Kendati demikian, aplikasi ini hanya berguna sebagai jalur alternatif untuk membuka menu informasi perangkat kalian, serta tidak wajib membutuhkan akses root.

Di bawah ini adalah tata cara mengunci sinyal 4G dengan 4G LTE Switch yang cepat dan mudah, antara lain :

  • Unduh aplikasi 4G LTE Switch via Google Play Store.
  • Jalankan aplikasinya dan kalian bakal diarahkan ke menu “Device Information” secara otomatis.
  • Geser layar ke bawah dan pilih sub menu “Set Preferred Network Type”.
  • Tekan gambar segitiga di bawah tulisan tersebut, pilih menu “4G LTE Only”.
  • Selesai.

Apakah Mengunci Sinyal 4G Punya Kelemahan yang Merugikan?

Untuk mengamankan kualitas jaringan smartphone yang bagus, kalian bisa mencoba cara mengunci sinyal 4G di atas. Tak menutup kemungkinan bahwa kamu bakal menjelajah internet terus menerus lantaran kecepatannya lebih baik daripada penggunaan secara normal.

Namun, siapa saja yang menerapkannya pasti mengalami kondisi tertentu yang tidak selalu memuaskan karena semua merek smartphone pasti menerima kelemahan dari proses penguncian sinyalnya. Baik itu pakai atau tidak lewat aplikasi ketiga pasti semua pemilik gadget bakal mengalami momen tersebut.

Smartphone biasanya lebih cepat panas. Mengapa? Hal ini dikarenakan server ponsel hanya menerima sinyal 4G saja, sedangkan jaringan 3G dan 2G bakal diabaikan meski tersedia dan bisa dicoba. Dampak ponsel panas pasti mengakibatkan daya tahan baterai tidak tahan lama.

Suhu tinggi akan berpengaruh buruk terhadap kinerja prosesor ponsel sehingga sulit bekerja lebih lama. Kalian perlu memperhatikan provider seluler yang digunakan dan sesuaikan dengan lingkungan sekitar yang menunjang pemakaian kartu ponsel tersebut.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...