Cara Hitung Kredit Mobil

Bagaimana cara hitung kredit Mobil? Apakah perhitungan Kredit bisa berguna untuk mengetahui harga asli dari kendaraan? Apa saja hal hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kredit mobil?

Memiliki kendaraan impian seperti mobil, tentunya menjadi salah satu harapan dan cita cita untuk sebagian orang pada saat ini. berkembangnya teknologi serta pembangunan, akhirnya mempengaruhi masyarakat dalam gaya hidupnya. Jika pada beberapa tahun silam kita harus sibuk mencari angkot ataupun menggunakan jasa dari ojek pangkalan untuk sampai ke suatu tujuan, saat ini kita bisa dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, utnuk menuju suatu tempat.

Sama hal nya seperti ketika kita memiliki kendaraan pribadi seperti mobil. Untuk masyarakat yang munkgin saja ingin pulang ke kampung halaman yang tak jauh dari tempat tinggal mereka saat ini, dulu mungkin mereka harus menggunakan layanan transportasi darat seperti kereta, ataupun bis, dan juga menggunakan jalur laut seperti kapal, ataupun melalui jalur udara seperti pesawat.

Namun, kembali lagi karena perkembangan zaman, saat ini banyak kok masyarakat yang memiliki pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi. Salah satunya adalah mobil. Karena selain nyaman, memiliki kendaraan pribadi seperti mobil juga bisa digunakan untuk berpergian bersama keluarga, dengan kapasitas yang lebih dari 3 orang.

Maka dari itu, tak heran jika saat ini banyak sekali para vendor atau penyedia jenis mobil, ikut memberikan harga yang cukup terjangkau untuk para masyarakat yang ingin memiliki kendaraan impian seperti mobil. Karena dengan membayarkan uang DP dan juga menyetujui Tenor yang sudah disepakati dalam kredit, tapi tentunya ketika ingin melakukan kredit juga, kamu harus terlebih dahulu memperhatikan beberapa aspek penting sebelum melakukan kredit.

Dan biasanya, ketika seseorang akan melakukan kredit untuk kendaraan, mereka akan menggunakan Cara Hitung Kredit Mobil, untuk setidaknya mendapatkan kalkulasi yang tepat dan akurat, sesuai dengan pendapatan bulanan mereka sehingga tak terjadi penunggakan kredit di waktu yang akan mendatang. Adapun untuk cara yang digunakan adalah sebagai berikut.

Cara Hitung Kredit Mobil

Cara Hitung Kredit Mobil
Hitung Kredit Mobil

Rumus untuk Menghitung Biaya Kredit Mobil

Adapun untuk mengetahui dan juga menghitung biaya kredit mobil, kamu bisa menggunakan rumus sebagai berikut.

  • Untuk Menghitung Plafon Pinjaman

Rumusnya : Harga Mobil – Uang Muka

  • Untuk Menghitung Jumlah Cicilan Per Bulan
    Rumusnya : Angsuran Pokok per Bulan + Angsuran Bunga pokok
  • Untuk Menghitung Ansuran Pokok Perbulan
    Rumusnya : Plafon Pinjaman / Tenor (lama cicilan)
  • Untuk Menghitung Bunga Angsuran Perbulan
    Rumusnya : Plafon Pinjaman * Suku Bunga / 12
  • Untuk Mengetahui Pembayaran Pertama
    Rumusnya : Uang Muka (DP) + Angsuran Pertama + Asuransi (persen dari harga mobil) + plafon Pinjaman (persen dari plafon pinjaman) + Polis Asuransi + Biaya Administrasi

Sehingga, jika di aplikasikan, maka studi kasus nya akan menjadi seperti ini.

Budi membeli mobil dengan harga 120.000.000 dengan DP 30% dari harga mobil selama 60 bulan, dengan suku bunga sebesar 2,8%, maka berapa biaya bulanan yang harus dibayarkan budi?

Disini, kita akan menggunaan rumus tadi, dengan mengumpamakan

  • harga mobil dengan : X
  • DP dengan : Y
  • Lama bulan : Z
  • Suku Bunga : A

Jadi, perthitungannya adalah

  • Plafon Pinjaman (X – 30% Y)
    000.000 – 36.000.000 = 84.000.000
  • Angsuran Pokok Per Bulan (plafon pinjaman / Z)
    000.000 / 60 = 1.400.000
  • Jumlah Cicilan per bulan (angsuran pokok perbulan + angsuran bunga pokok perbulan)
    400.000 + 196.000 =
  • Angsuran Bunga per Bulan (Plafon pinjaman * A / 12)
    (84.000.000 * 2,8%) / 12 = 196.000
  • Pembayaran Pertama kali (30% harga mobil (DP) + Angsuran Pokok Perbulan + Asuransi (persen dari harga mobil) + plafon Pinjaman (persen dari plafon pinjaman) + Polis Asuransi + Biaya Administrasi)
    000.000 + 1.400.000 + (5% dari 120.000.000) + (0,5% dari 120.000.000) + 50.000 + 500.000 = 44.550.000

Dari studi kasus dan juga perhitungan yang sudah kita lakukan diatas, maka bisa ditarik kesimpulan jika biaya bulanan yang harus dibayar dalam jangka waktu 60 bulan, adalah 1.596.000 dan pembayaran pertama yang harus dibayarkan budi adalah 44.550.000.

Tentunya dari sini, mungkin kita bisa mendapatkan perhitungan kotor, untuk pembayaran pertama yang harus dilakukan, dan juga mempersiapkan biaya bulanan atau biaya kredit yang harus dibayarkan sebesar jumlah perhitungan tadi. Dan adapun hal lain yang harus diperhatikan pada saat akan melakukan kredit mobil adalah kamu harus mengetahui jenis dan juga tahun dari kendaraan tersebut.

Sebenarnya, perhitungan diatas tadi adalah dikhususkan untuk para pengguna yang ingin melakukan kredit mobil dalam kondisi baru. Jika mungkin kalian ingin melakukan kredit untuk mobil second, tentunya akan ada beberapa aspek perhitungan yang dihilangkan. Tergantung kebijakan penjual, yang mungkin saja menjual mobil dalam kondisi second.

Tapi selain menggunakan rumus diatas, kamu juga bisa mengunjungi beberapa kantor leasing yang memang memasarkan mobil baik dengan pembayaran kredit, ataupun cash. Disana, kamu bisa melihat brosur yang biasanya dilengkapi dengan biaya kredit bulanan, dan juga lama waktu kreditnya.

Semakin lama tenor atau waktu kredit yang kamu pilih, biasanya biaya bulanannyapun akan semakin besar. Namun, jika kamu berencana untuk mengambil mobil kredit dengan waktu yang singkat, biasanya pihak leasing akan memberikan penawaran menarik.

Cara Hitung Kredit Mobil dengan Simulasi Kredit

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa kok menggunakan layanan simulasi kredit. Nah, disini kamu bisa menyesuaikan dengan budget ataupun pemasukan yang kamu miliki, untuk mengetahui biaya kredit yang lebih spesifik, agar tidak mengalami kendala kredit, ketika sudah melalui akad kredit.

Adapun untuk bisa menggunakan layanan simulasi kredit, kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Buka browser di komputer atau smartphone kalian
  • Kemudian, masuk kedalam situs https://acc.co.id/simulasi-kredit-mobil
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa kolom yang tersedia, seperti
    • Merek Kendaraan
    • Tipe Kendaraan
    • Harga Kendaraan (isi dengan budget)
    • Down Payment / DP (terhitung otomatis 20% dari harga kendaraan yang kamu isi)
  • Lalu, jika sudah kamu bisa mengklik pada tombol HITUNG

Dan nantinya, kamu akan langsung melihat hasil dari simluasi perhitungan tadi, dengan berisikan beragam informasi tentang simulasi yang kamu buat. Sepert OTR, Tenor, DP, dan Angsuran perbulan. Jika dirasa sudah yakin, maka kamu bisa mengklik pada tombol AJUKAN, dan setelah itu kamu tinggal mengisi form untuk nama, nomor telpon, dan email.

Jika pengajuanmu disetujui, maka pihak simulasi kredit acc tadi akan menghubungi kalian, untuk kemudian melakukan follow up untuk pengajuan kredit. Tapi perlu dicatat ya, adapun beberapa opsi atau pilihan yang muncul setelah kamu menekan tombol ‘HITUNG’, tidak bisa dijadikan acuan. Karena, mungkin saja harga akan berubah sewatku-waktu, sesuai dengan kondisi.

Dan itulah tadi beberapa cara hitung kredit mobil yang bisa kamu gunakan, baik secara manual ataupun melalui simulasi. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi