Cara Keluar dari Messenger

Bagaimana cara keluar dari Messenger? Apakah kita bisa logout pada akun messenger Facebook? Bagaimana cara untuk menghapus akun yang sudah login kedalam messenger?

Berkembangnya teknologi dan juga informasi saat ini, membuat kita bisa dengan mudah mengaksess beebrapa Aplikasi chatting yang digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Mulai dari menggunakan nomor ponsel seperti Whatsapp, menggunakan ID seperti LINE dan telegram, serta terhubung dengan bebrerapa teman di sosial media lain seperti Facebook.

Nah, berbicara tentang Facebook, tentunya kita sudah tak lagi asing dengan layanan sosial media yang satu ini. Facebook sendiri merupakan sebuah jaringan sosial media yang memiliki banyak sekali pengguna. Dengan menggunakan Facebook, mereka bisa dengan mudah menemukan teman baru, berdiskusi dengan pengguna Facebook lain melalui Group Facebook, ataupun melakukan jual beli melalui Facebook marketplace.

Karena memang awalanya Facebook sendiri dikenal sebagai jejaring sosial media yang mana digunakan untuk berkomunikasi sebelum adanya Whatsapp, LINE, Instagram, dan juga telegram. Karena memang, para pengguna Facebook bisa saling berkirim chat, untuk sekedar bertanya kabar, berkenalan, atau bahkan mengobrol secara online di Facebook.

Sampai akhirnya, CEO dari Facebook mengembangkan Aplikasi Facebook messenger yang mana merupakan Aplikasi terpisah dari Facebook, yang dikhususkan untuk pengguna smartphone, agar mereka bisa dengan mudah tetap terhubung dengan pengguna Facebook lain, dalam urusan chatting, berikirim foto dalam chat, berkirim pesan audio, video, dan juga melakukan panggilan suara ataupun panggilan video melalui Facebook messenger.

Karena sebagaimana kita tau juga, pada awalnya kita harus terlebih dahulu login kedalam Facebook baik melalui Aplikasi ataupun browser, untuk bisa melihat notifikasi chat dari pengguna yang mengirimi kita pesan. Namun dengan adanya Facebook messenger ini, kita tak lagi harus login kedalam Facebook, untuk menerima notifikasi chat.

Bahkan tak jarang, banyak sekali para pengguna smartphone yang hanya menginstall messenger saja, tanpa menginstall Aplikasi Facebook. Tentunya, hal ini difaktori karena penyimpanan dan juga ukuran file penyimpanan dari Aplikasi Facebook yang kadang kala membuat internal storage kita menjadi cepat penuh dan mempengaruhi performa dari perangkat smartphone kita.

Untuk menggunakan messenger sendiri sebenarnya tak jauh beda dengan masuk kedalam akun Facebook. Karena, kamu juga harus login dengan menggunakan akun Facebook agar bisa menggunakan Aplikasi messenger. Namun tak sampai situ saja sob. Messenger saat ini juga sudah bisa digunakan untuk berkirim pesan SMS secara gratis, dari Aplikasinya itu sendiri.

Tapi sayangnya, karena saat ini sudah ada beragam Aplikasi chat lain seperti Whatsapp yang lebih banyak digunakan oleh pengguna smartphone, perlahan Aplikasi messenger mulai ditinggalkan, kini popularitas dari Facebook juga sudah digantikan dengan Instagram, dan fitur group Facebook juga sudah digantikan dengan group telegram yang dikenal lebih memiliki banyak fitur.

Hingga akhirnya, tak jarang banyak pengguna smartphone yang memilih untuk menguninstall Aplikasi Facebook messenger karena alasan diatas, dan juga beberapa alasan lain yang mana sudah tak ada lagi pengguna yang saling terhubung dan chatting dengan menggunakan messenger.

Oleh sebab itu, maka tak heran jika cara keluar dari messenger masih menjadi sebuah pertanyaan dan hal yang banyak dicari oleh para pengguna Facebook messenger yang mungkin ingin berhenti menggunakan messenger. Karena memang, untuk logoutnya sendiri agak sulit. Tetapi, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk keluar dari messengger di smartphone kalian.

Cara Keluar dari Messenger

Cara Keluar dari Messenger
Keluar dari Messenger

Cara Keluar Dari Messenger Lewat Pengaturan Ponsel

Karena memang Aplikasi Facebook Messenger sendiri merupakan Aplikasi terpisah dari Facebook yang mana dikhususkan untuk chatting tanpa harus membuka Aplikasi Facebook, maka untuk melakukan logout nya, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Langkah1: Buka Pengaturan Ponsel

Pertama tama, kamu bisa mengklik pada tombol icon Aplikasi yang ada di ponsel kalian. Untuk tiap ponsel, tentunya sangat berbeda ya. Dan untuk cara caranya juga jelas berbeda dari masing masing penggunanya.

Kamu bisa masuk kedalam pengaturan ponsel melalui status bar, ataupun langsung dari aplikasi settings yang ada di home screen perangkat kalian

Langkah2: Pilih pada Managemen Aplikasi

Kemudian setelah masuk kedalam settings atau pengaturan ponsel, kamu bisa mengklik pada menu ‘Aplikasi’ atau ‘apps’ yang ada didalam menu settings tadi.

Dan jika sudah, kamu bisa mengklik pada tombol ‘show all apps’ dan memilih Aplikasi Facebook messenger atau messenger.

Langkah3: Klik Hapus Data

Barulah pada langkah terakhir, kamu bisa mengklik pada opsi hapus data, dan jika muncul pop up apakah anda yakin? Kamu bisa langsung mengklik pada tombol ‘OK’ untuk menghapus semua data.

Sebagai pilihan opsional, kamu juga bisa mengklik pada tombol ‘Clear Cache’ ataupun kamu juga bisa mengklik pada force close.

Dan dan untuk kamu para pengguna smartphone Android yang menggunakan Aplikasi Nova Launcher, kamu bisa masuk kedalam laman pengaturan Aplikasi dengan menenkan agak lama pada Aplikasi Messenger, kemudian pilih pada ‘App Info’.

Cara Keluar dari Messenger dengan Menambah Akun

Kemudian pada cara kedua, sebenarnya cara ini terbilang opsional dan juga temporer. Karena, cara yang akan kita bagikan disini tidak sebenar benarnya melogout akun kalian. Namun hanya sekedar menswitch akun, agar akun kalian tidak menerima notifikasi chat dari messenger di Facebook. Caranya adalah

  • Buka Aplikasi Messenger di Smartphone kalian masing masing
  • Setelah itu, klik pada bagian profile yang ada di pojok kiri atas dari Aplikasi
  • Kemudian, klik pada ‘+ Add Account’ atau tambah akun
  • Lalu, kamu bisa login seperti biasa ke akun Facebook lain yang akan kamu gunakan sebagai akun di Messenger.

Walaupun cara ini terbilang temporer dan memungkinkan kamu untuk melakukan login ulang atau masuk lagi kedalam messenger, tapi setidaknya akun utama yang akhirnya kamu switch tadi, akan tidak aktif dan tidak akan menerima notifikasi apabila ada pengguna Facebook yang mengirimkan chat ke akun tersebut.

Cara Keluar dari Messenger dengan Melakukan Uninstall

Kemudian untuk cara terakhir, sebenarnya ini adalah cara yang sangat simple dan juga sederhana. Karena biasanya cara ini kerap digunakan, untuk mereka yang benar benar sudah siap dan yakin untuk berhenti menggunakan Facebook messenger. Yap, dengan melakukan uninstall.

  • Buka terlebih dahulu pengaturan atau settings di ponsel kalian
  • Setelah itu, klik pada menu Apps atau Aplikasi
  • Lalu, pilih pada apikasi messenger
  • Dan terakhir, klik pada tombol ‘uninstall’ atau ‘hapus Aplikasi’.

Untuk beberapa jenis smartphone, prosess penguninstallan Aplikasi sudah bisa dilakukan dengan mudah. Kamu hanya perlu men-tap agak lama pada alpikasi Messenger, lalu tunggu sampai muncul pop up diatas Aplikasi, dan klik pada ‘hapus installan’.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara keluar dari Messenger yang bisa kamu coba. silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, semoga artikel ini bisa menjadi refernsi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi