Cara Cek iPhone Asli

Kalian pasti tahu kalau iPhone adalah smartphone terbaik yang ditargetkan untuk masyarakat menengah ke atas. Hal ini dikarenakan siapapun tidak asing dengan kualitasnya dan cara cek iPhone asli selalu diperhatikan para penggunanya. iPhone sendiri masih menjadi gadget terbaik dan paling berkualitas di Indonesia bahkan dunia.

Tak bisa dipungkiri bila iPhone masih menduduki posisi pertama sebagai smartphone yang harganya mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah, sedangkan jumlah penggunanya terbilang banyak di Indonesia. Secara umum iPhone tidak memiliki pabrik pembuatan produknya di Indonesia dan hanya punya distributornya saja.

Pasalnya, kalian hanya bisa mengunjungi distributor resminya saja dan siapa saja yang ingin membeli iPhone bisa mendatangi salah satu Apple Store atau iBox yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Walaupun kamu harus merogoh kocek agak dalam, namun rasa penasaran kamu bakal terbayar dengan membawa pulang salah satu series iPhone.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap smartphone elite tersebut tidak perlu diragukan lagi. iPhone memang identik dengan sebuah gadget mewah dan mampu menaikkan kelas gengsi maupun sosial seseorang yang menggunakannya. Kamu pun menjadi salah satu orang yang ingin memilikinya, bukan?

Bagaimana tidak, harganya yang mahal dan tampilan elegan membuat siapa saja yang mempunyai iPhone pasti merasa bangga lantaran gadgetnya berbeda dengan orang lain, bahkan kamu sendiri yang masih menggunakannya sampai sekarang. Kualitasnya sesuai dengan harganya yang masih ditaksir hingga Rp.3 juta ke atas.

Cara Cek iPhone Asli

Cara Cek iPhone Asli
Cara Cek iPhone Asli

Jangan langsung bangga jika kalian baru saja menggunakan iPhone. Pasalnya, bisa saja produk yang kamu gunakan adalah barang palsu. Secara umum banyak orang tidak teliti bahkan menganggap iPhone sebagai smartphone yang sulit dipalsukan atau ditiru brand lain, padahal smartphone ini justru punya barang replika cukup banyak.

Situasi ini sebenarnya sudah bahkan masih terjadi dan dialami beberapa orang, bahkan kamu sendiri yang mungkin saja memiliki iPhone palsu untuk digunakan berkomunikasi atau sosial media. Walaupun pemalsuan iPhone terlihat kasat mata, namun kamu pasti bisa mengetahui beberapa perbedaan Apple asli dan palsu dengan mudah.

Kami bakal ulas semuanya agar kamu dapat membeli dan menggunakan iPhone series apa saja yang bergaransi. Hal ini dikarenakan iPhone supercopy sekalipun yang tampilannya nyaris sama persis hingga 100% tidak pernah memperoleh garansi dari iBox. Kamu hanya perlu perhatikan semua aspek yang menempel pada iPhone saja.

Cara Cek iPhone Asli Mudah dan Tervalid

iPhone selalu membuat semua orang tergiur untuk membeli dan memilikinya. Siapa saja bisa mendapatkannya lewat iBox alias service center iPhone di seluruh Indonesia sesuai series masing-masing. Namun, perhatikan lagi barang yang kalian beli untuk mencegah penggunaan produk palsu demi menikmati masa garansi selama setahun dari distributor iPhone Indonesia. Beberapa metode cepat dan mudah untuk memeriksa iPhone asli dan baru antara lain :

Cek iPhone Asli via Material

Kami beritahu bahwa iPhone asli dan baru biasanya mempunyai bahan dasar atau material premium. Apple biasanya merilis barang andalannya menggunakan logam sebagai material utamanya, serta kaca berkualitas tinggi yang memberi kesan kuat dan kokoh saat kamu menggenggamnya demi meningkatkan rasa nyaman untukmu.

Cek iPhone Asli via iTunes

iPhone mempunyai aplikasi wajib yang menyimpan lagu, video dan data lainnya di dalam perangkat bernama iTunes. Secara umum iPhone asli biasanya punya iTunes yang bisa terbaca dengan cepat dan mudah dan bila iTunes mampu mendeteksi perangkat smartphone kalian saat disambungkan ke PC, dipastikan iPhone yang kalian gunakan saat ini adalah Apple asli.

Cek iPhone Asli via Layar

Untuk membedakan iPhone asli dan palsu biasanya orang yang sudah paham dengan produk Apple akan mengamati layarnya. iPhone asli biasanya menggunakan retina display pada permukaan layar dan teknologi canggih ini belum dimiliki smartphone lain. Kamu harus tahu teknologi mutakhir tersebut mulai iPhone series 4 untuk ciptakan kesan nyaman saat kamu melihat layar ponsel.

Cek iPhone Asli via App Store

Apabila Android mempunyai Google Play Store dan Windows dengan Windows Phone Store, maka kamu bisa membedakan iPhone asli dan palsu dari App Store di dalamnya. Bukan rahasia umum bahwa iPhone asli dan bergaransi dibekali App Store sebagai aplikasi wajib yang sudah pasti dimiliki iPhone asli dan bergaransi. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi gratis atau berbayar hanya dengan masuk ke dalam App Store.

Cek iPhone Asli via Harga

Belakangan ini muncul iPhone 6s dijual seharga Rp.2 juta dan siapapun pasti tergiur dengan harga semurah itu. Kendati demikian, kalian tidak boleh terlena terhadap penawaran harga miring untuk semua series iPhone di pasaran. Hal ini dikarenakan bisa saja barang yang dijual adalah iPhone palsu bahkan Black Market.

Cek iPhone Asli via Slot Memori Eksternal

Kamu mungkin tidak menyadari iPhone punya kapasitas ruang paling besar daripada smartphone lain. Pasalnya, iPhone model dan tipe apa saja tidak punya slot memori eksternal sehingga kamu dapat memanfaatkan memori ponsel yang tersedia untuk menyimpan data apapun. Kamu bahkan bisa mendapatkan iPhone berkapasitas hingga 256 GB, sedangkan Android justru punya slot memori eksternal sampai 64 GB.

Cek iPhone Asli via Fitur dan Layanan

Jangan lupa memeriksa semua fitur perangkat saat kamu membeli iPhone baru. Kami tegaskan semua series iPhone 5s ke atas sudah dibekali fingerprint untuk meningkatkan sistem keamanan ponsel tanpa pakai passcode. iPhone merupakan smartphone single SIM dan hanya bisa menggunakan satu SIM card yang beda dengan Android untuk dual SIM. Jika kamu menemukan iPhone dual SIM, dipastikan gadget tersebut adalah barang palsu.

Cek iPhone Asli via Garansi

Perhatikan masa garansi pada iPhone yang kalian gunakan saat ini. Pasalnya, iPhone di Indonesia tidak selamanya menyediakan garansi resmi melainkan garansi distributor dari toko resmi yang menjualnya. Untuk mendapatkan dan menikmati garansi, maka kamu bisa membeli iPhone series apa saja lewat iBox alias service center resmi iPhone yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Apa Metode Lain untuk Bedakan iPhone Asli dan Palsu?

Apabila kalian sudah memeriksa semua metode di atas, kami sarankan kamu periksa kondisi fisik dari iPhone yang dipakai. Kamu harus menelusurinya untuk memastikan informasi fisik perangkat sesuai dengan data pada dusbook maupun kartu garansi. Nomor IMEI pun perlu diperiksa untuk memastikan keaslian iPhone yang kamu pakai.

Demikian ulasan seputar cara cek iPhone asli termudah dan tervalid. iPhone asli juga memiliki nomor IMEI yang sudah terdaftar pada Kemenperin maupun Kominfo untuk mencegah pemalsuan produk serupa. Nomor IMEI pada semua series iPhone juga berbeda demi menyimpan data setiap penggunanya, serta menghindari penyadapan atau pencurian data diri yang tersimpan di iCloud.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...