Cara Cek IMEI iPhone

  • Whatsapp

Apakah kamu belum tahu cara cek IMEI iPhone? Pengguna iPhone biasanya kurang bahkan tidak peduli terhadap nomor IMEI pada smartphone mereka. Kamu harus tahu nomor IMEI sebenarnya punya peran besar terhadap keamanan dan privasi sebuah ponsel, baik itu Android maupun iPhone.

Tak bisa dipungkiri bahwa kehilangan ponsel sekali pun pasti bakal melibatkan nomor IMEI untuk melacak dan menghapus semua data bila jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab. Wajar saja semua pengguna iPhone harus tahu nomor IMEI pada perangkatnya masing-masing. Hal in dikarenakan iPhone punya model dan tipe beragam sehingga kami dapat memastikan setiap series punya letak penyimpanan nomor IMEI berbeda.

Read More

Selain itu, IMEI iPhone yang sudah kalian dapatkan harus dicatat dan disimpan dengan baik. Tujuannya supaya kamu bisa mengantisipasi pencurian data akibat kehilangan maupun peretasan ponsel. Kamu juga bisa mengetahui nomor IMEI iPhone dengan atau tanpa aplikasi unduhan, sedangkan pemeriksaannya juga dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

Kalian bisa melihatnya lewat website resmi Apple untuk memastikan iPhone yang dipakai saat ini sudah terdaftar pada situs utama Kemenperin atau belum. Hal ini disebabkan maraknya barang palsu yang mirip seperti iPhone namun sistem operasi dan fitur-fiturnya berbeda dengan iPhone asli.

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone
Cara Cek IMEI iPhone

iPhone adalah smartphone elite yang biasanya ditujukan kepada masyarakat menengah ke atas. Hal ini dikarenakan harganya cukup mahal dan sistem keamanannya lebih baik daripada smartphone Android. Oleh sebab itu, banyak orang rela merogoh kocek agak dalam untuk menggunakan dan menikmati semua fasilitas yang disediakan gadget andalan Apple tersebut.

Terkait:  Cara Download Video Status Whatsapp

Kamu harus tahu bila iPhone punya jaringan bagus dan performa efektif untuk menunjang kegiatan pemiliknya masing-masing. Nomor IMEI iPhone sudah menjadi tolak ukur dalam mengetahui identitas asli dari iOS yang dimiliki siapapun sampai sekarang.

Pasalnya, mungkin saja kamu sedang menggunakan iPhone namun software dan hardware perangkatnya bukan dirilis Apple. Secara umum iPhone masih mempunyai beberapa barang replika bahkan palsu yang tampilannya nyaris sama 100%, namun kamu bisa mengetahui letak perbedaannya dari software dan tampilan yang agak kasat mata.

Cara Cek IMEI iPhone Mudah dan Valid

Jangan pernah memandang sebelah mata mengenai nomor IMEI pada iPhone semua model dan tipe yang beredar di pasaran. Kamu bakal mengalami kerugian besar bila tidak memeriksa nomor seri tersebut lantaran bisa saja iPhone yang dipakai belum terdaftar, serta berstatus sebagai barang ilegal bahkan Black Market (BM). Oleh karena itu, kalian hanya perlu mengikuti beberapa metode cepat dan mudah untuk periksa IMEI iPhone berikut :

Cek IMEI iPhone via Sistem Perangkat

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari iPhone kamu.
  • Geser layar ke bawah dan cari menu General atau Umum.
  • Pilih menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Cari nomor IMEI di dalam menu tersebut.
  • Jangan lupa mencatat nomor IMEI dan ICCID pada menu yang sama.
  • Selesai.

Cek IMEI iPhone via Kode Rahasia

  • Buka menu Dial Up atau Telepon dari iPhone kalian.
  • Ketik *#06#.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI dari layar ponsel kamu.
  • Selesai.

Cek IMEI iPhone via Fisik Perangkat

Untuk memeriksa nomor IMEI iPhone, maka kamu bisa mencari dan menemukannya lewat fisik perangkatnya. Langkah mudah yang bisa dilakukan adalah bukalah casing bagian belakang dan tanggalkan baterai yang sudah terpasang. Secara umum nomor IMEI bakal terlihat dan tertera pada bagian dekat slot SIM card. Apabila penglihatan kamu kurang jelas, gunakan cahaya penerang seperti senter atau kaca pembesar untuk melihat dan mencatatnya.

Terkait:  Cara Cek IMEI iPhone

Cek IMEI iPhone via iTunes

  • Siapkan PC atau Laptop yang sudah terpasang aplikasi iTunes.
  • Hubungkan iPhone dengan PC dengan kabel USB.
  • Tunggu beberapa saat sampai keduanya terhubung satu sama lain.
  • Cari menu Library pada iTunes.
  • Perhatikan data iPhone yang ditampilkan pada layar PC.
  • Amati nomor IMEI dan catat untuk diperiksa lebih lanjut.
  • Selesai.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tahu Nomor IMEI?

Apabila kalian sudah mengetahui nomor IMEI iPhone setelah menerapkan salah satu metode di atas, maka kamu bisa menyesuaikannya dengan informasi yang terdapat pada phone box alias dusboox dari iPhone. Secara umum iPhone asli dan bergaransi bakal mempunyai nomor IMEI yang sesuai dengan bagian fisik, sistem maupun dusbook nya.

Kamu hanya perlu memeriksanya dengan menggunakan website resmi yang biasa digunaka untuk cek IMEI iPhone. Gunakan aplikasi website browser yang terpasang pada iPhone, kunjungi website berikut https://www.imei.info untuk memulai pemeriksaan nomor IMEI iPhone.

Apabila kamu sudah masuk, maka kamu bisa memasukkan IMEI dari iPhone kalian ke dalam kolom yang tersedia dan tekan tombol Cek Sekarang. Tunggu beberapa saat sampai informasi lengkap tentang iPhone kamu ditampilkan mulai dari negara produksi sampai masa garansi yang masih berlaku atau tidak.

Apa Fungsi IMEI untuk iPhone?

Seperti kalian tahu banyak orang belum begitu paham bahkan tidak tahu sama sekali soal kegunaan nomor IMEI pada semua model atau tipe iPhone. Bagaimana tidak, nomor IMEI punya peran besar terhadap keaslian dan kerahasiaan data untuk mengantisipasi peretasan maupun pencurian ponsel yang bisa saja terjadi.

Seiring berjalan waktu pencurian iPhone bisa diatasi dengan menggunakan nomor IMEI yang terdaftar dan ponsel nya pun bakal terlacak. Nomor IMEI iPhone juga bisa memastikan identitas asli dari iPhone yang kalian gunakan, apakah produk asli atau palsu.

Terkait:  Cara Cek Ongkir TIKI

Apabila iPhone kamu adalah barang asli dan bergaransi, maka datanya bisa dilihat via website resmi Kemenperin di https://www.imei.kemenperin.go.id karena sudah didaftarkan. Kamu juga bisa mengklaim kepada operator seluler yang digunakan untuk mengajukan segala hal mengenai data IMEI yang masih kurang valid untuk diproses lebih lanjut.

Bagaimana Cek Nomor IMEI untuk iPhone Semua Model?

Nomor IMEI bisa ditemukan pada menu pengaturan ponsel, namun hanya berlaku untuk iPhone series tertentu seperti iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max, SE (Generasi Ke-2), 11, 11 Pro, 11 Pro Max, XS, XS Max, XR, X, 8 Plus, 8, 7 Plus, 7, 6s Plus dan 6s. Kamu juga bisa menemukannya di bagian belakang ponsel untuk iPhone 6 Plus, 6, SE (Generasi Ke-1), 5s, 5c dan 5 serta pada slot SIM card untuk iPhone 4 (Model GSM), 4s, 3GS dan 3G.

Tips dan Trik Beli iPhone Asli yang Mudah

Demikian informasi seputar cara cek IMEI iPhone cepat dan mudah. Kami berikan beberapa solusi agar kamu dapat membeli iPhone asli dengan memeriksa langsung keasliannya sesuai salah satu metode yang kami sampaikan di atas. Selain itu, belilah produknya di Gerai Resmi (Authorized Reseller) Apple yang tersebar luas di seluruh Indonesia untuk menjamin keasliannya.

Kamu juga tidak boleh tergiur dengan penawaran iPhone berharga murah lantaran toko resmi yang menjualnya secara offline maupun online tidak akan memberi diskon lebih dari 50%. Tak hanya itu, sambungkan perangkatnya dengan iTunes maupun iCloud. Apabila tidak muncul kesalahan bahkan masalah selama konektivitas, dipastikan iPhone yang dibeli adalah produk asli.

Related posts