Tetap Waspada! Berikut Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 yang Efektif

Img from: Pixabay.com/IqbalStock

Pandemi Covid-19 memang sudah berakhir. Kondisinya pun tidak semengkhawatirkan dulu lagi. Tapi tetap saja, masih perlu waspada karena virus ini belum benar-benar hilang. Kemungkinan terkena virus tersebut masih bisa terjadi apabila tidak dibarengi dengan pola hidup sehat. 

Selain itu, tindakan preventif juga perlu dilakukan. Lakukan beberapa cara pencegahan agar tidak tertular virus Covid-19. Untuk lebih lengkapnya, akan diterangkan pada penjelasan berikut. 

Mengenal Covid-19

Corona Virus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 merupakan jenis penyakit menular yang diakibatkan oleh SARS-CoV-2. Ini adalah salah satu jenis coronavirus. Gejala yang dialami hampir sama dengan flu. Mulai dari demam, kesulitan bernafas, dan batuk. 

Sebelum ini sebenarnya telah muncul beberapa jenis virus corona yang juga sama-sama menimbulkan penyakit. Antara lain ada Pneumonia, MERS-CoV, dan SARS-CoV. Virus SARS muncul pertama kali di Tiongkok pada tahun 2002 dan menyebar ke banyak negara.

Kemudian pada akhir 2019, muncul virus corona baru yang saat ini dikenal dengan Covid-19, SARS-CoV-2, atau Novel Coronavirus. Belum diketahui secara pasti dari mana sumber virus tersebut. Namun dikatakan bahwa hewan yang menyebarkan virus ini, kemudian menjangkit spesies lain, termasuk manusia. 

Wuhan di Tiongkok merupakan kota pertama kali yang terkena wabah Covid-19. Hingga akhirnya, beberapa negara menerapkan kebijakan untuk menutup akses keluar-masuk dari kota tersebut.

Di Indonesia, kasus Covid-19 muncul pertama kali pada bulan Maret tahun 2020. Semakin hari makin bertambah kasus yang sama hingga menimbulkan wabah. Pemerintah pun menerapkan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang akhirnya dicabut pada akhir 2022.

Penularan Covid-19

Virus corona dapat menular melalui droplet dari saluran pernapasan ketika bersin atau batuk. Bahkan jangka percikan tersebut mencapai satu meter. Droplet tidak bertahan lama di udara, namun dapat menempel di benda. 

Alasan itulah yang mewajibkan seseorang untuk menggunakan masker, terlebih dalam kondisi kurang sehat. Masker akan meminimalisir penyebaran droplet. Lebih-lebih, paparan virus corona hingga timbul gejala klinis itu cukup cepat, antara 1—14 hari dan rata-rata 5 hari. 

Cara Mencegah Penyebaran Covid-19

Img from: Pixabay.com/IqbalStock

Status pandemi Covid-19 memang sudah dicabut. Namun bukan berarti bisa bebas dan mengabaikan keberadaannya, terlebih belum ditemukan obat yang menyembuhkan. Sebagai langkah preventif, penting sekali menerapkan hidup sehat dan disiplin. Berikut ini beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19:

1. Rutin Mencuci Tangan

Cara paling sederhana untuk mencegah penyebaran virus corona yaitu dengan mencuci tangan. Lakukan ini secara rutin, terlebih saat ingin makan dan setelah melakukan aktivitas di luar ruangan. Gunakan sabun saat mencuci tangan dan air yang bersih serta mengalir. 

Cuci tangan setidaknya selama 20 detik. Pastikan semua bagian terkena air. Mulai punggung tangan, sela-sela jari, dan bawah kuku. Setelah itu pakai tisu atau handuk yang bersih untuk mengeringkannya.

2. Mendapatkan Vaksin Covid-19

Seperti yang disebutkan jika belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Namun Kamu bisa mencegahnya dengan mendapatkan vaksinasi. Dari vaksin tersebut akan membentuk reaksi kekebalan, sehingga bisa melawan virus corona. 

Selain sebagai tindakan pencegahan, vaksinasi diharapkan mampu mencegah gejala berat bagi orang yang terjangkit Covid-19. Contohnya pada kelompok orang berisiko tinggi, seperti punya riwayat penyakit dan para lansia. Oleh sebab itu, lengkapi dosis vaksin Covid-19. 

3. Menggunakan Masker

Cara efektif lainnya yaitu dengan mengenakan masker. Terlebih lagi saat beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya, berada di tempat umum otomatis akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. 

Dengan mengenakan masker, terbukti mampu menurunkan risiko penyebaran Covid-19. Hal ini dikarenakan droplet bisa terblokir dan tidak masuk ke tubuh. Di samping itu meminimalisir penyebaran virus yang terdapat di udara. 

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Langkah pencegahan selanjutnya agar tidak terkena coronavirus adalah menjaga daya tahan tubuh. Bukan hanya Covid-19, daya tahan tubuh yang bagus juga mencegah penyakit lain. Banyak cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Rajin berolahraga. 
  • Istirahat cukup. 
  • Mengonsumsi makanan sehat dan melengkapi gizi seimbang.
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol. 
  • Tidak merokok. 
  • Minum suplemen sesuai anjuran dokter jika diperlukan. 

5. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Bukan hanya kebersihan diri saja yang harus diperhatikan, tapi juga lingkungan rumah. Selama pandemi dan setelahnya, wajib membersihkan rumah secara rutin. Terlebih lagi, virus corona dapat bertahan hidup hingga berhari-hari pada permukaan sebuah benda. 

Sebab itulah, selalu jaga kebersihan rumah dan lakukan disinfeksi jika perlu. Terutama pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, permukaan kursi dan meja, kran air, bahkan remote televisi. Gunakan masker dan sarung tangan saat membersihkan rumah. 

6. Masak Makanan Sendiri

Sekarang ini memang banyak platform pesan makanan online yang memberikan kemudahan kepada pengguna. Namun jangan menjadikannya ketergantungan. Karena bisa jadi, paparan Covid-19 muncul ketika proses pengolahan ataupun pengantaran makanan. 

Dengan demikian, langkah yang paling tepat yaitu masak sendiri. Kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan gizi masing-masing dan pastinya lebih sehat. Masak sendiri pun dinilai lebih higienis. 

7. Menggunakan Peralatan Makan Pribadi

Berbagi merupakan budaya yang bagus, tapi tidak harus dilakukan pada semua hal. Contohnya dalam kasus ini. Guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, mulai sekarang gunakanlah alat makan pribadi. Jangan malu membawanya ke sekolah maupun tempat kerja. 

8. Menerapkan Etika Batuk dan Bersin

Covid-19 menyebar dengan cepat akibat droplet dari orang yang sakit. Mengingat hal ini, maka penting sekali untuk menerapkan etika batuk dan bersin. Selain sebagai bentuk kesopanan, juga mencegah penyakit menular ke orang lain lewat percikan. 

Etika yang dimaksudkan yaitu dengan menutup mulut saat batuk dan bersin menggunakan tisu. Apabila tidak ada, tutup dengan bagian dalam lipatan siku. Jika memakai telapak tangan, segeralah mencucinya dengan air mengalir dan sabun. 

Seperti itulah informasi mengenai Covid-19 dan cara mencegah penyebarannya. Upaya terus dilakukan untuk menghentikan kemunculan virus ini. Salah satunya yang dilakukan oleh Tim Uji Coba TOGETHER Trial. 

Melalui situs https://www.togethertrial.com/, diinformasikan bahwa TOGETHER Trial akan melakukan uji coba guna melahirkan pengobatan efektif bagi orang yang terkena Covid-19. Hingga akhirnya muncul berita menggembirakan dari hasil uji coba ini.