Cara Daftar WeChat

Bagaimana cara daftar WeChat? Aplikasi besutan pengembang Tencent Holdings Limited ini memang memiliki pemiinat yang cukup banyak, walaupun proses pendaftarannya sedikit rumit. Namun Kamu tetap bisa mencobanya dengan mengikuti panduan mendaftar Wechat yang akan Kami bagikan di artikel ini.

Tentang Aplikasi WeChat

WeChat adalah aplikasi chatting asal China. Jika Kamu ingin menggunakan aplikasi WeChat, Kamu harus membuat akunya lebih dulu. Walaupun relatif mudah, tapi sebagian orang mungkin menganggapnya cukup rumit.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini bisa dibilang kurang begitu terkenal di Indonesia. Lain halnya dengan aplikasi WhatsApp yang hampir seluruh pengguna smartphone di tanah air menggunakannya.

Akan tetapi, aplikasi WeChat sendiri sangat populer di China. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang lebih memilih memakai WhatsApp untuk dijadikan media komunikasi, sementara di China kebanyakan memakai WeChat.

Walaupun demikian, sebagian orang tetap memilih aplikasi WeChat, baik untuk keperluan mengobrol atau berbisnis. Tak hanya itu saja, biasanya akun WeChat juga sering dipakai untuk mentautkan akun game pada perangkat seluler. Mengingat beberapa game terkenal kini telah menyediakan pilihan login memakai WeChat.

Cara Daftar WeChat

Cara Daftar WeChat
Mendaftar Akun WeChat

Mendaftar Akun WeChat

Untuk mendaftar akun WeChat, ada beberapa langkah cara yang bisa Kamu lakukan. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Cara Mendaftar Akun WeChat di iPhone atau Android

Sebelum Kamu mengikuti cara daftar WeChat, pastikan untuk mengunduh aplikasi WeChat terlebih dahulu di perangkat smartphone yang Kamu gunakan. Selain itu, Kamu bisa menggunakan nomor Hp untuk mendaftar akun WeChat. Selanjutnya ikuti beberapa tahapan cara mendaftar akun WeChat di bawah ini :

  • Download dan pasang aplikasi WeChat terbaru di link berikut!
  • Setelah itu, buka WeChat yang sudah Kamu unduh di ponsel, lalu tekan “Sign Up”.
  • Setelah itu, masukkan data diri lengkap, seperti nama, nomor telepon, negara, dan password yang nantinya dipakai untuk mengakses aplikasi.
  • Sebaiknya buat password yang terdiri atas gabungan angka, huruf besar, dan huruf kecil.
  • Lalu centang kotak persetujuan ketentuan layanan.
  • Silahkan baca kebijakan yang muncul pada layar ponsel, lalu centang kotak yang berisi bahwa Kamu sudah menerima dan membaca ketentuan tersebut.
  • Selanjutnya tekan “Next”.
  • Lalu akan muncul pemberitahuan lewat bahasa cina, silahkan klik pilihan di bawah notifikasi.
  • Setelah itu, klik “Sign up menggunakan nomor ponsel”.
  • Lalu Kamu akan dihadapkan ke halaman security check atau verifikasi keamanan.
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke dalam 2 tahapan verifikasi.
  • Dalam menu verifikasi keamanan, silahkan klik Mulai.
  • Kemudian Kamu akan diminta melakukan verifikasi pertama, lakukan sesuai instruksi yang diminta.
  • Setelah itu, Kamu akan diminta scan barcode.

2. Verifikasi WeChat Memakai QR Code

Dalam tahapan cara daftar WeChat memakai QR Code, persyaratannya memang cukup rumit. Kamu bisa melakukan verifikasi WeChat berikut ini.

Syarat verifikasi dengan Scan Barcode pertama ialah Kamu wajib menghubungi akun atau orang yang telah memakai layanan WeChat sesuai ketentuan berikut :

  • Orang atau pengguna akun tersebut telah terdaftar pada akun WeChat selama sebulan lebih.
  • Apabila orang atau akun tersebut dari Tiongkok daratan, orang tersebut pun harus terdaftar dalam layanan WeChat selama 6 bulan lebih.
  • Orang yang yang Kamu hubungi tidak membantu orang untuk melakukan pendaftaran WeChat sebelumnya selama 1 bulan terakhir.
  • Akun WeChat orang tersebut belum pernah diblokir WeChat.
  • Apabila orang tersebut sudah terdaftar di wilayah tiongkok daratan, maka orang tersebut harus mengaktifkan layanan pembayaran WeChat sebelumnya.

Syarat verifikasi mendaftar akun WeChat kedua, jika syarat pertama telah terpenuhi, maka Kamu cukup meminta orang yang Kamu hubungi tadi untuk scan barcode. Lalu jika kedua tahapan verifikasi selesai dilakukan, maka akun pun sudah selesai dibuat. Kamu sudah bisa masuk ke dalam aplikasi WeChat memakai akun yang sudah dibuat.

3. Cara Mendaftar Akun WeChat Tanpa Memakai Verifikasi Keamanan

Jika cara mendaftar akun Wechat pertama dirasa terlalu rumit, Kamu bisa mencoba cara kedua.

  • Apabila Kamu gagal saat melakukan Security Check, maka solusi yang perlu dilakukan ialah harus menggunakan provider Telkomsel. Gunakan Hp yang belum pernah Kamu pakai sebelumnya untuk dipasang WeChat.
  • Kemudian masuk ke dalam aplikasi lewat browser, Kamu dapat memakai smartphone atau komputer, lalu masuk ke dalam halaman pengaduan di aplikasi WeChat.
  • Selanjutnya pilih OS sesuai perangkat yang Kamu gunakan, jika Hp yang Kamu pakai ialah perangkat android pilih android, sama halnya dengan jika ponselmu merupakan perangkat iphone pilih iOS.
  • Sesudah itu, Kamu tinggal memilih negara asal di menu pilihan negara. Lalu pada kategori silahkan pilih “Account Registration”.
  • Lalu pilih opsi unable to receive SMS code pada kategori pilihan menu yang sudah dipilih.
  • Nah, memasuki tahapan yang satu ini Kamu perlu menjelaskan tentang kendala yang dialami saat mendaftar akun WeChat.
  • Jika Kamu sudah menginputkan nomor HP yang digunakan di kolom pertama, pakai kode +62 saat menuliskan nomor HP.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta untuk mengiputkan akun email, kemudian isi di kolom yang telah tersedia di halaman tersebut. Setelah itu “Kirim”.

Nah, itulah tahapan-tahapan cara mendaftar akun WeChat yang bisa Kamu coba. Meskipun cukup rumit, tak ada salahnya untuk mencobanya.

Apa Saja Kelebihan Memakai WeChat?

Ada beberapa hal yang membuat WeChat lebih menarik, meskipun cara daftar WeChat sendiri sedikit rumit. Berikut kelebihan WeChat :

1. Bisa Dijadikan Marketplace

WeChat di negara asalnya banyak dimanfaatkan menjadi pasar online atau marketplace. Setidaknya tercatat ada sebanyak 500 juta pengguna berbelanja lewat marketplace WeChat. Ini artinya, WeChat mampu mengungguli marketplacei ternama. Bagaimana tidak, melalui dukuCngan fitur WeChat, para penjual dapat menjangkau pelanggan mereka dengan mudah.

2. Memiliki Fitur Subscribe

WeChat menawarkan fitur langganan, sehingga memungkinkan para pengguna untuk mengetahui hal-hal yang dibaca teman. Artinya, Kamu tak harus menyukai atau berkomentar untuk dapat mengakses sesuatu yang dibaca oleh temanmu. Selain itu, teman juga tak harus selalu membagikan informai mengenai bacaannya kepada Kamu.

3. Dapat Menyembunyikan Kenalan

Konten yang terkesan terlalu memenuhi tampilan News Feed pastinya membuat kita merasa terganggu, sampai akhirnya kita pun merasa jengkel. Sepertinya WeChat sendiri memahami hal tersebut dan menyediakan fitur yang dapat menyembunyikan unggaha pengguna yang tak diinginkan.

4. Dapat Menemukan Teman Baru Dengan Mudah

Dengan memakai WeChat, maka Kamu dapat menemukan teman baru atau kenalan yang memakai aplikasi WeChat dengan mudah. Walaupun mereka tidak masuk ke dalam list kontakmu. Tapi Kamu dapat memakai pilihan Shake, kemudian gerak-gerakan Hp untuk menampilkan pengguna akun Wechat lainnya.

5. Dapat Melihat Sekeliling

Mirip seperti fitur shake yang disebutkan di atas, fitur look around memanfaatkan dukungan GPS pada smartphone agar bisa menemukan pengguna lainnya yang memakai WeChat. Hasilnya, Kamu bisa menemukan pengguna WeChat lain untuk bisa diajak mengobrol lebih mudah.

Itulah beberapa kelebihan menggunakan aplikasi WeChat sebagai aplikasi chatting yang bisa Kamu coba. Meskipun cara daftar Wechat sedikit rumit, tapi Kamu tetap bisa memanfaatkan kelebihan di atas!

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019