Cara Cek HP Asus

Bagaimana cara cek HP Asus yang baik dan benar? Siapa saja yang ingin membeli HP Android terbaru, terutama Asus Zenfone atau tipe apapun pasti penasaran atas keaslian dan kualitas ponselnya. Hal ini dikarenakan tidak semua perangkatnya punya sistem operasi maupun fitu-fitur yang sama.

Kamu bakal mengalami kerugian cukup besar meski HP Asus sudah menjadi salah satu brand smartphone yang punya harga rendah dengan spesifikasi tinggi. Seiring berjalan waktu HP Asus mulai digandrungi sebagian besar masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah lantaran spesifikasinya cukup tinggi yang menawarkan harga kisaran Rp.1-2 juta.

Tak bisa dipungkiri bila kondisi ini membuat HP Asus mampu bersaing dengan berbagai macam brand smartphone android lain di Indonesia. Smartphone asal Cina tersebut memiliki kualitas bagus yang menunjang pemakaian setiap pemiliknya sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya. Walaupun banyak orang sudah membuktikan kualitasnya, namun kamu perlu memeriksa ulang semua aspek di dalamnya.

Pasalnya, tidak semua orang paham bakal tahu cara cek keaslian dan kualitas HP Asus yang akan bahkan sudah mereka miliki. Kami bakal beritahu semuanya lewat pembahasan kali ini agar kamu dapat memastikan smartphone yang dipakai memang asli dan punya fitur maupun kualitas terbaik supaya HP Asus bisa dipakai lebih lama.

Cara Cek HP Asus

Cara Cek HP Asus
Cara Cek HP Asus

Apabila kalian ingin mempunyai HP Asus, maka kamu bisa memeriksa keaslian ponselnya melalui cek IMEI HP maupun aspek lainnya. Pengguna Asus biasanya mengklaim gadget mereka memang asli tanpa kejanggalan lantaran punya kartu garansi dan IMEI.

Kondisi ini sebenarnya tidak selamanya benar karena keduanya belum tentu menjamin keaslian perangkat dan kalian bisa membuktikannya langsung melalui benda-benda yang sangat erat dengan HP Asus tersebut. Untuk membuktikan keaslian dan kualitas HP Asus baru atau bekas maka kalian bisa memakai aplikasi ketiga bahkan tanpa perangkat bantuan.

Walaupun metodenya berbeda, tetapi hasil yang diberikan sangat akurat dan memastikan identitas asli dari HP Asus kalian saat ini. Kamu hanya perlu memahami dan mengikuti ulasan kali ini sampai akhir untuk memastikan smartphone Asus yang dimiliki adalah ponsel android asli dan bergaransi resmi.

Cara Cek HP Asus Terbaru dan Terlengkap

Jangan sembarangan membeli HP Asus bila kalian belum tahu keaslian dan kualitasnya. Kalian bisa melakukan unboxing di Asus Official Store jika membelinya dari gerai resmi langsung untuk memeriksa keseluruhan perangkat bersama petugasnya. Akan tetapi, kamu juga bisa melakukannya secara manual dengan atau tanpa aplikasi tambahan untuk memeriksa keasliannya. Beberapa langkah efektif dan paling akurat yang bisa dilakukan yaitu :

Cek Nomor IMEI HP Asus

Gunakan nomor IMEI HP Asus untuk memeriksa keaslian perangkatnya. Langkah awal yang harus dilakukan adalah buka menu Dial Up atau Telepon, lalu masukkan kode *#06# dan tekan tombol Call. Tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI HP Asus dari layar ponsel kalian. Sesuaikan nomor IMEI yang ditampilkan dengan IMEI pada kotak ponsel yang disimpan, sedangkan keduanya harus sesuai dan bila satu sama lain berbeda bisa dipastikan HP Asus kamu palsu.

Cek Kondisi Fisik HP Asus

Kalian bisa memeriksa kondisi fisik HP Asus untuk tahu keaslian perangkatnya. Apabila diperhatikan dengan seksama, sebenarnya kalian bisa memastikan ponselnya asli atau tidak. Meski begitu, banyak orang masih dibohongi bahkan sulit membedakan antara HP Asus asli dan palsu karena tampilan fisiknya nyaris sama. Kamu bisa membandingkan keduanya karena HP Asus asli dan tiruan biasanya punya sedikit perbedaan mencolok yang terbilang kasat mata.

Cek Garansi HP Asus

Smartphone mana saja pasti mempunyai masa garansi bila terjadi kerusakan. Oleh sebab itu, kamu bisa memeriksa garansi HP Asus yang biasanya diberikan batas tempo selama setahun. Apabila garansi yang diberikan adalah garansi toko, maka kamu berhak curiga bahwa HP Asus yang dimiliki saat ini adalah gadget palsu atau tiruan. Kalian bisa memastikan kepada pihak toko soal garansi yang diberikan untuk mengetahui keaslian perangkat sesungguhnya.

Cek Kualitas HP Asus

Kalian bisa memerika kualitas HP Asus untuk memastikan kealiasnnya. HP Asus apa saja seperti Zenfone biasanya dilengkapi berbagai macam fitur menarik. Kamu bisa membuka menu pengaturan ponsel dan periksa informasi soal HP Asus secara lengkap. Hal ini dikarenakan salah satu rahasia memeriksa kualitas ponselnya hanya bisa dilihat melalui pengaturan, sedangkan segala hal mengenai HP Asus yang kalian miliki bakal terlihat di sana.

Cek Perbandingan Harga HP Asus

Jangan pernah tergiur dengan HP Asus berharga murah bahkan mencapai ratusan ribu rupiah. Pasalnya, beberapa orang biasanya ingin mempunyai produk asli dengan harga miring namun tidak memperhatikan kualitas dan spesifikasinya. Kalian harus jeli dan lebih waspada bila menemukan outlet atau toko tertentu yang menawarkan HP Asus berharga murah. Tak salah bagi kalian membayar harga mahal, namun smartphone nya asli dengan membelinya lewat toko terpercaya.

Cek HP Asus via Kode Rahasia

  • Buka kunci HP Asus dan siagakan pada posisi standby.
  • Pilih menu Kalkulator.
  • Ketik .12345+=.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul menu SMMI Test untuk memeriksa semua sensor ponsel dan software di dalamnya.
  • Pilih menu Autorun untuk menjalankan pemeriksaan secara otomatis.
  • Tekan tombol Start Autorun di pojok kanan atas.
  • Tunggu beberapa saat supaya HP Asus bisa melakukan pemeriksaan secara otomatis.
  • Apabila muncul perintah tambahan, ikuti saja prosedurnya sampai akhir.
  • Selesai.

Cek HP Asus via Aplikasi Unduhan

  • Buka Google Play Store.
  • Cari beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti Antutu Tester, Phone Doctor Plus, Phone Tester atau AIDA64.
  • Pilih salah satu aplikasinya dan tekan tombol Download atau Unduh.
  • Tekan tombol Install.
  • Buka dan jalankan aplikasinya sesuai instruksi yang diberikan.
  • Selesai.

Apa Saja Fungsi Aplikasi Unduhan untuk Cek HP Asus?

Antutu Tester : Periksa kondisi hardware HP.

Phone Doctor Plus : Periksa kerusakan HP seperti GPU, CPU, GPS, speaker, mic, tombol, flash dll.

AIDA64 : Periksa spesifikasi HP dan hardware perangkat keseluruhan.

Phone Tester : Periksa hardware dan sistem perangkat dengan menghadirkan opsi sensor, multi-touch test, camera, GPS dll.

Tips dan Trik Merawat HP Asus Paling Efektif

Untuk menjaga dan merawat HP Asus supaya bisa dipakai lebih lama adalah melihat suhu ponselnya. Jangan pernah memakai bahkan memaksa pengoperasian HP bila suhunya sudah panas, kalian bisa mendiamkannya beberapa saat. Selain itu, atur kecerahan layar karena tampilan yang terlalu terang bisa menyedot baterai sehingga lebih cepat habis bahkan rusak. Kamu pun tidak boleh charge baterai sambal menggunakan HP lantaran rentan berisiko kerusakan.

Demikian ulasan soal cara cek HP Asus efektif dan lengkap yang harus kamu tahu. Kalian bisa memeriksa keaslian dan kualitas ponselnya lewat salah satu poin di atas yang terbukti akurat. Kami sarankan pula untuk mengoptimalkan sistem ponsel untuk menjaga kapasitas ruang HP Asus lebih banyak. Tujuannya supaya perangkaynya tidak lemot bahkan lag sehingga memicu error saat kalian membuka aplikasi tertentu seperti game maupun sosial media.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...