Cara Melunasi Hutang Bank BRI (Bayar Cepat) Paling Mudah

Cara Melunasi Hutang Bank BRI
Melunasi Hutang Bank BRI

WIGATOS.com | Kamu sedang mencari cara melunasi hutang bank BRI dengan segera? Pada penjelasan ini akan diterangkan secara rinci. Mulai dari membayar pinjaman dalam aplikasi mobile banking milik BRI atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. 

Meskipun pinjaman memiliki jangka waktu tertentu, tapi jika ada biaya, melunasinya akan menjadi langkah yang bijak. Alasannya karena kamu tidak perlu diberatkan oleh tanggungan setiap bulan. Selain itu kalau membiarkan tangannya terlalu lama, nilainya juga makin membesar. Karena itulah, simak penjelasan berikut. 

Read More

Cara Melunasi Hutang Bank BRI

Cara Melunasi Hutang Bank BRI
Melunasi Hutang Bank BRI

Untuk membayar pinjaman yang kamu lakukan di bank BRI, itu ada dua macam cara. Pertama secara online lewat aplikasi BRImo yang bisa kamu akses melalui ponsel. Di samping itu dapat datang langsung ke kantor cabang untuk memperoleh panduan langsung dari customer service. Berikut penjelasannya. 

Cara 1. Melunasi Hutang Bank BRI via Aplikasi BRImo ✅

Kalau kamu membuka rekening bank BRI, sebaiknya mengunduh aplikasi mobile banking miliknya yang bernama BRImo. Lewat aplikasi tersebut, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi hanya melalui smartphone. Jadi, tidak perlu datang ke ATM atau kantor cabang. 

Menggunakan BRImo juga lebih praktis buat kamu yang sibuk dan tidak ada waktu. Apalagi kamu dapat membayar hutang bank BRI di sini. Untuk buat akun, perlu nomor HP atau emailnya yang terdaftar di data BRI. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Daftar Akun BRImo ✔️

  • Download dan instal aplikasi BRImo di smartphone
  • Buka aplikasinya dan pilih menu Belum Punya Akun. 
  • Kemudian klik tombol Ya, Saya Punya Rekening BRI. 
  • Klik lagi opsi Daftar Akun BRImo. 
  • Pilih Mulai Sekarang dan ikuti langkah-langkah daftar akun seperti yang sistem arahkan. Mulai dari mengisi data diri, verifikasi data, membuat username, serta password
  • Kalau akun sudah jadi, tekan Login, lalu masuk menggunakan username dan password tersebut. 

Langkah 2: Pilih Menu Lainnya ✔️

Cara Melunasi Hutang Bank BRI

  • Sekarang buka aplikasi BRImo, yang mana kamu sudah login sebelumnya. 
  • Setelah itu, pilih Lainnya dengan tanda titik tiga untuk mengakses lebih banyak menu. 

Langkah 3: Cari Menu Pinjaman BRI ✔️

Cara Melunasi Hutang Bank BRI

  • Gulir layar dan cari kategori menu Produk BRI. 
  • Lalu klik opsi Pinjaman BRI. 

Langkah 4: Pilih Menu Untuk Bayar Pinjaman ✔️

Pada halaman ini ada beberapa sub menu. Total Sisa Pinjaman untuk melihat berapa hutang yang kamu miliki. Di bawahnya pun ada daftar pinjaman yang pernah kamu buat di bank BRI. Untuk membayar hutang, pilih saja Bayar Pinjaman Lainnya. 

Langkah 5: Masukkan Nomor Pinjaman ✔️

  • Masukkan nomor rekening pinjaman. 
  • Tekan tombol Lanjutkan
  • Selanjutnya akan ada jumlah tagihan yang harus diselesaikan. Tinggal ikuti panduan dari sistem BRImo. 

Cara 2. Melunasi Hutang Bank BRI dengan Datang ke Kantor Cabang ✅

Cara melunasi hutang bank BRI yang kedua dengan datang langsung ke kantor cabang. Sebenarnya ini merupakan metode paling umum. Terlebih lagi nantinya langsung mendapatkan bantuan dari teller bank, sehingga lebih mudah. Prosedurnya seperti di bawah ini:

  1. Datang ke kantor cabang bank BRI terdekat. 
  2. Jangan lupa membawa dokumen persyaratan, seperti KTP, bukti permohonan kredit, serta slip pembayaran sebelumnya. 
  3. Setelah ada di bank BRI, isi blangko pengambilan dokumen dan pelunasan kredit sesuai dengan arahan dari CS. Pastikan mengisinya dengan jelas dan rinci. 
  4. Lakukan proses pengecekan biaya bersama CS. 
  5. Pihak bank akan menerbitkan Surat Pelunasan. Sebaiknya kamu mengecek kembali surat tersebut. 
  6. Selanjutnya ada hal lainnya juga kamu periksa, seperti stempel dalam dokumen pelunasan. Jika stempel tidak ada, kembali ke CS untuk meminta stempel lunas. 
  7. Setelah itu, cetak salinan surat-surat tersebut. 
  8. Terakhir, verifikasi dari loan admin bank. 

Kenapa Harus Melunasi Hutang Bank BRI? 

Hutang yang kamu buat di Bank BRI sebenarnya dapat diselesaikan dalam batas waktu tertentu. Tapi jika ada biaya lebih, melunasinya menjadi pilihan yang bagus. Ada berbagai keuntungan dengan melunasi hutang tersebut. Berikut beberapa alasannya:

  • Meningkatkan skor kredit. 
  • Agar bunga pinjaman tidak menumpuk.
  • Agar dapat mengatur keuangan dengan baik. Jangan sampai uang yang seharusnya untuk tabungan malah habis terpakai membayar hutang setiap bulan. 
  • Merencanakan kebutuhan untuk masa depan. Karena membayar hutang dalam jumlah minimum setiap bulan bisa saja mengganggu kebutuhan sehari-hari. 

Demikian penjelasan cara melunasi hutang bank BRI. Kamu dapat membayar pinjaman secara online melalui aplikasi BRImo. Tapi jika ingin mendapatkan panduan yang lebih jelas dari customer service, sebaiknya datang ke kantor cabang terdekat. 

Related posts