Cara Download Game PSP

Bagaimana cara download game PSP? Apakah bisa memainkan game PPSSPP di HP? Apakah bisa memainkan game PPSSPP di komputer atau laptop?

Ngomongin tentang game, tentu sebagian besar dari kita sudah tak lagi asing dengan beragam konsol game, terlebih untuk generasi tahun 90 an. Mulai dari nintendo, PSP, Play Station, dan lain sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini kita akan menyingunggung tentang konsol game PSP yang mana merupakan sebuah konsol game jadul yang sempat tenar pada masanya.

Buat yang belum tau, PSP sendiri merupakan konsol game yang mana mirip dengan konsol pocket game. Sebab, ukuran dari konsol PSP ini tidak terlalu besar, dan juga mudah untuk dibawa kemana saja. Dan untuk memainkan game didalam konsol PSP ini, kita bisa menggunakan semacam memori seperti Memory Card pada konsol play station namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Pada zamannya, konsol game PSP sangat populer dan banyak digemari oleh beragam kalangan. Mulai dari anak anak, remaja, dewasa, pria, atau bahkan wanita. Sebab, selain karena ukurannya yang mudah untuk dibawa, PSP tidak perlu menggunakan kontroller tambahan seperti stick pada play station, sebab kontroller pada PSP berada disebelah kanan, kiri dan juga atas dari PSP itu sendiri. Oleh karena itulah, hal ini sangat memudahkan pengguna dalam memainkan game yang ada di PSP itu sendiri.

Namun seiring berkembangnya zaman, muncul beragam konsol game baru yang perlahan meredupkan pamong dari PSP, mulai dari muncul nya play station generasi pertama atau sering dikenal dengan PS 1, kemudian disusul dengan Play station generasi kedua yang kerap disapa PS 2, hingga muncul lain konsol game baru seperti xBox dan juga nintendo Wii yang saat ini menjadi game konsol yang banyak diminati pecinta game konsol.

Walaupun begitu, nyatanya tak sedikit loh para pemain game konsol jadul yang merasa ‘kangen’ dan ingin bernostalgia atau memainkan game lama dari konsol PSP ini. tentunya, hal ini bisa terjadi karena ciri khas dari game konsol PSP yang saat ini masih memiliki kualitas grafis yang bisa dibilang tidak terlalu bagus, namun memiliki cerita ditiap permainannya.

Maka dari itu, berkat kemajuan teknologi dan informasi, saat ini pengguna yang mungkin ingin merasakan kembali memainkan game yang ada di PSP, mereka bisa menggunakan emulator ataupun aplikasi bantuan yang bernama PPSSPP, untuk memainkan game game dari PSP melalui beragam perangkat.

Nah, jika pada konsol PSP nya langsung kita harus menggunakan semacam memori card, maka untuk memainkan game di emulator PPSSPP ini, kita bisa harus terlebih dahulu mendownload file dengan format .ISO atau yang dikenal dengan ROM dari PSP (pada konsol) untuk bisa dimainkan di emulator PPSSPP, oleh sebab itu kalian harus terlebih dahulu tau Cara Download Game PSP, yang nantinya bisa dimainkan melalui emulator.

Cara Download Game PSP

Cara Download Game PSP
Download Game PSP

Cara Download Game di PSP lewat CoolROM

Langkah pertama adalah kita bisa mendownload game untuk PPSSPP dari situs CoolROM. Situs yang satu ini sudah sangat terkenal dan banyak menjadi langganan para pecinta game konsol yang ingin bernostalgia memainkan game PSP. Untuk cara downloadnya pun terbilang mudah.

  • Buka browser kalian baik di HP, Komputer, atau bahkan Laptop
  • Setelah itu, kunjungi situs CoolROM, di https://coolrom.com.au/roms/psp/p/
  • Setelah itu, pilih judul game yang kalian inginkan, atau kalian bisa menggunakan kolom pencarian untuk mencari game yang kamu mau
  • Lalu, kalian akan diarahkan pada laman deskripsi game beserta link download
  • Perlu sangat diperhatikan! Disini kalian akan melihat tombol DOWNLOAD FILE berwarna biru. JANGAN TEKAN TOMBOL TERSEBUT, tapi klik pada Alternative Download Link, sebab jika kalian menekan tombol DOWNLOAD FILE, maka kalian akan mendapatkan file dengan format .exe, dan itu bukanlah game PSP, melainkan Downloader dari CoolROM
  • Setelah mengklik tombol Alternative Download Link, nantinya akan muncul pop up baru beserta iklan banner
  • Pada pop up tersebut, kalian akan diminta untuk menunggu beberapa detik, dan kemudian kamu bisa mengklik pada tombol Download Your File
  • Tunggu beberapa saat, dan prosess download akan dimulai secara otomatis.

Sebagai tambahan, untuk mempercepat dan memperlancar prosess download kalian, kami sangat menayarankan kalian untuk menggunakan IDM atau Internet Download Manager, agar kecepatan download lebih stabil.

Cara Download Game di PSP lewat RomsMania

Selanjutnya kita juga bisa mengunjungi situs yang mana memang menyediakan beragam game PSP untuk nantinya dimainkan pada Emulator PPSSPP, salah satunya adalah RomsMania.

  • Kunjungi situs RomsMania di https://romsmania.cc/roms/playstation-portable
  • Setelah itu, klik pada Judul game atau kamu juga bisa mencari game sesuai keinginan lewat kolom pencarian
  • Setelah itu, di bawah button Download berwarna hijau, klik pada More Options dan pilih browser download (slowest) dan setelah itu kalian tinggal menunggu sampai prosess downloadnya selesai

Kenapa kita harus memilih opsi slowest pada Download? Nah, jawabannya adalah karena memang sama seperti cara pertama, akan ada iklan yang biasanya berupa ‘aplikasi downloader’ dari pihak penyedia game PPSSPP tadi. Dan biasanya, aplikasi jenis downloader ini bisa mempengaruhi iklan dan juga kinerja perangkat kalian.

Cara Download Game di PSP lewat Emuparadise

Pada cara ketiga, kali ini kita akan mengunjungi situs yang menjadi surganya para pecinta game konsol, termasuk PSP, yakni Emuparadise. Sebagaimana kita tau, situs yang satu ini memang sudah sangat melegenda, dan menjadi tempatnya pecinta game konsol untuk mendownload game yang mereka inginkan. Caranya juga gampang banget kok.

  • Pergi ke situs EmuParadise (untuk PPSSPP) di https://www.emuparadise.me/PSP_ISOs/List-All-Titles/44
  • Kemudian, kamu bisa memilih list atau judul game yang tersedia di Emuparadise, atau juga menggunakan kolom pencarian, untuk mencari game yang ingin kamu download
  • Lalu, kalian akan melihat daftar isi didalam keterangan game tersebut, dan kamu bisa langsung mengklik navigasi ‘Download Links’
  • Terakhir, kalian akan diarahkan ke bagian download link, dan disitu kamu bisa mengklik link yang tersedia untuk langsung memulai prosess download.

Selain menyediakan beragam game PSP untuk pengguna Emulator, Emuparadise juga memberikan rekomendasi pilhian emulator PPSSPP yang bisa kamu gunakan, untuk beragam perangkat. Jadi, kamu bisa langsung mendownload (emulatornya) secara langsung, di emuparadise. Gampang banget kan?

Cara Download Game di PSP lewat EmulatorGames

Terakhir, ada situs dari EmulatorGames, yang juga tak jauh berbeda dengan beberapa situs diatas tadi. Namun, perbedaan yang sangat mencolok atau signifikan dari situs ini adalah, kalian bisa memainkan game PSP yang akan diunduh secara Online tanpa menggunakan emulator. Wah, tentunya bisa jadi trial dulu deh biar gak penasaran.

  • Buka browser yang ada di perangkat android, komputer, atau laptop kalian
  • Setelah itu, kunjungi situs emulatorgames.net
  • Lalu, kalian bisa memilih game yang sudah tersedia atau tampil dihalaman awal dari Emulatorgames tadi, atau kamu juga bisa kok mencari game sesuai keinginanmu
  • Setelah itu, klik pada gambar / thumbnail dari game PSP yang ingin kamu download
  • Nah, disini kamu akan menemukan 3 pilihan
    • Save Game : Untuk Download
    • To play this game offline … : untuk mendownload emulator PSP yang disarankan
    • Play Game Online : untuk memainkan game PSP secara online dari website (untuk pengguna komputer / laptop)
  • Klik pada tombol Save Game dan kemudian kalian tinggal menunggu beberapa detik, sebelum akhirnya prosess download dimulai.

Nah itulah tadi beberapa Cara Download Game PSP yang bisa kamu coba, silahkan gunakan cara yang paling mudah menurutmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi