Cara Cek Kartu Telkomsel

  • Whatsapp

Bagaimana cara cek kartu Telkomsel, apakah masih aktif ataukah tidak? Ya, mengecek masa aktif kartu Telkomsel sangat penting sekali, terutama bagi para pengguna Telkomsel.

Masa aktif ialah hal yang harus diperhatikan setiap pengguna operator seluler. Sebab masa aktif tersebut ikut menentukan penggunaan kartu, apakah masih dapat digunakan ataukah tidak?

Read More

Apalagi bagi Kamu yang jarang menggunakan kartu Telkomsel, bisa-bisa masa aktif kartumu habis begitu saja dan akhirnya dinonaktifkan secara otomatis.

Bahkan bonus-bonus yang ditawarkan oleh provider Telkomsel pun akan hangus. Inilah alasan kenapa Kamu harus tahu cara cek kartu Telkomsel sesering mungkin. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Cek Kartu Telkomsel

Cara Cek Kartu Telkomsel
Mengecek Kartu Telkomsel

Bagi Kamu yang belum mengetahui bagaimana cara cek kartu Telkomsel, ada beberapa cara yang bisa Kamu coba berikut ini :

Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel Menggunakan Kode USSD

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan ialah dengan memanfaatkan kode USSD. Cara ini bisa dibilang paling simpel dan mudah dipakai. Bahkan dengan memakai cara ini, Kamu ttidak memerlukan akses internet, berbeda halnya dengan cara cek masa aktif kartu Telkomsel online.

Hal ini dikarenakan, untuk pengecekan kartu Telkomsel menggunakan kode USSD dapat dilakukan baik memakai HP jadul maupun smartphone.

Adapun lebih lengkapnya, Kamu bisa ikuti panduan cara cek di bawah ini bagi pengguna SimPATI, Loop, maupun kartu AS :

  • Pertama-tama silahkan buka Hp-mu, kemudian pilih opsi Dial Up.
  • Setelah itu ketikkan kode USSD *888# lalu tekan telepon/panggil/Ok/Yes.
  • Lalu akan muncul opsi-opsi yang bisa Kamu pilih, silahkan pilih “Cek Pulsa dan Kuota”.
  • Selanjutnya pada tampilan yang berikutnya akan muncul pemberitahuan atau informasi mengenai sisa pulsa, masa aktif kartu dan sisa kuota internet.
Terkait:  Cara Cek Kehamilan dengan Tespek

Bagaimana, cara cek di atas sangat mudah kan? Selain untuk mengecek masa aktif kartu, kode USSD*888# dapat dimanfaakan untuk keperluan lainnya, yaitu untuk pembelian paket SMS dan telepon.

Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel Melalui SMS

Di samping memakai kode USSD, Kamu juga dapat mengecek masa aktif Telkomsel melalui SMS. Sama seperti cara cek masa aktif dengan kode USSD, cara ini juga paling praktis dan mudah.

Selain itu, cara cek masa aktif kartu via SMS juga dikhususkan bagi pengguna modem kartu Telkomsel, yang tidak dapat dicek lewat kode USSD.

Jika Kamu penasaran dengan cara ini, silahkan ikuti panduan cara cek kartu Telkomsel dengan SMS berikut ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka ponselmu, lalu masuk ke aplikasi perpesanan untuk mengirimkan pesan singkat/SMS. Lalu pilih pesan baru jika ingin membuat SMS.
  • Setelah itu, ketik SMS melalui format ketik : Flash (spasi) Info, kemudian kirim ke nomor 3636.
  • Lalu tunggu beberapa menit sampai Kamu menerima balasan informasi langsung dari pihak Telkomsel. Adapun balasan tersebut biasanya berisi tentang masa aktif kuota internet Telkomsel yang kamu pilih.

Sayangnya, cara yang satu ini hanya dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan masa aktif paket kuota internet dari Telkomsel, dan bukan pengecekan masa aktif kartu.

Sebab pihak operator seluler ini sendiri tidak menyuguhkan cara pengecekan pulsa memakai SMS, sehingga cek masa aktif Telkosel via SMS secara otomatis tidak dapat dilakukan.

Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel via Website

Cara cek kartu Telkomsel dengan menggunakan website dapat Kamu lakukan lewat smartphone atau PC yang Kamu gunakan.

Ini dia tahapan caranya :

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke perangkat browser yang Kamu gunakan, baik itu Opera, Mozilla Firefox atau Chrome. Setelah itu, silahkan kunjungi web my.telkomsel.com dengan masuk ke situs resmi Telkomsel.
  • Selanjutnya, Kamu akan dibawa langsung menuju halaman Telkomsel. Di tampilan muka, Kamu akan menemukan kotak/kolom yang digunakan untuk menginputkan nomor ponsel. Silahkan masukkan nomor Hp-mu.
  • Jika sudah, klik di tombol bertuliskan send code atau kirim kode.
  • Lalu klik OK jika ingin melanjutkan.
  • Silahkan cek verifikasi yang telah dikirimkan lewat SMS ke nomor Hpmu. Lalu masukkan kode verifikasi tersebut di kolom yang telah tersedia untuk verifikasi. Silahkan pilih login atau masuk.
  • Jika Kamu sudah sukses masuk menuju halaman Telkomsel, selanjutnya akan ada menu yang menampilkan tentang informasi masa aktif kartu Telkomsel dan sisa pulsa.
Terkait:  Cara Hutang Pulsa Telkomsel

Cara ini juga termasuk sangat mudah, tapi untuk  bisa memanfaatkan cara cek kartu Telkomsel ini, Kamu harus memiliki koneksi internet yang memadai, sebab mengharuskanmu memasuki laman situs online.

Cek Kartu Telkomsel Melalui Aplikasi My Telkomsel

Untuk pengecekan masa aktif kartu Telkomsel online berikutnya, Kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama MyTelkomsel.

Aplikasi ini dikembangkan secara khusus oleh provider Telkomsel guna mempermudah para pelanggannya saat hendak mengecek masa aktif kartu.

Berikut ulasan cara cek masa aktif di aplikasi MyTelkomsel :

  • Pertama-tama, silahkan download lalu install aplikasi MyTelkomsel langsung di smartphone-mu. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis lewat Google Play Store.
  • Sesudah aplikasi terpasang di Hpmu, silahkan buka lalu jalankan aplikasi ini. Selanjutnya Kamu akan diminta login atau masuk, silahkan klik login.
  • Setelah itu, Kamu bisa menginputkan nomor Hpmu di kotak yang sudah tersedia, silahkan tekan next atau selanjutnya.
  • Lalu tunggu sampai beberapa waktu, hingga ada kode verifikasi muncul di inbox SMS ponselmu. Jika sudah diterima, inputkan kode verifikasi ini di kolom yang telah tersedia. Selanjutnya pilih “verify”.
  • Jika sudah berhasil login, Kamu akan memasuki halaman awal,  nah dari situlah Kamu akan mendapatkan tampilan informasi mengenai masa aktif kartu Telkomsel dan sisa pula.

Dengan  aplikasi ini, Kamu juga dapat mengetahui sisa paket kuota internet-mu beserta paket lainnya, baik itu paket SMS maupun nelpon.

Itulah cara-cara pengecekan masa aktif kartu Telkomsel yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan.

Lalu, bagaimana jika ternyata masa aktif kartu habis? Berikut solusi paling mudah yang bisa Kamu lakukan!

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Kembali

Jika masa aktif kartumu sudah mau habis, atau telah memasuki masa tenggang, Kamu dapat mengaktifkan kartu Telkmselmu Kembali dengan cara di bawah ini :

Terkait:  Cara Cek Garansi Realme

1. Isi Ulang Pulsa

Cara paling mudah untuk mengaktifkan kartu atau memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel, baik Simpati, Loop, ataupun As, Kamu harus melakukan pengisian ulang pulsa. Selain di konter Hp, Kamu juga dapat melakukan pengisian secara online di aplikasi-aplikasi marketplace.

2. Datang ke GraPARI Telkomsel

Cara ini juga berlaku bagi Kamu pengguna kartu As, Loop dan SimPATI. Apalagi jika masa tenggang pada kartu Telkomselmu sudah habis, maka Kamu bisa mengaktifkan kartu kembali dengan mendatangi GraPARI Telkomsel terdekat.

Dengan catatan, datang ke gerai atau GraPARI selambat-lambatnya 15 hari sesudah masa tenggang kartu habis. Pastikan untuk membawa serta KK atau nomor Kartu Keluarga dan e-KTP asli.

Nah, itulah dia ulasan cara cek kartu Telkomsel berikut cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel yang sudah memasuki masa tenggang ataupun yang masa tenggangnya habis, berlaku bagi pengguna kartu As, SimPATI, dan Loop. Bagaimana, mudah kan?

Related posts