Cara Aktifkan GPS Di Hp Oppo

Bagi pemilik ponsel saat ini sudah pasti tidak asing dengan GPS. Namun masih banyak yang tidak tahu cara aktifkan GPS di Hp Oppo atau seri Android lain. Sehingga bukan hanya pemetaan lokasi yang kurang tepat. Sering kali juga tidak bisa mengakses aplikasi tertentu.

GPS memang dibutuhkan untuk beberapa aplikasi yang menggunakan lokasi pengguna. Seperti aplikasi pengiriman, hingga ojek online. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna memang akan diminta aktifkan GPS di hp lebih dulu.

Sebelum mempelajari langkah demi langkah cara aktifkan GPS di Hp Oppo, yuk simak lebih dulu ulasan lengkap mengenai sistem ini. Sehingga semakin paham dengan penggunaan dan pentingnya mengaktifkan GPS di Android.

Apa Itu GPS?

Meski sudah familiar untuk penggunaannya, masih banyak orang yang salah menduga mengenai GPS. Masih banyak pengguna yang salah menduga bahwa GPS merupakan peta. Padahal sebenarnya GPS merupakan sistem menentukan lokasi. Dimana memang salah satu penggunanya di peta.

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. Sistem ini bisa menentukan lokasi pengguna melalui alat tracking khusus, seperti pada HP Oppo dan Android lainnya salah satunya, dengan menggunakan satelit.

Awalnya sistem GPS dibuat oleh Amerika Serikat. Walau pada perkembangannya, Rusia dan Cina juga memiliki sistem tersendiri untuk menentukan lokasi. Sistem GPS di Rusia disebut dengan GLONASS sedangkan di Cina merupakan BeiDou.

Penggunaan GPS di HP Android

Menggunakan istilah GPS untuk sistem penentuan dan pelacakan lokasi di ponsel memang kurang tepat. Seperti disebutkan di atas, GPS merupakan sistem satelit yang digunakan. Sebenarnya yang ada di ponsel justru penerima sinyal GPS itu sendiri.

Namun tentunya untuk mempermudah pengguna ponsel secara luas, istilah penerima sinyal atau sistem navigasi disederhanakan menjadi GPS.

GPS di ponsel Android bukanlah peta. Meski di peta akan menggunakan sistem navigasi dari GPS. Aplikasi seperti Google Maps, Wave, ojek online, sampai berbagai aplikasi percakapan saat ini memaksimalkan fitur GPS. Demi pemetaan titik lokasi pengguna yang lebih tepat.

Cara Aktifkan GPS Di Hp Oppo

Cara Aktifkan GPS Di Hp Oppo
Cara Aktifkan GPS Di Hp Oppo Dengan 5 Langkah

Meski digunakan di berbagai dan banyak aplikasi, sering kali pengguna justru enggan mengaktifkan GPS di HP Oppo. Alasannya karena ditakutkan akan menguras baterai, hingga alasan keamanan. Banyak juga yang tidak mengaktifkan GPS karena tidak tahu caranya.

Cara aktifkan GPS di Android, seperti Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain-lain sebenarnya sama saja. Cukup mudah dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Berikut ini cara yang bisa diikuti.

1. Cara Aktifkan GPS Di Android Lewat Status Bar

Mengaktifkan GPS sebenarnya sangat mudah. Bisa dilakukan dengan berbagai cara berbeda. Salah satunya melalui panel status bar.

Bila belum mengetahui letak panel status bar, bisa menarik atau drag bagian atas layar ke bawah. Akan muncul panel dengan berbagai ikon berbeda. Salah satunya bisa digunakan untuk menyalakan GPS di HP.

Diantara ikon yang ada di status bar terdapat Lokasi. Biasanya ditandai dengan simbol yang mirip jamur.

Untuk aktifkan GPS di HP Oppo, cukup klik ikon tersebut. Secara otomatis GPS akan menyala. Mudah sekali, bukan?

2. Cara Aktifkan GPS HP di Pengaturan

Bila mengaktifkan GPS lewat status bar masih membingungkan, bisa melakukan melalui menu Pengaturan. Cara ini pastinya lebih mudah untuk dilakukan.

Selain lebih mudah dilakukan, mengaktifkan GPS melalui pengaturan juga memberikan keuntungan. Salah satunya berbagai pilihan konfigurasi yang bisa dipilih. Pengaturan konfigurasi ini tepat untuk menentukan penggunaan GPS untuk masing-masing aplikasi.

Berikut langkah-langkah aktifkan GPS HP di Pengaturan.

1. Buka menu Setelan atau Setting atau Pengaturan di HP Android
2. Kemudian klik pada menu Keamanan & Lokasi
3. Pada menu ini, scroll ke bawah hingga menemukan pilihan untuk Lokasi
4. Ketuk atau tap pada menu Lokasi untuk mengaktifkan
5. Pastikan terlihat kata Aktif pada Lokasi, yang menandakan GPS sudah menyala

Setelah itu GPS di HP sudah akan menyala dan navigasi dilakukan secara real-time melalui satelit.

Beberapa seri HP Android selain Oppo mungkin memiliki urutan menu berbeda untuk Pengaturan. Untuk memudahkan saat menyalakan GPS di HP, letaknya selalu di menu Keamanan dan Lokasi. Bila kedua menu ini terpisah silahkan periksa salah satunya untuk menemukan menu Lokasi dan mengaktifkan GPS.

Alternatif lain di HP Android berbeda untuk cara mengaktifkan GPS melalui pengaturan diantaranya:

1. Pengaturan > Lokasi > Ketuk untuk mengaktifkan GPS
2. Pengaturan > GPS > Ketuk menu ini agar GPS aktif
3. Pengaturan > Keamanan > Lokasi > Ketuk untuk mengaktifkan GPS
4. Pengaturan > Privasi > Lokasi
5. Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Lokasi

Variasi pengaturan di atas bisa dicoba untuk mengaktifkan GPS di HP Android.

3. Cara Aktifkan GPS HP Akurasi Tinggi

Pada Pengaturan juga bisa diatur agar GPS lebih akurat. Seperti menggunakan pilihan Akurasi Tinggi pada menu Lokasi. Ketika pilihan ini diaktifkan, navigasi akan menggunakan data satelit untuk memberikan hasil pemetaan lokasi lebih akurat. Selain itu juga bisa jadi cara mengunci titik GPS.

Selain itu di beberapa HP Android juga terdapat pilihan menggunakan jaringan Wireless atau satelit GPS. Bila membutuhkan navigasi GPS paling akurat bisa memilih menu GPS Satelit.

Pilihan menu ini menggunakan sinyal satelit sehingga lebih akurat. Meski kekurangannya, lebih banyak daya baterai yang digunakan.

Sedangkan memilih menggunakan jaringan Wireless akan lebih hemat daya. Namun titik navigasi lokasi tidak begitu akurat karena menggunakan jaringan Wifi atau koneksi internet.

4. Cara Aktifkan GPS HP Mudah

Masih ada mudah berikutnya untuk mengaktifkan GPS di HP Android. Cara satu ini bisa dibilang paling mudah bila kedua langkah lain di atas masih dirasa sulit.

Untuk cara terakhir ini, pertama-tama buka ke bagian kolom pencarian. Masing-masing tipe ponsel memiliki cara tersendiri untuk kolom pencarian ini. Meski seringnya, kolom pencarian atau Search berada di sisi atas layar.

Di kolom pencarian, tinggal ketikan kata Lokasi. Akan muncul menu untuk mengaktifkan GPS Lokasi di ponsel. Sangat mudah sekali, bukan?

5. Cara Aktifkan GPS HP Tidak Ketemu

Bagaimana bila cara-cara di atas sudah dicoba tapi GPS belum menyala? Ada beberapa kemungkinan.

Seri ponsel Android lama memang masih banyak yang belum dibekali fitur GPS. Sehingga bila tidak ketemu, bisa jadi ponsel tersebut memang belum memiliki fitur GPS. Biasanya bila ponsel belum memiliki fitur GPS, tidak akan ada menu Lokasi pada Pengaturan.

Untuk memastikan, silahkan cek lebih dulu spesifikasi ponsel Android yang dimiliki. Apakah sudah mendukung fitur GPS atau belum.

6. Cara Matikan GPS HP Android

Setelah cara aktifkan GPS di HP Oppo dan Android lain di atas, bagaimana cara mematikannya? Sebenarnya sama saja dengan cara mengaktifkan GPS tersebut. Tinggal menuju menu Pengaturan dan Lokasi kemudian ketuk untuk menonaktifkan fitur GPS.

Menonaktifkan GPS HP di status bar juga tidak jauh berbeda. Tinggal mencari ikon Lokasi di status bar yang sudah menyala, kemudian ketuk untuk mematikan.

Cara aktifkan GPS di HP Oppo memang sebenarnya sangat mudah. Pengguna juga bisa mengatur apakah membutuhkan akurasi tinggi untuk navigasi GPS atau tidak. Cara-cara nyalakan GPS di HP Android di atas juga bisa digunakan untuk nyaris semua tipe HP. Hanya pastikan sudah terdapat fitur GPS ya!

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while