Cara Cek Penghasilan Youtuber Lain dan Channel Sendiri

Cara Cek Penghasilan Youtuber
Cara Cek Penghasilan Youtuber

WIGATOS | Kamu penasaran bagaimana cara cek penghasilan youtuber itu? Ingin tahu berapa gaji yang didapatkan para content creator terkenal atau pendapatan milik sendiri? Semua akan dijelaskan secara rinci di sini. 

Sekarang ini banyak sekali yang banting setir untuk jadi pembuat konten di YouTube. Konten yang dihadirkan pun bermacam-macam. Ada yang membahas tentang pendakian, literasi, teknologi, musik, dan lain-lain. 

Read More

Pendapatan seorang youtuber pun dianggap menjanjikan setiap bulannya. Kalau Kamu penasaran, bisa cek sendiri sesuai dengan panduan yang akan diberikan berikut ini. Di samping itu, ketahui pula dari mana pendapatan youtuber diperoleh. 

Cara Cek Penghasilan Youtuber

Cara Cek Penghasilan Youtuber
Cara Cek Penghasilan Youtuber

Ternyata cara cek penghasilan youtuber itu cukup mudah. Kamu bisa melihat berapa pendapatan content creator terkenal yang biasa Kamu tonton setiap bulannya. Mungkin ini bisa jadi motivasi agar Kamu lebih semangat membuat konten. 

Selain pendapatan youtuber lain, Kamu juga dapat cek penghasilan dari channel sendiri. Kamu bisa mencairkannya ke rekening jika yang terkumpul sudah cukup banyak. Berikut dijelaskan bagaimana cara melihat pendapatan youtuber setiap bulan. 

1. Cek Penghasilan Youtuber Melalui Social Blade

Cara cek penghasilan youtuber yang pertama ini dilakukan lewat situs online bernama Social Blade. Di sana Kamu dapat melihat berapa gaji yang didapatkan oleh para youtuber terkenal setiap bulannya. Sebut saja content creator seperti Atta Halilintar, Dzawin Nur, hingga channel milik Raffi Ahmad. 

Namun Social Blade ini hanya menampilkan penghasilan youtuber secara perkiraan saja. Pasalnya, ada beberapa sumber pendapatan youtuber lainnya yang tidak bisa dideteksi oleh situs tersebut. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu daripada penasaran. 

Kamu dapat melakukan pengecekan secara gratis. Berikut ini cara cek penghasilan youtuber lewat Social Blade dengan mudah:

  • Akses alamat www.socialblade.com lewat browser apa saja yang ada di perangkat. 
  • Setelah itu, pada kolom yang ada di atas, tulis nama channel YouTube yang ingin Kamu cek penghasilannya. 
  • Tekan ikon kaca pembesar atau tombol Enter untuk memulai penelusuran. 
  • Tunggu sistem memuat data dari channel yang Kamu maksud. Nantinya Kamu dapat melihat perkiraan gaji youtuber setiap bulan hingga hitungan per tahun. 

Selain penghasilan channel YouTube, Social Blade juga menampilkan data yang lain. Kamu bisa melihat berapa banyak konten yang di-upload ke channel tersebut hingga memperoleh pendapatan besar. Di samping itu, juga bisa melihat jumlah subscribers, viewers, hingga grafik hariannya. 

2. Cek Penghasilan Channel YouTube Sendiri

Kalau yang kedua ini merupakan cara cek penghasilan youtuber milik channel sendiri. Kamu tidak hanya dapat melihat gaji youtuber terkenal saja. Tapi juga pendapatan sendiri yang dikumpulkan dari berbagai sumber. 

Karena ini mengecek channel sendiri, Kamu akan mendapatkan data yang lebih pasti dan valid. Hasilnya sudah digabungkan dengan semua faktor dan sumber penghasilan. Apalagi, kalau di YouTube tidak hanya punya satu pemasukan saja. 

Pengecekan ini dapat Kamu lakukan di semua perangkat, bisa HP dan komputer. Pertama, cek penghasilan channel YouTube sendiri lewat aplikasinya langsung. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi YouTube
  • Kemudian ketuk foto profil yang ada di kanan atas. 
  • Pilih menu Channel Anda
  • Setelah itu, pada bagian menu tengah, pilih opsi Analytics. Kamu akan mendapatkan ringkasan performa dari channel

Cara lainnya yaitu dengan melihatnya lewat aplikasi YouTube Studio. Download dulu aplikasinya dan login ke akun channel YouTube milikmu. Kemudian cek pendapatan dari channel tersebut dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi YouTube Studio. 
  • Lalu pada bagian bawah, pilih menu Analytics
  • Setelah itu ketuk menu Pendapatan
  • Nantinya akan ada laporan penghasilan channel milikmu selama enam bulan terakhir. Kamu juga mendapatkan rincian lengkap untuk gaji setiap bulannya. 

Laporan lain yang diberikan dengan mengecek lewat YouTube Studio adalah konten dengan penghasilan tertinggi. Performa masing-masing konten juga ditampilkan dengan jelas. Termasuk rincian pendapatan dari live streaming, video, maupun short video

Sumber Penghasilan Youtuber

Perlu Kamu ketahui bahwa pendapatan seorang youtuber itu tidak hanya dari sumber saja. Mungkin para pemula mengira jika penghasilannya hanya diperoleh dari iklan yang diselipkan pada konten. Padahal, masih banyak sumber lain, di antaranya yaitu:

1. AdSense

AdSense merupakan pendapatan utama dari para youtuber. AdSense merupakan program pengiklanan yang memberikanmu komisi dari pemasangan YouTube AdSense di channel milikmu. Channel tersebut dimonetisasi dengan iklan-iklan yang diselipkan dalam video. 

Untuk komisi yang didapatkan itu tergantung pada penonton iklan. Semakin banyak viewers-nya, makin besar pula penghasilannya. Tapi untuk bisa memasang YouTube AdSense harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Dalam satu tahun, channel paling tidak punya 4000 jam tayang. 
  • Minimal memiliki 1000 subscriber
  • Terhubung dengan Google AdSense. 

2. Affiliate Marketing

Penghasilan kedua youtuber bersumber dari program afiliasi. Dalam program ini, Kamu akan mendapatkan komisi apabila berhasil mengajak penonton untuk menggunakan suatu produk. Besar komisinya tergantung kebijakan perusahaan atau brand yang diajak kerja sama. 

3. Endorsement

Inilah sumber cuan yang banyak diperoleh oleh youtuber. Biasanya, channel yang sudah terkenal dan memiliki banyak viewers itu sering mengambil endorsement. Produk yang diterima pastinya sesuai dengan niche akun. Misalkan channel tentang teknologi, maka endorse laptop, gawai, atau sejenisnya. 

4. Short Fund

Saat ini YouTube berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para content creator. Salah satunya yaitu mengeluarkan program monetisasi bernama Short Fund. Ini merupakan program untuk video berdurasi pendek yang biasanya disebut dengan Short

Lewat program Short Fund ini, akan dilihat video Short yang paling menarik dan banyak dilihat selama satu tahun. Pastinya YouTube memiliki kriteria sendiri. Jika dapat dimonetisasi, akan mendapatkan penghasilan USD100—USD10.000/bulan.

5. Channel Membership

Berikut ini pendapatan yang diperoleh dari channel membership. Biasanya, pada youtuber ternama itu menawarkan kepada subscriber-nya untuk berlangganan channel tersebut. Tujuannya supaya mendapatkan konten eksklusif. 

Konten yang dimaksudkan beragam, tergantung keinginan pemilik channel. Mulai dari video, emoji, badge, dan fasilitas lainnya. Agar bisa membuat channel membership, paling tidak memiliki jumlah subscribe 100.000.

6. Super Sticker

Sebenarnya masih banyak sumber penghasilan youtuber. Tapi yang diberikan terakhir ini didapatkan dari super sticker. Stiker tersebut dibeli oleh penonton saat Kamu melakukan live streaming untuk menunjukkan dukungan. Selanjutnya bisa panen stiker tersebut setelah live berakhir. 

Berapa Penghasilan Youtuber? 

Mungkin Kamu masih belum puas kalau tidak mendapatkan berapa kisaran gaji seorang youtuber. Perlu diketahui, bahwa penghasilannya itu tergantung pada beberapa faktor, di antaranya yaitu:

  • Jumlah viewers
  • Jumlah penayangan iklan. 
  • CPC (Cost Per Click), yakni biaya dari penonton yang mengklik iklan. 
  • CPM (Cost Per Mille) yang ada di masing-masing negara. 
  • Jenis iklan. 

Selain itu, penghasilan mungkin juga dipengaruhi oleh jumlah subscriber. Berikut ini kisaran gaji youtuber dilihat dari banyaknya subscriber:

  • 1000 subscriber: USD18—USD250K
  • 100.000 subscriber: USD180—USD2.9K
  • 1 juta subscriber: USD4K—USD63.5K
  • 10 juta subscriber: USD12.8K—UAD204.8K

Demikian penjelasan cara cek penghasilan youtuber. Kamu bisa melihat pendapatan youtuber terkenal atau channel sendiri. Penghasilan tersebut didapatkan dari banyak sumber. 

Related posts