3+ Cara Mengolah Quaker Oat Agar Enak (Secret Recipe) πŸ‘©β€πŸ³

Cara Mengolah Quaker Oat
Cara Mengolah Quaker Oat

WIGATOS.com | Kamu yang mau hidup sehat atau mungkin lagi ikut program diet? Salah satu makanan yang tepat buatmu adalah Quaker oat. Quaker oat ialah sejenis produk oatmeal yang populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Oatmeal sendiri termasuk sejenis makanan berbahan dasar gandum yang direbus hingga lunak dan lembut. Bagi kamu yang baru pertama kali mencicipi Quaker Oat mungkin kebingungan, gimana sih cara mengolah quaker oat agar enak?

Hal ini sebab biasanya quaker oat jika disajikan seadanya terkadang membuat penikmatnya merasa kurang enak atau hambar. Meskipun sebetulnya makanan ini sangat baik bagi kesehatan.

Jika mau sajian lainnya sepertiΒ mashed potato,Β kamu bisa coba cara buat mashed potato di sini!

Tapi jangan risau, bagi kamu yang belum tahu gimana cara mengolah quaker oat agar enak, simak panduan selengkapnya di artikel ini!

Apa Saja Sih Manfaat Quaker Oat?

Sebelum bahas lebih jauh tentang cara pengolahan makanan ini, kamu wajib tahu manfaat apa saja yang bakal didapat jika kamu mengonsumsi quaker oat. Beberapa manfaat quaker oat bagi kesehatan akan dijelaskan berikut ini:

1. Menyehatkan Jantung

Quaker oat mengandung antioksidan dan kaya akan serat sehingga dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dan dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

2. Menurunkan Berat Badan

Selain menyehatkan jantung, makanan ini juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dan secara tidak langsung mengurangi asupan kalori. Selain itu, juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membakar lemat dengan cepat.

2. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Quaker oat dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh dan mencegah diabetes tipe 2. Dalam Quaker oat terkandung karbohidrat yang kompleks serta beta glukan yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Quaker oat mengandung cukup banyak lignan, yaitu senyawa tanaman yang dapat mengurangi risiko kanker. Terutama yang berhubungan dengan hormon seperti kanker prostat, kanker payuidara dan kanker ovarium.

4. Menurunkan Hipertensi

Manfaat lainnya dari quaker oat yaitu bisa membantu merilekskan pembuluh darah dan mengatur tekanan darah agar terkontrol dengan baik. Ada juga kandungan mineral dan magnesium yang sangat penting terutama untuk fungsi enzjim dan produksi energi.

5. Mencegah Sembelit

Mengingat ada banyak kandungan serat yang baik, membuat quaker oat dapat membantu pergerakan usus dan dapat mencegah sembelit. Manfaat lainnya adalah bisa meningkatkan kesehatan terutama kesehatan saluran pencernaan.

6. Sebagai Sumber Magnesium

Quaker oat kaya akan sumber magnesium yang baik untuk tubuh. Magnesium berperan dalam banyak proses biologis seperti transmisi saraf, sintetis protein, kelesimbangan elektrolit dan kontraksi otot.

7. Mudah Disaijkan

Quaker oat sangat praktis untuk disajikan untuk berbagai kondisi terutama bisa dijasikan sebagai menu sarapan atau makan siang yang sehat dan kaya akan gizi.

Selain itu, makanan ini dapat disajikan dengan cara direbus terlebih dahulu menggunakan air atau susu kemudian bisa ditambahkan dengan menggunakan buah-buahan. Telur, cokelat, kacang-kacangan, atau bahan lainnya sesuai dengan selera.

Demikianlah beberapa manfaat quaker oat bagi kesehatan yang wajib kamu tahu sehingga bisa mengkonsumsinya dengan rutin ali-alih untuk kesehatan tubuh.

Care Mengolah Quaker Oat Agar Enak

Cara Mengolah Quaker Oat
Cara Mengolah Quaker Oat

Walaupun quaker oat memiliki banyak manfaatnya, nyatanya banyak orang yng enggan mengonsumsinya klarena rasa oatmeal yang hambar dan monoton sehingga terasa asing di lidah. Padahal, oatmeal bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang enak dan variatif dengan menambahkan berbagai bahan-bahan lainnya yang lezat dan bergizi. Berikut beberapa cara mengolah quaker oat agar enak yang bisa kamu coba di rumah.

1. Mengolah Quaker Oat Agar Enak dengan Buah-buahan

Cara mengolah quaker oat agar enak yang pertama yaitu dengan menambahkan buah-buahan segar sebagai toppingnya. Buah-buahan segar bisa memberikan rasa unik seperti rasa manis, asam, dan segar pada oatmeal yang kamu sajikan.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Pada penyajiannya, kamu bisa memilih buah-buahan sesuai selera, seperti buah pisang, apel, stroberi, blueberi, kiwi, mangga, nanas, atau jeruk.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu:

  • Pertama-tama rebus quaker oat dengan menggunakan air atau susu rendah lemak sesuai petunjuk pada kemasan.
  • Jika ingin lebih manis lagi, kamu bisa menambahkan sedikit gula atau madu sesuai selera.
  • Setelah matang, tuang oatmeal ke dalam mangkuk lalu tambahkan potongan buah-buahan segar di atasnya sebgai topping.
  • Selain itu, kamu juga bisa tambahkan beberapa bahan lainnya seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau mungkin yogurt agar membuatnya menjadi lebih kaya rasa dan kaya tekstur.

2. Mengolah Quaker Oat Agar Enak dengan Telur

Cara mengolah quaker oat agar enak yang kedua yaitu dengan menambahkan telur sebagai sumber protein. Telur bisa membuat oatmeal kamu menjadi lebih gurih dan mengenyangkan.

Variasi telur yang bisa kamu lakukan tentu saja sesuaikan dengan selera kamu seperti direbus, digoreng mata sapi, atau mungkin dibuat orak-arik.

Kamu juga bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, keju parut, atau saus sambal untuk memberikan rasa yang lain dari biasanya.

Begini proses pembuatannya :

  • Pertama-tama, rebus quaker oat menggunakan air atau kaldu ayam sesuai petunjuk yang tersedia pada kemasan.
  • Jika rasanya ingin lebih gurih, kamu bisa menambahkan sedikit mentega atau minyak zaitun ke dalam quaker oat.
  • Setelah matang, tuanglah oatmeal ke dalam piring lalu tambahkan telur yang sudah dimasak di atasnya.
  • Kamu juga bisa menambahkan beberapa sayuran sesuai selera seperti menambahkan potongan wortel, bayam, brokoli, bayam. Atau mungkin tomat agar bisa membuatnya lebih bergizi dan lebih seimbang.

3. Mengolah Quaker Oat Agar Enak dengan Cokelat

Cara selanjutnya juga bisa kamu tambahkan dengan cokelat sebagai sumber energi dan mood booster. Cokelat bisa memberikan rasa manis dan lezat pada oatmeal yang kamu konsumsi. Selain itu, cokelat juga mengandung kafein dan teobromin yang bisa meningkatkan konsentrasi dan semangat.

Pada penyajiannya, kamu bisa memilih cokelat sesuai selera, seperti cokelat bubuk, cokelat batang, cokelat butir, atau cokelat selai. Adapun cara membuatnya sangat sederhana, yaitu:

  • Pertama-tama, rebus quaker oat dengan menggunakan air atau susu cokelat sesuai petunjuk yang terdapat pada kemasan.
  • Jika kamu ingin rasa yang lebih manis, kamu bisa menambahkan sedikit gula atau madu.
  • Setelah matang, tuang oatmeal ke dalam mangkuk dan tambahkan cokelat yang sudah kamu sipakan seperti dipotong-potong atau dilelehkan di atas quaker oat.
  • Kamu juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti krim kocok, kismis, atau mungkin marshmaloow yang membuat quaker oat kamu menjadi lebih menarik dan tentunya menggugah selera.

Berapa Kali Idealnya Mengonsumsi Quaker Oat?

Sebenarnya tidak ada aturan pasti tentang berapa kali sehari kamu harus mengonsumsi quaker oat. Hal ini tergantung pada kebutuhan dan tujuanmu mengonsumsi quaker oat. Misalnya ingin menurunkan berat badan, maka kamu bisa mengonsumsi quaker oat sebagai pengganti roti dan nasi sekitar 1-3 kali sehari.

Jika tujuan kamu khusus untuk menjaga kesehatan jantung dan gula darah, maka bisa mengonsumsi quaker oat sebagai menu sarapan seimbang. Kamu bisa coba cara mengolah quaker oat agar enak dengan campuran bahan lainnya seperti buah-buahan, telur, dan kacang-kacangan.

Related posts