Cara Daftar Merchant Gopay

Bagaimana cara daftar merchant Gopay? Semua bentuk transaksi kini sudah bisa dilakukan dengan praktis dan mudah, lewat kehadiran dompet digital. Di zaman sekarang, transaksi menggunakan dompet digital memang sudah bisa dilakukan di banyak merchant bahkan di beberapa toko offline.

Adapun salah satu platform dompet digital di Indonesia yang dapat digunakan untuk alat pembayaran di beberapa merchant ialah GoPay. Lewat dompet digital ini, para pelanggan bisa melakukan pembayaran transaksi tanpa menggunakan uang cash atau tunai dan harus mengantri mengambil uang kembalian.

Melakukan transaksi menggunakan GoPay tentu saja lebih memudahkan para pelanggannya. Selain memudahkan para pelanggan, tapi para owner usaha yang sudah bergabung ke dalam merchant GoPay pun banyak memperoleh keuntungan.

Melalui kemudahan dan banyaknya keuntungan yang didapat, kini para owner bisnis baik berbentuk perorangan maupun perusahaan memilih untuk mendaftar sebagai Merchant GoPay. Tujuannya ialah guna memajukan usahanya.

Syarat Mendaftar Sebagai Merchant GoPay

Sebelum membahas cara daftar merchant GoPay, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon merchant GoPay itu sendiri. Ada 2 cara mendaftar merchant GoPay, diantaranya lewat perusahaan dan perorangan.

Nah, untuk mendaftar merchant GoPay secara perorangan, biasanya ditunjukkan ke pemilik bisnis mandiri. Begitu juga sebaliknya dengan pendaftaran merchant GoPay untuk perusahaan.

Adapun persyaratan daftar merchant GoPay perorangan, diantaranya :

  • Paspor atau KTP, pastikan kartu identitas tersebut masih berlaku, baik berbentuk scan maupun fotokopi.
  • Menyediakan fotokopi NPWP.
  • Memberikan nomor rekening para pemilik usaha atau buku tabungan. Namun GoPay biasanya mengutamakan rekening BCA dan CIMB Niaga.
  • Mempersiapkan dokumentasi berbentuk foto lokasi usaha.

Sementara persyaratan daftar merchant GoPay perusahaan berikut ini :

  • Mempersiapkan fotokopi kartu identitas diri, seperti paspor atau KTP pemilik usaha maupun perusahaan.
  • Menyediakan scan atau fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • Menyertakan fotokopi atau scan NPWP pemilik usaha atau perusahaan.
  • Sudah mempersiapkan nomor rekening perusahaaan, dan GoPay biasanya mengutamakan rekening bank BCA atau CIMB Niaga.
  • Melengkapi profil lengkap perusahaan.

Cara Daftar Merchant GoPay

Cara Daftar Merchant GoPay
Mendaftar Merchant GoPay Online

Panduan Mendaftar Merchant GoPay Perorangan

Persyaratan mendaftar merchant GoPay sendiri tak teralu sulit. Lalu, bagaimana sebenarnya cara daftar merchant GoPay itu sendiri? berikut ulasannya :

  • Pertama-tama silahkan unduh aplikasi GoBiz terlebih dahulu di Google Play Store.
  • Jika sudah berhasil mengunduhnya, Kamu tinggal buka platform GoBiz di Hpmu terlebih dahulu.
  • Setelah itu, dalam tampilan selanjutnya Kamu bisa pilih “Daftar”.
  • Lalu lengkapi data berupa informasi rekening bank, identitas pemilik, informasi outlet, informasi usaha, serta pilih layanan.
  • Bagi pendaftaran merchant usaha perorangan, kamu bisa memilih “Outlet dibangun Sendiri” pada “Informasi Outlet”.
  • Kemudian lengkapi informasi tentang outletmu mulai dari alamat lengkap dan kota outlet.
  • Cara daftar merchant GoPay selanjutnya ialah pilih layanan, lalu klik “Simpan”.

Panduan Mendaftar Merchant GoPay Perusahaan

Nah, bagi perusahaan yang ingin mendaftar merchant GoPay, ada beberapa panduan cara daftar merchant GoPay perusahaan berikut :

  • Langkah pertama yang harus Kamu lakukan ialah unduh aplikasi GoBiz terlebih dahulu di Google Play Store.
  • Jika aplikasi sudah berhasil diunduh, Kamu tinggal buka platform GoBiz di Hpmu.
  • Dalam tampilan berikutnya, pilih menu “Daftar”.
  • Silahkan lengkapi data diri seperti informasi usaha, data identitas pemilik usaha, informasi outlet, informasi rekening bank, lalu pilih Layanan.
  • Bagi pendaftaran perusahaan, pilih informasi outlet dan pilih “Outlet Dibuat Grup”.
  • Kemudian lengkapi informasi mengenai outlet dari mulai alamat lengkap dan kota outlet.
  • Selanjutnya pilih layanan dan tinggal klik Simpan.

Sesudah registrasi di atas berhasil dilakukan, langkah berikutnya Kamu hanya perlu menunggu verifikasi berlangsung. Dalam proses verifikasi ini, biasanya berlangsung hingga 2 hari jam operasional/kerja. Pastikan untuk mengecek inbox email setiap waktu.

Jika verifikasi sudah berhasil dilakukan dan Kamu diterima sebagai merchant GoPay, langkah berikutnya ialah Kamu tinggal melakukan aktivasi saja. Silahkan atur pengaturan yang terdapat pada aplikasi, mulai dari profil toko, jam operasional dan sebagainya.

Manfaat Daftar Merchant GoPay

Setelah mengikuti panduan cara daftar merchant GoPay di atas, kini saatnya Kamu mengetahui manfaat daftar merchant Gopay. Berikutu ulasannya :

1. Transaksi Lewat Smartphone

Ketika melakukan pembelian, maka seluruh pembayaran bisa menjadi cashless lewat smartphone. Kamu sebagai pelanggan akan langsung dialihkan ke aplikasi Gojek untuk pembayaran. Jadi sangat terasa keuntungan/manfaatnya beralih pada metode cashless atau non tunai yang sangat mempermudah. Karena zaman sekarang kebanyakan orang sudah mempunyai smartphone.

2. Biaya Merchant Murah

Biaya untuk merchant GoPay dianggap cukup terjangkau. Karena merchant GoPay hanya cukup membayar sebanyak 2% dari total harga transaksi. Oleh karena itu, seharusnya para pelaku usaha bisa memanfaatkannya secara maksimal. Terlebih lagi pemantauan transaksinya dapat dilakukan lewat smartphone, karenanya dapat mempermudah pekerjaan.

3. Daftar Merchant GoPay Diilakukan via Online

Cara daftar merchant GoPay sendiri sangat mudah, karena semuanya dapat dilakukan via online. Sehingga sangat menguntungkan para merchant, terlebih di saat pandemi seperti saat ini yang telah menuntut kita semua untuk tidak bepergian terlalu lama jika tak terlalu penting, meskipun saat ini sudah ada di zona new normal.

Mengingat semuanya dilakukan secara online, siapapun dapat melakukan pendaftaran usahanya. Melalui merchant Gopay inilah pemasaran usahamu menjadi lebih luas, meskipun tidak mempromosikan usaha secara khusus, sebab GoPay sendiri sudah digunakan jutaan orang.

4. Biaya Untuk Merchan GoPay Ringan

Jika sudah mendaftar sebagai merchant Gopay, Kamu akan dibebankan biaya ringan. Sebab biaya merchant untuk GoPay sendiri hanya sekitar 0,7% saja dari tiap transaksi GoPay di merchantmu.

5. Tak Perlu Repot Kembalian

Transaksi atau pembayaran yang dilakukan menggunakan uang tunai/cash, seringkali harus memberikan kembalian jika uang yang diberikan lebih. Hal tersebut tentu sangat merepotkan apabila kita membutuhkan uang recehan untuk kembalian. Maka dari itu, dengan bermitra menjadi merchant di aplikasi GoPay, Kamu tak perlu lagi repot-repot dengan yang namanya uang kembalian. Selain itu, yang terpenting ialah metode pambayarannya aman.

6. Metode Pembayaran Aman

Uang dari pembeli biasanya akan langsung diterima oleh pemilik usaha, jadi Kamu tak perlu lagi khawatir mengenai perhitungan keuntungan atau balik modal usahamu. Mengingat semua dilakukan secara transfer, sehingga lebih efisien dan cepat.

7. Pembayaran Lebih Efisien

Untuk pembayaran memakai GoPay, hal pertama yang harus dilakukan ialah membuat akun terlebih dahulu. Kamu cukup mengikuti cara daftar merchant Gopay yang sudah Kami bagikan. Setelah memiliki akun GoPay, proses pembayaran transaksi yang dilakukan menjadi lebih efisien.

8. Transfer GoPay Sangat Mudah

Seluruh transaksi pembayaran lewat Gopay secara otomatis langsung masuk ke dalam rekening bank pemilik usaha yang sebelumnya sudah didaftarkan. Jadi tak akan merepotkanmu untuk mengurus uang kembali agar masuk ke dalam rekening pribadi.

Dengan kemudahan dan keuntungan merchant GoPay di atas, tentu tidak ada alasan untuk tidak mendaftar merchant GoPay.

Kamu bisa mengikuti panduan cara daftar merchant GoPay sekarang dan dapatkan keuntungannya sekarang juga!f

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019