Cara Cancel Shopee COD (2 Opsi) Pasti Mudah😸

Cara Cancel Shopee COD
Cara Cancel Shopee COD

WIGATOS | Kamu mungkin sudah tahu bagaimana cara cancel orderan Shopee Food, namun tahukah bagaimana cara cancel Shopee COD? Ya, COD atau cash on delivery menghadirkan layanan pemesanan barang dengan metode pembayaran dilakukan sesudah barang sampai.

Sebetulnya asalkan seller belum mengirimkan orderan COD, maka pembeli dapat mengajukan pembatalan orderan tersebut. Akan tetapi, pengajuan pembatalan ini hanya bisa dilakukan sekali.

Read More

Usai pengajuan pembatalan, kamu hanya perlu menunggu respon dari penjual. Nah, penjual di sini memiliki opsi apakah menyetujui pengajuan pembatalan yang kamu lakukan ataukah tidak.

Tapi jika penjual tak menyetujuinya, ini artinya penjual wajib mengirimkan orderan barang tersebut.

Kalaupun tidak, pada saat pengiriman dan barang sudah tiba di tempat tujan maka kamu bisa menolak pembayaran. Alhasil barang akan dikirimkan lagi ke penjual, tanpa harus membayar biaya pengiriman.

Cara Cancel Shopee COD

Cara Cancel Shopee COD
Cara Cancel Shopee COD

Ada beberapa langkah cara cancel Shopee COD yang bisa kamu lakukan, beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Masuk ke Akun Shopee

  • Pertama, kamu bisa buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang pada HP kamu.
  • Selanjutnya, masuk menggunakan akun Shopee milikmu.
  • Pada halaman depan, kamu akan melihat beberapa Tab, masuklah ke tab halaman “Saya” untuk melihat produk yang ingin kamu cancel.
  • Langkah berikutnya, pilih menu status pesanan lalu klik tab “Dikemas”. Di halaman tersebut akan muncul produk yang ingin kamu cancel.

2. Pilih Pesanan yang Ingin Dibatalkan

  • Cari pesanan produk dengan status pembelian menggunakan sitem COD yang ingin kamu batalkan dari daftar pesanan.
  • Klik atau ketuk pesanan tersebut untuk masuk ke tahap selanjutnya.
  • Jika sudah, pilih pesanan yang ingin kamu batalkan, kemudian klik “Batalkan Pesanan”.

3. Batalkan Pesanan

  • Pilih alasan kamu kenapa membatalkan pesanan, lalu klik “Ajukan Pembatalan Pesanan”.

4. Konfirmasi Pembatalan

  • Setelah klik opsi untuk membatalkan pesanan, selanjutnya Shopee akan meminta kamu untuk mengkonfirmasi keputusan pembatalan terhadap produk yang dimaksud.
  • Pastikan agar membaca informasi dengan seksama, karena membatalkan pesanan mungkin melibatkan beberapa konsekuensi setelahnya.

5. Pemberitahuan Pembatalan

  • Setelah melakukan konfirmasi pembatalan, kamu akan menerima pemberitahuan yang mengkonfirmasi bahwa pesanan telah berhasil dibatalkan.
  • Simpan pemberitahuan ini sebagai bukti jika diperlukan di masa yang akan datang.

Perlu diketahui dengan bijak, saat kamu memesan produk di Shopee dengan COD, maka ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Pesanan COD tak hanya punya banyak kelebihan, juga terdapat beberapa kekurangan yang mungkin akan menyebabkan masalah jika kamu belum benar-benar memahami sistem COD ini.

Adapun kekurangan yang paling terlihat yaitu selain harus memiliki uang pas pada saat produk yang kamu beli berhasil diantar ke rumahtujuan. Selain itu, kamu juga harus yakin bahwa produk tersebut merupakan produk yang sifatnya tidak bisa dikembalikan begitu saja.

Bagaimana cara cancel Shopee COD yang Telah Dikirim?

Apabila kondisi pesanan barang di Shopee masuk pengiriman, sebetulnya sudah tak ada opsi lain untuk cancel orderan produk tersebut. Sebab tidak ada fitur atau tombol membatalkan orderan yang telah dikirim.

Tak hanya itu, para penjual juga tidak dapat membantumu buat cancel orderan sebab paket telah terlanjur dipegang kurir. Jika terjadi, kamu harus menunggu lebih dulu hingga kurir mendatangi tempatmu untuk mengantarkan barang.

Ketika kurir tiba di alamat kamu buat pengantaran pesanan, sebaiknya kamu menyampaikan pembatalan barang baik-baik. Sampaikan jika kamu mau membatalkan orderan COD tersebut dengan alasan logis.

Contohnya saja, kamu bisa menyampaikan jika produk yang kamu pesan tidak sesuai atau alasan lainnya yang logis. Jika sudah menyampaikannya, maka kurir bisa membawa paket tersebut kembali untuk dikirimkan lagi ke pihak penjual.

Nah di sini, keterangan orderan kamu di Shopee bakal berubah dengan keterangan “Tak ada orang di rumah” maupun keterangan lainnya. Setelah itu, orderan akan langsung dibatalkan secara otomatis oleh sistem Shopee.

Metode Pembayaran Lainnya Yang Sering Digunakan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Selain COD, ada beberapa metode pembayaran lain yang umumnya ditawarkan oleh platform e-commerce. Dengan begitu, kamu yang akan membeli produk dari Shopee dapat mempertimbangkan metode pembayaran lainnya yang disesuaikan dengan kemampuan.

Mari kita bahas beberapa metode yang dimaksud beserta kelebihan dan kekurangannya :

1. Pembayaran dengan Kartu Kredit/Debit

Beberapa kelebihan pembayaran menggunakan kartu kredit/debit, antara lain :

  • Kemudahan Transaksi

Pembayaran dengan kartu kredit/debit memungkinkan pembeli dengan cepat menyelesaikan transaksi tanpa harus memiliki uang tunai.

  • Perlindungan Pembeli

Sebagian besar kartu kredit/debit memiliki fitur perlindungan pembeli yang berfungsi membantu dalam kasus penipuan atau pembayaran yang salah.

Sementara itu, kekurangan pembayaran memakai kartu kredit/debit sebagai berikut :

  • Kemungkinan Penyalahgunaan

Informasi kartu kredit/debit dapat diretas atau disalahgunakan sehingga dapat menyebabkan kerugian finansial bagi pemilik kartu.

  • Keterbatasan Akses

Beberapa orang mungkin tidak memiliki kartu kredit/debit atau ragu menggunakan metode ini untuk membeli suatu produk secara online.

2. Transfer Bank dan E-Wallet

Metode pembayaran selanjutnya yaitu transfer bank dan e-wallet. Berikut ada beberapa kelebihan transfer bank dan e-wallet, antara lain :

  • Kecepatan Transaksi

Pembayaran melalui transfer bank atau e-wallet biasanya lebih cepat dan efisien yang di dukung dengan layanan perbankan online yang semakin hari semakin baik.

  • Jejaring Pembayaran

E-wallet saat ini semakin popular dan sering digunakan oleh Sebagian besar orang karena kemudahannya dalam bertransaksi. Beberapa platform e-commerce yang telah berintegrasi dengan Shopee diantaranya GoPay, OVO, DANA dan lain sebagainya.

Sementara kekurangan menggunakan metode pembayaran ini, adalah sebagai berikut :

  • Biaya Tambahan

Beberapa transfer bank atau transaksi e-wallet mungkin dikenakan biaya tambahan yang jika dikalkulasikan untuk pembelian produk lebih dari satu secara berturut-turut tentunya akan memakan dana inti untuk biaya transfer.

  • Keterbatasan Ekosistem

Tidak semua e-wallet diterima di semua platform e-commerce, sehingga pembeli pertama kali harus memastikan metode pembayaran apakah didukung atau tidak.

3. Pembayaran Virtual (Virtual Account)

Ada lagi metode pembayaran dengan cara virtual atau lewat virtual account. Kamu bisa dapat beberapa kelebihan pembayaran virtual, antara lain :

  • Keamanan

Pembayaran virtual dinilai lebih aman dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya karena tidak memerlukan pengungkapan informasi finansial yang sensitif.

Kamu hanya memasukkan nomor virtual saja selanjutnya akan secara otomatis nominal barang muncul kemudian tinggal membayarnya saja.

  • Pelacakan Transaksi

Setiap transaksi memiliki nomor unik, sehingga pengguna dapat melihat Riwayat pelacakan yang dilakukan terutama melihat Riwayat pembelian produk-dproduk sebelumnya yang dibeli dari Shopee.

Sedangkan kekurangannya adalah sebagai berikut :

  • Keterbatasan Pilihan

Tidak semua platform e-commerce menawarkan pembayaran virtual sebagai opsi, namun khusus bagi Shopee kamu dapat melakukan pembayaran dengan care virtual ini.

  • Waktu Konfirmasi

Beberapa pembayaran virtual memerlukan waktu konfirmasi yang lebih lama dibandingkan dengan metode pembayaran langsung, sehingga bagi kamu yang membutuhkan kecepatan waktu akan sedikit terhambat dengan menggunakan metode ini.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang cara cancel shopee COD berikut dengan penjelasan lainnya yang bermanfaat. Perlu diingat bahwa membatalkan pesanan COD di Shopee tidak terlalu direkomendasikan. Akan tetapi, jika tetap harus melakukannya maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas secara bijak dan terutama tidak ada yang dirugikan.

 

 

Related posts