5 Trik Cara Cari Handphone Hilang Agar Cepat Ketemu!

Cara Cari Handphone Hilang
Cara Cari Handphone Hilang

Siapa sih yang gak panik saat handphone hilang? Semua orang pasti panik jika mengalaminya. Mengingat hp termasuk barang yang sangat penting karena sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan hampir semua aktivitas bisa dilakukan lewat hp. Saat hp hilang otomatis pemiliknya kelabakan dan mau tahu cara cari handphone hilang.

Kita tahu bahwa kehilangan handphone tentu saja sangat menyusahkan dan bisa menyebabkan frustasi. Tapi ingat, jangan panik! kamu harus tenang!

Read More

Saat menyadari bahwa handphone kamu hilang, sangat penting untuk tetap tenang. Sebab bisa saja handphone terjadi di tempat yang gak jauh dari tempat kamu berada. Jadi kamu masih punya kesempatan untuk mendapatkan hp kamu kembali.

Jika kamu terus bersikap panik, biasanya kamu gak bisa berpikir jernih. Justru hal ini bakal menghambat pencarian dan kamu semakin kesulitan menemukan ponsel kesayanganmu.

Cara Cari Handphone Hilang

Cara Cari Handphone Hilang
Cara Cari Handphone Hilang

Kabar baiknya, ternyata untuk mencari handphone yang hilang terdapat beberapa macam metode yang dapat kamu coba sehingga handphone bisa segera ditemukan. Bila perlu, kombinasikan beberapa metode untuk meningkatkan peluang buat menemukan hp kamu dengan cepat supaya tak kehilangan jejak. Begini ulasannya :

Metode 1 : Cari Handphone Hilang dengan Aplikasi Pelacakan

Aplikasi pelacakan handphone adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menemukan handphone yang hilang. Beberapa sistem operasi seperti Android dan iOS memiliki fitur bawaan yang disebut “Find My Phone” atau “Find My iPhone”.

Kedua aplikasi ini bisa memudahkanmu buat melacak lokasi handphone secara real-time. Simak langkah-langkahnya berikut :

1. Menggunakan Aplikasi Find My Phone untuk Android

Kamu pengguna android yang mengalami kehilangan ponsel, bisa memakai aplikasi Find My Phone. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba berikut :

  • Akses web browser di perangkat lain maupun PC.
  • Selanjutnya masuk ke akun Google yang sama yang terhubung dengan handphone kamu.
  • Ketik “Find My Phone” di bar pencarian Google atau kamu juga bisa mengunjungi situs resmi “Find My Device” dari Google.
  • Selanjutnya, pilih perangkat kamu yang hilang dari daftar perangkat yang terhubung dengan akun Google kamu.
  • Tunggu beberapa saat sampai melihat lokasi handphone yang muncul di peta.
  • Jika handphone kamu berada dalam jarak dekat, kamu dapat menekan tombol “Ring” untuk membuat handphone berdering bahkan jika handphone yang hilang tersebut dalam mode senyap.

Kamu juga bisa mencoba cara melacak hp android untuk membantu mempermudah pencarian ponsel android kesayangan!

2. Menggunakan Find My iPhone untuk iOS

Sementara bagi pengguna iPhone, kamu bisa memakai aplikasi Find My iPhone. Ini dia cara menggunakannya :

  • Buka aplikasi “Find My iPhone” di perangkat lain atau kunjungi situs “Find My iPhone” dari iCloud yang dapat kamu akses dari komputer.
  • Selanjutnya, masuk menggunakan ID Apple yang terhubung dengan handphone yang hilang.
  • Pilih perangkat kamu yang hilang yang berasal dari daftar perangkat yang terhubung dengan akun iCloud kamu.
  • Selanjutnya kamu akan melihat lokasi handphone yang berada di peta.
  • Kamu juga dapat menggunakan fitur “Play Sound” untuk membuat handphone berdering atau “Lost Mode” buat kunci ponsel yang hilang tersebut dan menampilkan pesan dengan informasi kontak.

Metode 2 : Cari Handphone Hilang dengan Memanggil Handphone

Jika lokasi keberadaanmu tak jauh dari tempat kamu kehilangan hp, maka kamu bisa coba cara cari handphone hilang dengan cara ini, yakni menghubungi ponsel yang hilang. Bisa jadi hp kamu hilang karena ada di bawah bantal, berada di samping sofa, atau di kolong ranjang.

Meskipun memakai mode getar, biasanya suara getarannya bakal tetap terasa dan terdengar sehingga handphone kamu bisa segera ditemukan dengan mudah.

Metode 3 : Cari Handphone Hilang dengan Aplikasi Pelacak Pihak Ketiga

Jika kamu tidak memiliki aplikasi pelacakan bawaan atau handphone kamu tidak terhubung dengan akun Google atau Apple, maka care yang lain bisa dengan mencoba menggunakan aplikasi pelacak pihak ketiga.

Beberapa aplikasi populer yang dapat kamu coba diantaranya “Find My Friends” atau “Cerberus” yang dapat membantu kamu melacak lokasi handphone.

Selain itu aplikasi-aplikasi tersebut memberikan fitur tambahan seperti mengambil foto dari kamera depan, mengunci perangkat, atau menghapus data jarak jauh.

Metode 4 : Cari Handphone Hilang dengan Menanyakan ke Teman atau Keluarga

Jika kamu kehilangan handphone di tempat umum atau di rumah teman atau keluarga, maka bisa langsung menanyakan kepada mereka apakah mereka melihatnya atau tidak. Terkadang, orang lain dapat melihat atau mengambil handphone kamu tanpa kamu sadari.

Metode 5 : Cari Handphone Hilang dengan Mengecek Tempat-Tempat yang Sering Dikunjungi

Tapi jika kamu sering mengunjungi tempat tertentu, sebelum terlambat segera periksa apakah kamu merasa meninggalkan handphone di tempat-tempat tersebut seperti restoran, kafe, atau transportasi umum.

Ini Dia Cara Mencegah Agar Hp Tidak Hilang

Selain dengan cara cari handphone hilang di atas, penting juga untuk mencegah supaya kamu tidak lagi mengalami kehilangan hp di masa depan. Berikut beberapa tips untuk mencegah kehilangan handphone :

1. Aktifkan Fitur Kunci Layar

Pastikan untuk selalu mengaktifkan fitur kunci layar di handphone kamu dengan menggunakan kata sandi, pola, atau sidik jari. Ini akan mencegah orang lain dari mengakses data kamu seandainya handphone hilang ditempat umum.

2. Gunakan Tali Pengikat Handphone

Pasanglah tali pengikat handphone yang nyaman di pergelangan tangan atau leher kamu. Dengan begitu, kamu tidak akan begitu saja menyimpan handphone di tempat yang tidak aman atau menghilangkannya secara tidak sengaja.

3. Jangan Meninggalkan Handphone di Tempat Sembarangan

Hindari meninggalkan handphone di tempat umum atau di tempat yang tidak aman, seperti di atas meja di restoran, di atas kursi transportasi, atau mungkin diatas kursi bioskop.

4. Gunakan Pesan Yang Muncul di Layar Kunci

Aktifkan fitur pesan di layar kunci sehingga jika handphone kamu hilang kemudian orang baik menemukan handphone kamu maka bisa segera menghubungi kamu melalui pesan sesuai pesan yang muncul di layar kunci.

Langkah-Langkah Jika Handphone Tidak Dapat Ditemukan

Jika setelah mencoba berbagai metode dan langkah-langkah di atas namun tetap tidak dapat menemukan handphone, kamu bisa mengambil langkah-langkah di bawah ini. Tujuannya agar ponsel kamu tidak diakses sembarang orang :

1. Ganti Password Akun

Apabila ponsel kamu berisi informasi pribadi, seperti email, media sosial, atau akun bank, segera ganti password untuk akun-akun ini melalui perangkat lain.

2. Hubungi Penyedia Layanan

Hubungi penyedia layanan kamu untuk melaporkan kehilangan handphone dan mintalah bantuan untuk mengaktifkan fitur keamanan tambahan, seperti melacak lokasi atau mengunci perangkat jarak jauh.

3. Laporkan Kehilangan kepada Pihak Berwenang

Jika kamu sudah yakin bahwa handphone kamu telah dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab, segera laporkan kehilangan kepada kepolisian setempat. Selain itu, berikan informasi tentang lokasi terakhir handphone kamu berada.

Gimana, cara cari hadphone hilang di atas sebetulnya mudah dilakukan bukan? Hanya saja, tidak menjamin 100% ponsel kamu kembali sebab bisa saja hp kamu sudah diambil orang lain. Jadi tetap berhati-hati dan waspada menggunakan ponsel!

Related posts