Cara Check In Garuda dengan 3 Metode, Terlengkap!

Cara Check In Garuda
Cara Check In Garuda

Maskapai Garuda Indonesia termasuk salah satu maskapai penerbangan nasional terkemuka yang banyak dipilih. Menawarkan keunggulan dalam kenyamanan dan keamanan penumpang, wajar jika Garuda Indonesia banyak digandrungi. Apalagi adanya kemudahan dalam cara check in Garuda Indonesia.

Biasanya sebelum melakukan penerbangan menggunakan pesawat, setiap penumpang harus check in lebih dulu. Inilah kenapa kita akan bahas gimana cara check in Garuda Indonesia. Kamu juga bisa pilih Batik Air dengan cara check in online Batik Air yang sudah kita bahas.

Read More

Cara Booking Tiket Garuda

Sebelum check in, kamu bisa booking tiket pesawat Garuda Indonesia terlebih dahulu. Berikut beberapa metode yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan tergantung tingkat kemudahannya, antara lain :

1. Booking Tiket Garuda Melalui Situs Web Resmi

Pertama, kamu bisa booking tiket pesawat Garuda melalui situs web resminya berikut ini :

  • Kunjungi situs web resmi Garuda Indonesia di alamat : garuda-indonesia.com yang dapat kamu akses baik menggunakan perangkat Hp atau menggunakan computer.
  • Pergunakan fitur pencarian tiket untuk memilih tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
  • Setelah memilih penerbangan yang diinginkan, silakan untuk melengkapi data penumpang dan proses pembayaran.

2. Booking Tiket Garuda Menggunakan Aplikasi

  • Download aplikasi Garuda Indonesia dengan namaFlyGaruda di Hp kamu yang bisa kamu dapatkan dari Toko Aplikasi di tiap-tiap system operasi (iOS dan Android).
  • Setelah aplikasinya terpasang, mulailah dengan membuat akun terlebih dahulu.
  • Ikuti langkah-langkah yang sama seperti pada situs web resmi untuk segera booking tiket perjalanan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

2. Booking Tiket Garuda dengan Menghubungi Call Center

selain dengan kedua cara diatas, kamu pun bisa melakukan booking tiket dengan cara menghubungi Call Center Garuda Indonesia yang dapat diakses menggunakan telepon (layanan khusus). Nantinya tim layanan pelanggan akan membantu kamu untuk proses booking tiket.

Syarat Check-in di Garuda

Sebelum melakukan check-in Garuda Indonesia, pastikan bahwa kamu telah memenuhi persyaratan yang diwajibkan berikut ini :

1. Tiket dan Identifikasi Diri

Bawa tiket atau konfirmasi e-tiket Garuda Indonesia, jangan lupa dokumen identitas diri yang valid, seperti paspor atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Batas Waktu Check-in

Pastikan telah tiba di bandara sesuai dengan batas waktu check-in yang telah ditentukan oleh Garuda Indonesia. Untuk penerbangan domestik, biasanya waktu check-in setidaknya 90 menit sebelum keberangkatan. Sementara untuk penerbangan internasional, waktu check-in yaitu 120 menit sebelum keberangkatan.

3. Bagasi

Untuk bagasi, pastikan kamu sudah memenuhi ketentuan ukuran (dimensi) dan berat bagasi yang ditetapkan oleh Garuda Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai ketentuan bagasi dapat kamu temukan di situs web resmi Garuda Indonesia.

Cara Check In Garuda

Cara Check In Garuda
Cara Check In Garuda

Sudah tahu cara booking tiket pesawat di Garuda Indonesia? kini saatnya kamu bisa check in pesawat Garuda dengan beberapa metode di bawah ini :

1. Check In Garuda di Bandara

Pertama, kamu bisa coba cara check in Garuda di Bandara dengan langkah-langkah ini :

  • Setibanya di bandara, carilah titik lokasi check-in. Lokasi tersebut biasanya terletak di area terminal keberangkatan. Kamu dapat melihat papan petunjuk atau meminta bantuan kepada petugas bandara agar bisa mengarahkan kamu ke lokasi check-in.
  • Setelah tiba dilokasi check-in, silakan untuk menunjukkan tiket atau konfirmasi e-tiket Garuda Indonesia beserta kartu identitas diri yang valis mulai dari paspor atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Jika kamu membawa bagasi yang harus disimpan di bagasi pesawat, serahkanlah segera kepada petugas untuk proses pengecekan dan penanganan selanjutnya.
  • Setelah proses check-in selesai dilakukan, petugas akan memberikan kartu boarding kepada kamu. harap simpan kartu boarding dengan baik karena nanti akan dibutuhkan pada saat naik pesawat Garuda.

2. Check In Garuda Secara Mandiri

Metode kedua, kamu bisa coba cara check in Garuda dengan cara mandiri dengan panduan di bawah ini :

  • Untuk check-in mandiri hanya tersedia di beberapa bandara saja. Jadi, harap periksa terlebih dahulu apakah dibandara keberangkatan tersedia layanan ini atau tidak. Jika tersedia, datangilah ke mesin check-in mandiri yang biasanya berada di sekitar area terminal keberangkatan.
  • Bila perlu, mintalah petugas bandara untuk menemukan layanan tersebut agar prosesnya bisa segera dilakukan.
  • Pada layar mesin check-in mandiri, ikuti petunjuk yang ditampilkan muilai dari memasukkan kode pemesanan atau memindai tiket dengan menggunakan pemindai yang tersedia pada mesin tersebut.
  • Setelah memasukkan kode pemesanan atau memindai tiket, selanjutnya mesin akan menampilkan data perjalanan kamu. harap periksa dengan teliti informasi tersebut lalu pastikan bahwa semua data telah benar. Namun jika ada kesalahan data, segera lakukan perubahan yang diperlukan.
  • Jika sudah konfirmasi data berhasil, mesin akan segera mencetak kartu boarding milikmu yang didalamnya berisi informasi mengenai penerbangan yang akan datang dan nomor tempat duduk.

3. Check In Garuda Online

Biar lebih praktis dan gak ribet, kamu juga bisa coba check in Garuda secara online dengan langkah di bawah ini :

  • Akses terlebih dahulu situs web atau aplikasi Garuda Indonesia yang dapat kamu lakukan melalui perangkat yang kamu gunakan.
  • Setelah mengaksesnya baik melalui situs web atau aplikasi Garuda Indonesia, lanjutkan dengan mencari opsi “check-in online” atau fitur serupa yang tersedia di halaman utama atau terletak pada menu navigasi.
  • Kemudian masukkan informasi yang diminta dengan mengikuti instruksi yang terpampang jelas pada layar, seperti kode pemesanan, nama, dan nomor identitas berdasarkan yang tercantum di tiket.
  • Setelah memasukkan informasi, harap konfirmasikan data kamu untuk mencetak kartu boarding atau bisa juga hanya dengan menyimpannya dalam bentuk digital disimpan pada perangkat Hp kamu.

Kenapa Harus Memilih Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia?

Ada beberapa alasan kenapa harus memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia, antara lain :

1. Tarif Perjalanan Terbaik

Garuda Indonesia termasuk salah satu maskapai terbaik yang dimiliki Indonesia. Bahkan maskapai penerbangan ini sudah pernah meraih penghargaan berupa 5-Star Airline terkait pelayanan.

Tidak hanya itu, buat rute domestik maupun perjalanan internasional, kamu bisa memperoleh tarif perjalanan yang jumlahnya terbatas.

2. Punya Banyak Penawaran dan Promo Spesial

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga kerap memberikan penawaran dan promo spesial. Beberapa diantaranya yaitu di bagi pengguna Kartu Kredit Permata sampai Rp225 ribu utuk tiap jumlat Sabtu dan juga Minggu, BNI Special Discount on Wednesday dan lainnya.

3. Ada Penerbangan Charter

Kamu juga bisa mendapatkan kelebihan lainnya dari Garuda Indonesia, seperti memberikan pelayanan berupa penerbangan charter melalui layanan 32 rute perjalanan internasilan hingga ke seluruh dunia. Sementara ada 89 rute perjalanan domestik yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia.

Ada banyak pilihan tipe pesawat Garuda Indonesia yang bisa kamu gunakan dengan tetap mengandalkan keselamatan dan keamanan penumpang.

4. Punya Banyak Pilihan Layanan Menarik

Garuda Indonesia telah mengembangkan layanannya bukan hanya pada layanan penerbangan saja, melainkan juga tambahan layanan lain. Seperti pemesanan hotel, penerbangan dan taksi lewat Fly Garuda, dan layanan paket wisata dengan pihak Aero Globe Indonesia.

Mengingat banyaknya alasan memilih Garuda Indonesia, maka tak diragukan lagi untuk memilih maskapai penerbangan terbaik di Indonesia ini. Kamu bisa ikuti langkah-langkah cara check in Garuda Indonesia di atas!

Related posts