Cara Copy Folder di Google Drive

Cara Copy Folder di Google Drive
Cara Copy Folder di Google Drive

Menyimpan file di Google Drive adalah langkah aman yang bisa kamu coba lakukan tanpa khawatir file-file yang kamu simpan hilang. Produk Google ini termasuk salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud sehingga membuat kalian lebih mudah mengelola file. Lantas, gimana sih cara copy folder di Google Drive?

Meski Google Drive bukan layanan baru, sayangnya gak sedikit pengguna yang tidak tahu bagaimana cara menyalin folder di Google Drive. Padahal cara ini bisa dilakukan buat menggandakan folder yang kamu punya dengan tujuan tertentu.

Read More

Cara Copy Folder di Google Drive

Cara Copy Folder di Google Drive
Cara Copy Folder di Google Drive

Jangan risau jika kamu masih kebingungan buat menggandakan file dengan menyalin folder di GDrive. Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu ikuti berikut ini :

1. Copy Google Drive dengan Akses Google Drive

Buka terlebih dahulu browser web yang dapat kamu akses dengan menggunakan perangkat HP atau computer. Selanjutnya masuk dengan menggunakan akun Google milikmu pada situs Google Drive di alamat : www.drive.google.com .

2. Cari File yang Mau Kamu Salin

Jelajahi struktur folder yang ada di Google Drive milikmu, selanjutnya temukanlah folder yang ingin kamu salin.

3. Pilih Folder

Pada folder yang dipilih, silakan klik kanan pada folder tersebut, lalu pilihlah opsi “Salin” atau “Copy” dari menu konteks yang muncul pada layar. Selain itu, cara yang lain bisa dengan memilih folder dengan cara klik kotak seleksi tepat di sebelah nama folder.

4. Buat Salinan Folder

Cara copy folder di Google Drive selanjutnya, setelah memilih opsi “Salin” atau “Copy”, Google Drive akan secara otomatis membuat salinan folder.

Tentu saja salinan folder ini sesuai yang telah kamu pilih dengan menambahkan kata “(Salinan)” atau “(Copy)” di akhir nama folder tersebut. Salinan folder hasil dari copy yang asli nantinya akan ditempatkan di lokasi yang sama dengan folder asli.

5. Ubah Nama Folder (Opsional)

Jika kamu ingin memberi nama yang berbeda pada salinan folder, cukup klik kanan pada salinan folder tersebut kemudian pilih opsi “Ubah nama” dari menu konteks yang muncul pada layar.

Sekarang tinggal masukkan nama baru yang kamu inginkan untuk salinan folder tersebut.

6. Mengatur Izin dan Bagikan Folder (Opsional)

Ketika kamu mau mengatur izin akses kemudian membagikan salinan folder kepada orang lain. Cukup klik kanan pada salinan folder lalu pilih opsi “Bagikan” pada menu konteks yang muncul.

Aturlah izin akses dan tambahkan email penerima yang bertujuan untuk membagikan salinan folder yang dimaksud.

Menyusun Isi Folder Salinan

Setelah membuat salinan folder di Google Drive dengan cara copy folder di Google drive, folder salinan tersebut akan sama dengan yang aslinya yaitu memiliki struktur dan isi yang identik dengan folder asli.

Namun, salinan folder ini akan menjadi entitas terpisah yang dapat kamu atur sedemikian rupa dan dikelola secara independen. Berikut langkah-langahnya :

1. Buka Salinan Folder

Klik pada salinan folder yang berada di Google Drive untuk membukanya. Kamu akan melihat isi folder yang sama dengan folder yang asli.

2. Edit dan Tambah File (Opsional)

Jika mau mengubah file atau menambahkan file tersebut ke dalam copy folder tadi. Cukup ikuti langkah-langkahnya saja pada folder-folder yang lain.

Selanjutnya kamu bisa upload file yang baru, kemudian buat dokumen baru. Selain itu bisa juga dengan memindahkan file dari folder lain ke dalam salinan folder dari copy folder yang asli.

3. Organisasi File

Selain itu, kamu juga dapat membuat subfolder baru yang berada di dalam salinan folder, memindahkan file antara folder, atau mengatur file. Cukup dengan menggunakan fitur penyusunan yang disediakan oleh Google Drive.

Sinkronisasi Otomatis

Penting untuk diketahui bahwa salinan folder yang berada di Google Drive tidak akan secara otomatis tersinkron dengan folder asli atau salinan lainnya. Jika kamu membuat perubahan di folder asli, perubahan tersebut tidak akan tercermin langsung secara otomatis di salinan folder karena memang antara foldr asli dengan folder Salinan sudah terpisah dan berdiri sendiri.

Penghapusan Folder Salinan

Buat menghapus salinan folder di dalam Google Drive, kamu bisa coba langkah-langkah berikut :

1. Pilih Folder Salinan

Klik kanan pada salinan folder yang ingin kamu hapus, selanjutnya silakan pilih opsi “Hapus” dari menu konteks yang muncul. Folder salinan tersebut akan secara otomatis dipindahkan ke folder “Sampah” di dalam Google Drive.

2. Periksa Folder Sampah

Untuk menghapus secara permanen folder Salinan yang dipindahkan ke folder sampah, bukalah folder “Sampah” di Google Drive terlebih dahulu. Selanjutnya klik kanan pada folder salinan lalu pilih opsi “Hapus secara permanen” untuk menghapusnya secara definitive.

Fitur-fitur Lainnya Pada Google Drive

Ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan dalam Google Drive, dan kamu bisa mencoba berbagai hal menggunakan fitur tersebut. Bahkan kamu juga bisa mencoba cara melihat cadangan chat Whatsapp di Google Drive. Namun fitur-fitur lainnya yang bisa kalian pelajari dari Google Drive adalah sebagai berikut.

1. Berbagi File dan Folder

Fitur berbagi memungkinkan penggunanya berbagi file dan folder dengan orang lain dan mengatur izin akses untuk mengelolanya. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Google Drive kemudian temukan file atau folder yang ingin kamu bagikan.
  • Selanjutnya klik kanan pada file atau folder pilihan, lalu pilihlah opsi “Bagikan” dari menu konteks yang muncul.
  • Masukkan alamat email penerima yang ingin kamu bagikan dengan siapa saja yang ingin berbagi.
  • Aturlah izin akses dengan memilih salah satu opsi berikut ini, yaitu : “Dapat dilihat”, “Dapat mengedit”, atau “Dapat berkomentar”.
  • Klik tombol “Kirim” untuk mengirim undangan berbagi.

2. Unduh dan Unggah File

Sudah tentu fitur ini merupakan fitur inti dari layanan Google Drive. Kamu dapat mengunduh file dari Google Drive kemudian disimpan ke perangkat lokasi. Selain itu, bisa juga mengunggah file dari perangkat lokal lalu dimasukkan ke dalam Google Drive. Begini langkah-langkahnya  :

Mengunduh File

  • Pilihlah file yang akan kamu unduh.
  • Pada file tersebut, klik kanan kemudian pilih opsi “Unduh” dari menu konteks yang muncul.
  • Tunggu beberapa saat hingga file akan diunduh dan disimpan secara otomatis di perangkat lokal.

Mengunggah File

  • Buka terlebih dahulu Google Drive dari perangkat kamui kemudian masuk ke folder tempat ingin mengunggah file.
  • Silakan klik tombol “Unggah” yang berada di sudut sebelah kanan atas di halaman Google Drive.
  • Pilihlah file dari perangkat lokal yang ingin kamu unggah.
  • Lanjutkan dengan klik tombol “Buka” atau “Pilih” untuk mulai mengunggah file.

3. Membuat dan Mengedit Dokumen Google

Google Drive memiliki integrasi dengan aplikasi produktivitas Google lainnya seperti Google Docs yang digunakan untuk membuat dokumen dalam bentuk teks. Selain itu, juga dengan Google Sheets yang digunakan untuk lembar kerja seperti Microsoft Excell, dan Google Slides yang digunakan untuk membuat bahan presentasi. Adapun cara membuat dan mengedinya sebagai berikut :

Membuat Dokumen Baru

  • Buka Google Drive terlebih dahulu kemudian klik tombol “Buat” yang berada di sudut kiri bagian atas di halaman utama.
  • Pilihlah jenis dokumen yang ingin kamu buat.
  • Mulai membuat dokumen dengan menggunakan berbagai macam alat dan fitur yang tersedia pada aplikasi Google.

Mengedit Dokumen

  • Buka Google Drive kemudian temukanlah dokumen Google yang ingin kamu edit.
  • Klik dua kali pada dokumen yang dimaksud untuk membuka dokumen dalam mode editing.
  • Lakukan perubahan yang dibutuhkan, mulai dari menambah teks, menambah gambar, atau sesuai dengan keperluan.
  • Perubahan akan disimpan otomatis di Google Drive.

Dengan cara copy folder di Google Drive di atas, kalian akan lebih mudah menggandakan file yang kalian inginkan di Google Drive. Semoga membantu!

 

Related posts