Cara Ambil Uang di ATM Semua Bank, Ikuti 6 Step Ini!

Cara Ambil Uang di ATM Semua Bank
Cara Ambil Uang di ATM Semua Bank

Bagaimana cara ambil uang di ATM semua bank? ATM (Automatic Teller Machine) saat ini telah menjadi salah satu terobosan revolusioner dalam industri perbankan. Sebab dengan menggunakan ATM memungkinkan nasabah untuk mengakses dana dengan cepat dan mudah tanpa harus terpaku dengan jam operasional kantor.

Mesin ATM bisa kamu gunakan untuk berbagai macam transaksi, mulai dari pembayaran tagihan, setor tunai, hingga ambil uang yang sangat mudah dilakukan. Bagi kamu yang masih baru menggunakan mesin ATM, dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara ambil uang di ATM semua bank.

Read More

Mengapa Harus Mengambil Uang di ATM Semua Bank?

Mengambil uang di ATM semua bank dapat memberikan kemudahan bagi nasabah yang bertransaksi, diantaranya :

  • Mendapatkan kemudahan dan fleksibilitas karena kamu tidak perlu mencari ATM dari bank kamu sendiri.
  • Dapat membantu dalam situasi darurat yaitu Ketika sedang membutuhkan uang tunai sesegera.
  • Bisa meminimalkan risiko membawa uang tunai dalam jumlah yang besar,. Karena kamu dapat mengambil sejumlah uang yang dibutuhkan saja.

Hanya saja, perlu kamu ketahui karena jika mengambil uang dari mesin ATM bank lain, maka kamu akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp.6.500.

Persiapan Sebelum Mengambil Uang di ATM Semua Bank

Sebelum melangkah ke langkah-langkah praktis mengambil uang di ATM yang digunakan oleh semua bank (ATM Bersama), ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan, yaitu :

  • Kamu harus sudah memiliki kartu debit atau kartu ATM yang valid dari bank tempat kamu memiliki rekening.
  • Harus sudah mengetahui nomor PIN (Personal Identification Number) yang benar untuk kartu yang dimaksud.
  • Pastikan juga untuk mengetahui saldo rekening kamu yang tersedia ketika akan melakukan penarikan. Ini akan membantu kamu menentukan jumlah yang ingin diambil di mesin ATM mengingat harus ada biaya administrasi yang wajib dibayar.

Jika kamu mau ambil uang tanpa kartu, bisa coba cara ambil tunai tanpa kartu BCA seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.

Cara Ambil Uang di ATM Semua Bank

Cara Ambil Uang di ATM Semua Bank
Cara Ambil Uang di ATM Semua Bank

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ketahui jika ingin mengambil uang di ATM semua bank :

1. Temukan ATM terdekat :

Untuk menemukan ATM, kamu bisa gunakan aplikasi peta di HP smartphone lalu ketik pada kolom pencarian dengan hanya mengetik kata “ATM Terdekat”. Setelah menemukan ATM yang dituju, silakan masuk ke langkah selanjutnya.

2. Masukkan Kartu ATM dan Pilih Bahasa

Silakan masukkan kartu ATM kamu pada slot yang sudah disediakan. Setelah itu, pilih bahasa yang kamu inginkan pada layar yang tersedia. Untuk Bahasa terdiri dari dua pilihan yaitu Bahasa Indoensia dan Bahasa Inggris.

3. Masukkan PIN

Lanjutkan dengan mengetik nomor PIN kamu secara hati-hati menggunakan keypad yang tersedia di mesin ATM. Pada proses input nomor PIN, agar dipastikan tidak ada yang memperhatikan saat kamu memasukkan PIN pada mesin ATM.

4. Pilih “Tarik Tunai”

Pada layar, klik menu “Tarik Tunai” atau pilihan serupa yang disediakan pada mesin ATM lalu tentukan jumlah uang yang ingin kamu Tarik. Untuk beberapa mesin ATM mungkin akan membatasi penarikan uang dalam jumlah tertentu untuk setiap transaksinya.

5. Tunggu dan Periksa informasi

Setelah memasukkan jumlah uang yang ingin kamu ambil, tunggu beberapa saat sambil mesin ATM memproses transaksi. Pada layar, kamu akan mendapatkan informasi terkait transaksi, seperti jumlah yang akan ditarik dan saldo rekening.

6. Ambil Uang Tunai

Setelah transaksi berhasil diproses, mesin ATM akan segera mengeluarkan uang tunai sesuai dengan jumlah yang kamu minta. Pastikan untuk mengambil uang tunai dengan hati-hati untuk menghindari tindak kejahatan.

Jika mesin ATM menawarkan tanda terima atau struk dan ingin mengambil struk tersebut maka pastikan untuk menyimpannya sebagai bukti transaksi.

Itulah cara ambil uang di ATM semua bank yang bisa kamu lakukan. Apapun akun rekening bank yang kamu miliki, kamu bisa mencoba cara di atas jika mau ambil uang dengan mudah.

 

Related posts