Cara Arsip Kelas di Google Classroom dengan 5 Step Mudah Ini!

Cara Arsip Kelas di Google Classroom
Cara Arsip Kelas di Google Classroom

Google Classroom, sebagai platform yang sudah familiar di kalangan siswa dan tenaga pendidik ini telah menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya. Selain cara buat absen di Google Classroom, kamu juga bisa coba cara arsip kelas di Google Classroom degan mudah.

Saat kamu memakai Google Classroom, biasanya kelas-kelas pada platform ini dibuat berdasarkan tingkatan dan mata pelajaran. Sayangnya saat memasuki akhir semesteran, semua kelas ini akan kosong sebab tidak ada materi yang akan dibahas lagi.

Read More

Nah, agar dokumen kelas yang kosong ini tidak menumpuk, maka tenaga pendidik wajib mengarsipkan kelas terlebih dahulu di Google Classroom.

Cara Arsip Kelas di Google Classroom

Cara Arsip Kelas di Google Classroom
Cara Arsip Kelas di Google Classroom

Buat mengarsipkan kelas di Classroom ini sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu ikuti beberapa langkah berikut ini :

1. Arsip Kelas di Google Classroom dengan Akses Akun Google Classroom

  • Langkah pertama, akses Google Classroom lewat akun kamu terlebih dahulu, bisa lewat browser web, dan masuk ke situs Google Classroom (classroom.google.com).
  • Selanjutnya, masuk menggunakan akun Google yang terkait dengan kelas yang ingin diarsipkan.

2. Arsip Kelas di Google Classroom denganPilih Kelas yang Akan Diarsipkan

  • Cara arsip kelas di Google Classroom selanjutnya yaitu arsipkan kelas yang dapat diakses pada halaman beranda Google Classroom.
  • Silakan pilih kelas yang ingin diarsipkan dari daftar kelas yang tersedia.

3. Buka Pengaturan Kelas

  • Setelah masuk ke kelas, lanjutkan dengan klik ikon roda gigi (pengaturan) yang berada di bagian kanan atas halaman untuk membuka menu pengaturan kelas.

4. Pilih “Arsipkan Kelas”

  • Pada menu pengaturan kelas, lakukan gulir ke bagian bawah hingga menemukan opsi “Arsipkan kelas“.
  • Klik opsi tersebut untuk mengarsipkan kelas. Selanjutnya akan muncul pesan peringatan yang meminta konfirmasi untuk mengarsipkan kelas pada layar. Pastikan untuk membaca pesan peringatan ini dengan teliti.

5. Konfirmasi Pengarsipan Kelas

  • Jika kamu yakin ingin mengarsipkan kelas, lanjutkan dengan klik “Arsipkan” untuk mengkonfirmasi tindakan tersebut.
  • Setelah mengkonfirmasi Tindakan arsipkan kelas, maka kelas akan diarsipkan dan tidak lagi muncul di beranda Google Classroom.

Itulah cara mengarsipkan kelas yang dapat kamu lakukan dengan sangat mudah. Selain itu, ada Tindakan lainnya yang perlu kamu ketahui seperti menghapus kelas dan membuat folder arsip.

Cara Membuat Folder Arsip

Selain metode di atas, kamu juga bisa mencoba cara membuat folder arsip dengan langkah-langkah berikut :

1. Menghapus Kelas

Selain mengarsipkan kelas, tentunya kamu dapat memilih arsip kelas untuk menghapusnya jika tidak menginginkannya lagi. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini akan menghapus semua materi dan informasi yang terkait dengan kelas tersebut, dan tidak dapat dikembalikan. Jika kamu sudah memutuskan untuk menghapus kelas, ikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas. Tapi ingat, opsi lanjutannya cukup pilih opsi “Hapus kelas“.

2. Membuat Folder Arsip

Jika kamu ingin terus memiliki akses ke materi dan informasi yang terkait dengan kelas yang diarsipkan, kamu dapat membuat folder arsip terpisah yang bisa disimpan di Google Drive. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Buka Google Drive lalu buat folder baru dengan nama yang sesuai, misalnya “Arsip Kelas“.
  • Pindahkan semua dokumen, tugas, dan materi yang ingin kamu arsipkan ke dalam folder ini.
  • Pastikan untuk mengatur izin folder dengan benar, Langkah tersebut untuk memastikan hanya kamu atau orang-orang tertentu saja yang memiliki akses ke folder tersebut.

Cara Arsip kelas di Google Classroom sebenarnya sangat efektif untuk mengelola kelas yang sudah selesai atau tidak lagi aktif untuk proses pembelajaran. Dengan langkah di atas, kamu dapat menjaga tata kelola yang rapi dalam Google Classroom. Bahkan bisa memudahkan akses ke dalam kelas yang masih berjalan.

Related posts