Cara Agar Video Status WA HD Tanpa Aplikasi, It’s Easy!

Cara Agar Video Status WA HD
Cara Agar Video Status WA HD

Tepatnya di tahun 2021, pengguna aplikasi Whatsapp berhasil dikejutkan dengan inovasi fitur layanan My Status di menu terbarunya. Tapi, cara agar video status WA HD masih belum banyak diketahui.

Maka dari itu, demi memaksimalkan kepuasaan kalian setelah berhasil mengunggah sebuah video yang ingin kalian perlihatkan ke kontak lainnya di WA. Kalian bisa mencobanya dengan cara-cara berikut.

Cara Agar Video Status WA HD

Cara Agar Video Status WA HD
Cara Agar Video Status WA HD

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menangani permasalahan kompres video WA HD tanpa bantuan dari aplikasi compressor. Lihat penuturan selengkapnya di bawah ini:

Cara Agar Video Status WA HD Tanpa Aplikasi

Seperti yang kalian ketahui kalau resolusi tinggi yang dihasilkan dari file foto atau video saat di-upload ke Whatsapp secara otomatis akan dikompres menjadi ukuran 16 Mb. So, wajar saja kalau hasil unggahannya jadi buram.

Tapi, ada beberapa tips jitu yang bisa kalian coba terapkan langsung untuk menghalau sistem automatic compress yang terekam di dalam WA. Begini caranya:

1. Manfaatkan Situs Compress

Tahukah kalian kalau situs kompresor di Google bisa langsung diakses tanpa perlu mendaftakan diri terlebih dahulu loh? Ya, pakai kata kunci web video compressor di mesin peramban tersebut. Nanti akan muncul beberapa pilihan.

Salah satu contoh situs yang dimaksud, yaitu freeconvert.com. Melalui situs ini, kalian bisa mengubah kualitas video dari format MKV, MP4, FLV, dan lain sebagainya. Gratis! Adapun maksimal file sebelum dikompres yaitu, 1 GB.

2. Ganti Pengaturan Kualitas Media Unggahan

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah buka pengaturan di aplikasi Whatsapp. Caranya, ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas. Kemudian, pilih opsi Storage and Data.

Pada bagian Photo Upload Quality, kalian pilihnya Best Quality. Setelah itu, tekan tombol OK dan kalian bisa upload video saat itu juga karena hasilnya pasti akan jernih.

3. Share Media ke Kontak

Kalau kalian mau coba cara lainnya, ada nih. Jaga kualitas video WA tetap HD dengan cara bagikan media ke kontak terlebih dahulu sebelum diunggah ke story Whatsapp.

Caranya gampang, buka Galeri di HP kalian. Lalu, pilih ikon bagikan dan klik Whatsapp. Tentukan salah satu kontak yang ingin kamu bagikan filenya. Hindari mengirim media lewat format dokumen kalau kalian ingin jadikan status.

4. Take Video Pakai Kamera HP

Malas kompres video lagi? Kalian take gambarnya pakai kamera HP saja. Pastikan lensa kameranya sudah bersih & objek yang ingin kalian shoot tidak terhalang. Masuk ke WA, pilih My Status lalu ketuk ikon bulat di bawah layar.

Untuk pengambalian video, tinggal kalian tahan ikon bulat tersebut sampai muncul countdown timer di layar. Nanti kalian bisa edit lagi dengan menambahkan stiker atau efek lainnya sesuai dengan tools yang tersedia. Klik Send.

5. Buat Video Lewat Aplikasi Instagram

Banyak diantara kalian pasti sudah mengetahui perihal pembelian aplikasi Instagram yang dilakukan oleh pemilik Whatsapp dan Facebook. Oleh karena itu, jangan heran kalau fitur-fitur yang ada di ke-3 aplikasi tersebut sama.

Termasuk, cara untuk membuat video WA tetap HD bisa kalian siasati lewat Instagram. Cukup dengan rekam video lewat story IG, dan simpan ke Galeri hasilnya. Setelah itu, kamu unggah video tersebut ke story di Whatsapp.

Tips Atasi Video Status WA Agar Tidak Buram

Mau yang lebih menarik lagi dong caranya, yuk coba pertahankan kualitas video kalian dengan manfaatkan TikTok. Kalian rekam video dari  aplikasi TikTok, dan simpan hasil rekamannya ke File Manager HP. Kemudian, upload.

Tahu kan kalian sekarang, apa saja cara membuat video status WA HD di HP Android dan iPhone? Mumpung habis bahas aplikasi viral lainnya, kalian bisa mampir juga nih ke artikel cara agar video TikTok jernih. Check this out!

Related posts