Cara Aktifkan NFC di iPhone, Pembayaran Praktis dengan Cashless!

Cara Aktifkan NFC di iPhone
Cara Aktifkan NFC di iPhone

Untuk mempermudah semua aktivitas berselancar di iPhone melalui koneksi dalam jarak dekat tanpa jaringan internet, Apple telah membekali fitur NFC alias Near Field Communication untuk iPhone. Inilah yang membuat para pengguna iPhone tertarik dengan bagaimana cara aktifkan NFC di iPhone dengan mudah.

NFC biasaya hadir untuk memudahkan proses transaksi pembayaran berbasis cashless. Biasanya sama seperti pembayaran menggunakan e-money, kartu kredit atau lainnya yang sejenis. Selain itu, NFC juga kerap dimanfaatkan untuk bisa bebragi file-file berukuran kecil, baik itu video, nomor hp, foto dan lainnya.

Cara Aktifkan NFC di iPhone

Cara Aktifkan NFC di iPhone
Cara Aktifkan NFC di iPhone

Biasanya NFC di iPhone beradab di belakang kamera belakang atau bodi hp. Para pengguna iPhone sendiri dapat menggunakan NFC untuk berbagai pembayaran. Selain itu, fitur ini tidak memerlukan persyaratan khusus dalam mengaktifkannya, meskipun tanpa PIN.

Bagi kamu yang bingung dengan cara aktifkan NFC di iPhone, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

1. Aktifkan NFC di iPhone dengan Menu Setting

Metode pertama yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivasi NFC yaitu dengan mengakses menu pengaturan atau setting terlebih dahulu. Silakan buka pengaturan di iPhone. Jika sudah, kamu dapat memilihnya dan lanjuttttttttt berikutnya.

2. Aktifkan NFC di iPhone dengan Akses Control Center

Langkah kedua setelah mengakses menu setting, kamu bisa mengakses sub menu control center. Kamu bisa menemukan sub menu tersebut ada di halaman awal pada menu pengaturan. Nama lain dari control center adalah pusat kendali.

3. Akses Menu NFC

Selanjutnya kamu bisa menemukan NFC. Silakan gulir layar ke bawah dan temukan opsi NFC Tag Reader. Sebenarnya menu yang terdapat dalam tampilan tersebut cukup bervariasi, jadi kamu dapat memilih opsi yang akan kamu aktifkan. Namun sebelumnya, kamu harus memastikan jika perangkat iPhone kamu telah mendukung fitur NFC supaya dapat diterapkan.

4. Geser Toggle

Setelah itu, geser toggle di dalam opsi NFC Reader. Di beberapa seri atau tipe iPhone, untuk mengaktifkannya cukup dengan tekan ikon panah “+” di samping kiri. Selanjutnya, dengan otomatis akan langsung ditambahkan ke dalam pusat kontrol pada perangkat iPhone kamu.

5. Aktivasi Selesai

Jika sudah mucul di dalam pusat kontrol, dengan otomatis NFC di iphone kamu telah aktif. Apabila ingin memakainya, maka kamu cukup membuka opsi pusat kontrol. Caranya usap layar pada bagian atas, selajutnya logo NFC akan langsung muncul. Kamu dapat memilihnya ketika ingin membaca kartu atau tag yang akan kamu pakai.

Cara Menggunakan Fitur NFC pada iPhone

Ketika kamu pergi berbelanja ke restoran, toko,atau kemanapun untuk melakukan pembayaran menggunakan iPhone, maka kamu hanya perlu meletakkan jari ke dalam Touch ID, lalu pegang bagian atas perangkat iPhone.

Bagi yang mempunyai seri iPhone 12 maupun model iPhone lebih baru, klik dua kali di bagian tombol sampingnya. Kemudian tahan iPhone pada terminal pembayaran dan lihat perangkat iPhone jika ingin menyetujui proses transaksi lewat Face ID.

Ketika memegang iPhone tepat di dekat terminal mesin pembayaran, maka dengan otomatis NFC akan menyala. Lalu, sesudah kamu melakukan autentikasi lewat Face ID maupun Touch ID, maka iPhone memungkinkan sistem Apple Pay untuk pembayaran.

Kesimpulan

Jika kamu ingin menggunakan fitur NFC untuk mempermudah proses pembayaran, maka kamu bisa mencoba cara aktifkan NFC di iPhone dengan langkah-langkah di atas. Jadi dengan fitur NFC pada iPhone, kamu bisa melakukan berbagai transaksi secara cashless dengan praktis.

Related posts