Cara Daftar Grab Mobil

Saat ini pemilik kendaraan roda empat di negara Indonesia sudah semakin banyak, bahkan tak sedikit uang memanfaatkan mobilnya untuk memperoleh penghasilan tambahan. Adapun salah satunya ialah dengan mengikuti cara daftar Grab Mobil. Hal ini dikarenakan menjadi driver Grab mobil sendiri menawarkan banyak kelebihan. Berprofesi menjadi supir Grab Car/mobil dapat membuka peluang pendapatan hingga jutaan rupiah per bulannya.

Selain itu, penghasilan berlimpah bisa didapatkan jika menerima pesanan Grab lebih banyak dari pembeli. Terlebih para konsumen kini bisa melakukan dua orderan Grab dengan sekaligus, karenanya lebih menguntungkan para driver Grab. Bahkan bagi yang belum mempunyai mobil, pihak Grab sendiri telah menyediakan kredit lewat Program Gold Driver.

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada 2 jasa transportasi berbasis online yang terkenal, yaitu Grab dan Gojek. Jika Gojek terkenal dengan layanan ojek online-nya, sedangkan Grab terkenal lewat layanan Grab Car-nya.

Jika Kamu menjadi driver di perusahaan Grab, maka Kamu bisa menentukan jam operasional secara fleksibel agar mendapatkan intensif. Perusahaan Grab mempunyai pembagian waktu operasional yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Di samping itu, pihak pengemudi Grab pun telah mendapatkan jaminan asuransi jiwa, jadi bisa diklaim jika terjadi kecelakaan. Apalagi dana klaim untuk asuransi bisa mencapai hingga Rp. 68 juta setiap orangnya.

Agar bisa mendatar driver Grab mobil tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Di samping itu, proses pendaftaran bisa dilakukan baik secara offline maupun online. Untuk pendaftaran online, semua prosesnya dapat dilakukan lewat web resmi Grab, sementara secara offline sendiri bisa langsung mendatangi kantor Grab setempat. Selain itu, penting sekali memperhatikan persyaratan jenis mobil Grab yang telah ditentukan oleh pihak Grab.

Syarat Mobil Untuk Persyaratan Grab

Persyaratan mobil untuk daftar driver Grab sendiri setiap tahunnya selalu berubah menyesuaikan ketentuan pihak Grab. Biasanya tahun produksi kendaraan sangat berpengaruh sebab Grab telah menerapkan banyak aturan. Di samping itu, tipe mobil yang dapat digunakan untuk mendaftar biasanya dari tipe tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini :

1. Persyaratan Tipe Mobil Grab

Ada beberapa jenis mobil yang diperbolehkan untuk bekerja sama dengan Grab Mobil, diantaranya :

  • Tipe Mobil MPV, meliputi Nissan Evalia, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Toyota Cayla, Toyota Avanza, Daihatsu Luxio, Daihatsu Xenia, Toyota Innova, Nissan Grand Livina, Honda Mobilio, Honda Freed, Daihatsu Sigra, Chevrolet Spin, dan Toyota Sienta.
  • Tipe Mobil SUV, seperti Honda BRV, Honda CRV, Daihatsu Terios, Honda HRV, Ford Ecosport, dan Toyota Rush.
  • Tipe Hatchback, terdiri dari Honda Jazz, Toyota Yaris, Ford Fiesta, Suzuki Sswift, Toyota Etios Valco, Mazda 2, Honda Brio, Nissan March, Mitsubishi Mirage, dan Hyundai Avega.
  • Tipe Sedan, diantarany Toyota Vios dan Honda Civic.

2. Persyaratan Tahun Mobil Untuk Grab

Untuk tahun produksi mobil harus dari 2013 ke atas berlaku bagi kota Jakarta. Sedangkan untuk mobil tahun produksi di atas 2012 berlaku bagi kota Medan, Surabaya, Bandung, Bali, Palembang, Semarang, Yogyakarta, dan Makassar.

3. Peryaratan Dokumen Untuk Mobil Grab

Jika Kamu berminat untuk mendaftar menjadi pengemudi Grab, harus tetap memperhatikan persyaratan dokumen mobil. Pastikan seluruh dokumen kendaraan masih berlaku dan tidak kadaluwarsa agar proses registrasi bisa berjalan lancar dan cepat. Adapun persyaratan mobil Grab yang harus dipenuhi untuk driveri Grab ialah sebagai berikut :

  • KTP calon pegemudi asli dan masih berlaku.
  • Tahun produksi pembuatan mobil menyesuaikan kriteria jenis mobil.
  • SKCK calon driver Grab asli disertai cap basah.
  • STNK mobil asli.
  • Mempunyai smartphone.
  • SIM A atau SIM B asli dan masih berlaku.

4. Persyaratan Dokumen Untuk Mobil Grab Taxi

Sementara bagi yang akan bergabung sebagai mitra dari Grab Taxi ada bersyaratan yang lebih banyak karena langsung terhubung oleh penyedia jasa Taksi itu sendiri. Berikut ulasannya :

  • Mempunyai kartu identitas driver langsung dari perusahaan layanan Taxi yang berlaku.
  • Memiliki SIM A yang aktif.
  • Memiliki KTP asli aktif dan berlaku.
  • Mempunyai smartphone.
  • Menyertakan slip setoran penghasilan atau gaji ketika mendaftar.
  • Melakukan pengisian formulir pendaftaran di website Grab dan meng-upload dokumen sesuai dengan ketentuan.

Sebelum mengikuti cara daftar Grab mobil memang harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan di atas. Tentunya jika sudah diterima sebagai driver Grab mobil, Kamu akan langsung mendapatkan panggilan langsung ke kantor Grab setempat untuk melakukan proses wawancara atau interview.

Jika resmi diterima sebagai driver Grab, maka pengemudi bisa memakai aplikasi Khusus Grab Driver yang digunakan untuk menerima pesanan dari konsumen.

Cara Daftar Grab Mobil

Cara Daftar Grab Mobil
Mendaftar driver Grab Mobil

Mendaftar Driver Grab Mobil Online

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa mendaftar driver Grab mobil sendiri bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Keduanya akan Kami bahas di sini. Namun sebelumnya ketahui cara daftar Grab Mobil online di bawah ini terlebih dahulu :

1. Kunjungi Web Resmi Grab

Pertama-tama silahkan kunjungi web resmi dari Grab di link ini, kemudian inputkan beberapa data sesuai permintaan, seperti nomor Hp, nama, email, jenis pengemudi, dan kota.

2. Dapatkan Kode OTP untuk Verifikasi

Tim Grab selanjutnya akan langsung mengirimkan sebanyak 4 digit nomor verifikasi melalui SMS. Kamu tinggal masukkan kode tersebut dan otomatis langsung dibawa ke form pendaftaran.

3. Isi Data Diri Lengkap

Cara daftar Grab Mobile berikutnya ialah di laman pendaftaran Kamu diminta mengirimkan beberapa dokumen penting dengan mengunggah seluruh berkas. Adapun data yang diminta berupa KTP, biodata diri, SKCK, SIM, kontak darurat, info rekening, kendaraan, deklarasi dan surat sehat wajib diisi.

Silahkan cek lagi apakah semua data yang diisi sudah benar dan lengkap? Jika sudah, silahkan klik “Submit”. Sesudah data dikirim, maka formulir yang Kamu kirimkan secara otomatis langsung diproses oleh tim Grab. Cukup tunggu konfirmasi untuk mendapatkan panggilan seleksi.

Cara mendaftar driver Grab mobil online di atas tentu saja sangat mudah, Kamu tinggal menunggu proses selanjutnya dari pihak Grab.

Mendaftar Driver Grab Mobil Offline

Khusus untuk mendaftar driver Grab mobil offline, sebelumnya Kamu harus melakukan pengisian formulir registrasi online terlebih dahulu dan Kamu bisa mendapatkannya melalui web resmi Grab.

Silahkan lakukan pengisian formulir pendaftaran Grab Mobil lalu serahkan langsung kepada tim Grab.

Setelah itu, Kamu bisa langsung pergi ke kantor Grab. Setelah itu, ikuti beberapa tahapan di bawah ini :

  • Silahkan ambil nomor antrian registrasi terlebih dahulu.
  • Lalu isi formulir pendaftaran driver Grab.
  • Selanjutnya Kamu harus mengikuti tes riding serta proses pendukung yang lainnya.
  • Tunggu persetujuan, selanjutnya Kamu akan diminta mengunduh aplikasi Grab Car untuk melakukan aktivasi akun Grab jika seluruh proses pendaftaran sudah diterima.

Itulah beberapa tahapan cara daftar Grab mobil secara offline. Diantara kedua cara di atas, tentu saja keduanya bisa dilakukan secara berurutan. Kamu bisa melakukan pengisian formulir pendaftaran online terlebih dahulu, baru kemudian menunggu panggilan dari Grab untuk datang langsung ke kantor operasional Grab terdekat.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019